Gunung

6 Gunung Tertinggi di Malaysia

Negara Malaysia merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Uniknya negara ini terbagi menjadi dua wilayah yakni Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang berbatasan langsung dengan negara Indonesia dan negara Brunei Darussalam, tepatnya di pulau Kalimantan.

Hal ini juga yang menyebabkan kondisi geografis Malaysia memiliki persamaan dengan Indonesia. Mulai dari kawasan pesisir, hutan hujan tropis, dataran tinggi, gunung hingga kawasan pegunungan dapat ditemukan di negara ini.

Berbicara mengenai gunung, negara Malaysia memiliki beberapa gunung yang menarik untuk dibahas. Dan berikut ini daftar gunung tertinggi di Malaysia yang perlu diketahui.

1. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu menjadi gunung tertinggi pertama di Malaysia. Gunung ini mempunyai tinggi mencapai 4.095 meter di atas permukaan laut, hal ini juga yang menjadikan gunung Kinabalu menjadi gunung tertinggi ketiga di benua Asia.

Gunung Kinabalu terletak di Sabah yang masuk ke dalam Taman Kinebalu yang telah menjadi situs warisan dunia. Gunung ini terbagi atas 4 kawasan berbeda, yakni hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Sebagai gunung tertinggi di Malaysia, tidak heran jika suhu udara di gunung Kinabalu sangat dingin. Pada bulan Desember sampai dengan Januari, suhu udara dapat mencapai -4 derajat hingga 8 derajat celcius, dan 3 derajat sampai dengan 12 derajat celcius pada bulan Juni hingga September.

Bagi penduduk Sabah, gunung Kinabalu menjadi simbol kebesaran yang diyakini dapat memberikan semangat persatuan. Perlu diketahui juga jika nama Kinabalu berasal dari bahasa masyarakat Kadazan yakni “Aki Kinebalu” yang mempunyai arti tempat orang mati yang dihormati.

Pesona alam yang dimiliki gunung Kinabalu membuat banyak orang datang berkunjung ke gunung ini. Meskipun dikenal sebagai gunung tertinggi, namun jalur pendakian gunung Kinabalu termasuk aman bagi para pendaki.

2. Gunung Trusmadi

Gunung tertinggi berikutnya adalah gunung Trusmadi yang berada di Sabah, tepatnya di kawasan hutan lindung terbesar di Malaysia (luasnya mencapai 184.527 hektar). Gunung ini mempunyai tinggi hingga 2.642 meter di atas permukaan laut.

Bagi para pecinta alam, gunung Trusmadi termasuk gunung dengan jalur pendakian tersulit. Setidaknya terdapat tiga jalur pendakian yang dapat dipilih antara lain jalur Wayaan Kaingaran dengan titik keberangkatan dari Tambunan (4,9 km), jalur Wayaan Mannan dari Sinua (11,3 km), serta jalur Wayaan Mastan dari titik keberangkatan Keningau (4,3 km).

Berada di kawasan hutan lindung atau Cagar Hutan Trusmadi, tentu saja ada banyak keanekaragaman hayati yang dapat ditemukan di gunung ini. Salah satunya merupakan flora di Malaysia yang terkenal yakni tanaman kantong semar.

3. Gunung Tambuyukon

Gunung Tambuyukon merupakan gunung tertinggi ketiga di Malaysia dengan tinggi mencapai 2.579 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di divisi Pantai Barat Sabah, tepatnya di bagian utara dari gunung Kinabalu.

Jika dilihat secara geografis, gunung Tambuyukon masuk ke dalam jajaran pegunungan Croser yang termasuk di dalamnya terdapat gunung Kinabalu dan gunung Trusmadi. Ketiga gunung tersebut juga masuk sebagai satu kompleks bernama Kinabalu Park.

Untuk jalur pendakiannya sendiri terdapat dua jalur yang berasal dari kota Marudu dan Poring. Namun tidak sedikit yang mengatakan jika jalur pendakian gunung Tambuyukon termasuk yang tersulit jika dibandingkan dengan jalur di gunung Kinebalu.

Bahkan ada cerita yang beredar jika nama “Tambuyukon” sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti curang. Hal ini disebabkan karena seorang pemandu yang terus berkata jika puncak gunung Tambuyukon telah dekat, namun pada kenyataannya masih jauh.

4. Gunung Murud

Gunung Murud menjadi gunung tertinggi berikutnya di Malaysia yang lokasinya berada di Divisi Limbang, Sarawak. Gunung ini mempunyai tinggi mencapai 2.423 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi di Sarawak.

Bagi para pendaki gunung, gunung yang memilik nama lain gunung Muru , termasuk gunung dengan jalur pendakian tersulit sehingga dibutuhkan pemandu profesional ketika mendaki gunung ini untuk bisa mencapai puncak.

Meskipun demikian, gunung Murud memiliki pesonanya tersendiri yakni terdapat taman batu Lawi serta terdapat dua batu raksasa serta formasi batu yang terlihat seperti seekor anjing. Tidak hanya itu saja, di tahun 1990 masyarakat Lun Bawang mendirikan sebuah kamp Gereja di gunung ini dan masih tetap beroprasi.

Meskipun jalur yang ditempuh untuk mendaki gunung Murud tidaklah mudah, namun setiap tahunnya cukup banyak pendaki yang tertarik mencoba mendaki gunung ini hanya untuk sekedar melihat keindahan alamnya ataupun mengunjungi gereja. Oleh karena itu, banyak orang menyebut jika jalur pendakian gunung Murud disebut sebagai perjalanan menuju Tuhan.

5. Gunung Mulu

Gunung Mulu yang berada di Serawak memiliki tinggi mencapai 2.376 meter di atas permukaan laut. Salah satu ciri khas dari gunung Mulu yakni terdapat susunan batu-batu karst yang menjulang tinggi hingga 700 meter namun tertata apik oleh alam.

Hal yang menarik lagi dari gunung Mulu adalah terdapat gua-gua zaman dahulu berusia 1,5 juta tahun sejarah geologi dan telah terdaftar sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Tidak heran jika gunung Mulu dijadikan sebagai kawasan karst paling banyak dipelajari di seluruh dunia.

Terdapat dua gua yang menarik untuk dikunjungi yakni Cave of The Winds yang mempunyai stalaktit dan stalagmit, serta keindahan dinding batunya. Dan juga Deer Cave yang menjadi tempat tinggal bagi kelelawar yang hidup di langit-langit gua sepanjang 2 km.

Selain batuan-batuan karstnya, gunung Mulu mempunyai hutan hujan yang menjadi tempat tinggal bagi beragam jenis anggrek, palem, kantung semar langka serta beberapa fauna langka seperti badak dan beruang madu.

6. Gunung Tahan

Gunung Tahan merupakan gunung tertinggi yang berada di Semenanjung Malaysia, tepatnya di dalam hutan Nasional Taman Negara, Pahang. Dengan tinggi mencapai 2.187 meter di atas permukaan laut, gunung Tahan menjadi bagian dari Pegunungan Tahan di perbukitan Tenasserim yang cukup populer di kalangan pendaki gunung.

Terdapat tiga jalur pendakian yang bisa dipilih antara lain jalur dari Kuala Tahan, Kuala Tahan-Merapoh, dan Merapoh-Merapoh. Jalur dari Kuala Tahan merupakan jalur tertua dan terindah, namun dibutuhkan waktu sekitar 7 hari untuk pulang.

Tidak heran jika jalur pendakian menuju puncak gunung Tahan termasuk yang tersulit di Semenanjung Malaysia. Untuk itu sangat disarankan bagi para pendaki untuk memiliki tubuh yang bugar sebelum melakukan pendakian di gunung Tahan.

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

4 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

4 months ago

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau…

4 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

4 months ago

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik…

4 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

4 months ago