Gunung

6 Gunung Tertinggi Di Papua

Papua merupakan salah satu pulau terbesar di negara Indonesia yang lokasinya berada di bagian timur. Pulau ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain yakni terdapat beberapa gunung yang tinggi.

Berbeda dengan gunung yang ada di pulau Sumatara atau Jawa, hampir sebagian besar gunung di Papua memiliki struktur batuan dan sangat sulit untuk didaki. Tidak hanya itu, di bagian puncaknya juga diselimuti oleh salju abadi yang tidak ada meleleh sepanjang tahun.

Oleh karena itu, tidak dapat sembarangan orang dapat mendaki gunung-gunung di Papua. Hanya pendaki profesional dan berpengalaman saja yang bisa mendaki gunung di Papua.

Dan berikut ini daftar gunung tertinggi di Papua yang perlu diketahui!

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya atau Puncak Jaya Wijaya adalah gunung tertinggi di Papua yang berada di ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung yang memiliki nama lain Piramida Carstensz merupakan gunung yang menjadi bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman.

Menjadi gunung tertinggi di Indonesia dan sebagai salah satu dari Seven Submit dunia, tidak heran jika Puncak Jaya diselimuti oleh gletser bernama gletser Carstensz dan menjadi satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu dan pemanasan global membuat gletser di Puncak Jaya menyusut dengan cepat. Bahkan sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Lonnie Thompson di tahun 2010 menemukan jika gletser telah menghilang pada tingkat ketebalan 7 meter per tahun.

2. Gunung Sumantri

Gunung Sumantri merupakan salah satu gunung yang menjadi bagian dari rangkaian Pegunungan Jaya Wijaya. Gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua di Papua dengan ketinggian mencapai 4.870 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang memiliki nama lain Gunung Sumantri Brodjonegoro adalah gunung yang sebagian besar bentang alamnya berupa tebing yang curam dan masuk sebagai bagian dari Noordwand atau dinding bagian utara Gunung Puncak Jaya.

3. Puncak Mandala

Dahulu pada masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala dikenal dengan sebutan Puncak Juliana yang memiliki tinggi mencapai 4.760 meter di atas permukaan laut. Puncak Mandala membentuk bagian dari Pegunungan Bintang di bagian timur dan berada di dekat perbatasan negara Papua Nugini.

Menjadi gunung tertinggi di Papua tentu saja untuk mendaki Puncak Mandala tidaklah mudah. Pasalnya hanya beberapa pendaki saja yang berhasil mencapai Puncak Mandala.

Pendaki pertama yang berhasil mencapi Puncak Mandala berasal dari Belanda yang dilakukan pada tahun 1959. Dan pendakian berikutnya terjadi di tahun 1990 oleh dua pendaki profesional bernama Bruce Parry dan Mark Anstice.

Hingga saat ini hanya pendaki-pendaki tersebut yang tercatat telah berhasil mencapai Puncak Mandala.

4. Puncak Trikora

Puncak Trikora menjadi gunung tertinggi berikutnya di Papua yang memiliki tinggi mencapai 4.751 meter di atas permukaan laut. Gunung yang memiliki nama lain Ettiakup memiliki kawasan berupa hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan juga hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Bagi para pecinta alam, mendaki Puncak Trikora tidaklah mudah. Pasalnya perubahan cuaca sering terjadi mulai dari hujan es hingga badai salju. Tidak heran jika suhu udara di Puncak Trikora sangatlah rendah dan jalur pendakiannya terbilang sulit jika dibandingkan dengan jalur pendakian Puncak Jaya.

5. Puncak Ngga Pilimsit

Puncak Ngga Pilimsit atau dikenal juga sebagai Gunung Idenberg merupakan gunung dengan tinggi mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada sekitar 30 mil ke arah barat laut dari Puncak Jaya.

Bagi para pendaki yang tertarik untuk melakukan pendakian, Pucak Ngga Pilimsit memiliki batas ketinggian tertentu tergantung dari level kemampuan pendaki. Untuk pendaki profesional dan berpengalaman diperbolehkan untuk mendaki hingga ke bagian puncak, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jalur pendakian Puncak Ngga Pilimsit juga bervariasi, mulai dari medan yang mudah hingga tersulit. Meskipun begitu, Puncak Ngga Pilimsit memiliki pesona keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Pepohonan dan tumbuhan di sekitar gunung dibiarkan tumbuh dengan alami dan hanya beberapa lokasi saja yang dilakukan perbaikan demi memberikan kenyaman untuk para pendaki. Melakukan pendakian Puncak Ngga Pilimsit terbilang mudah sebab telah tersedia petunjuk arah yang terpasang di berbagai persimpangan jalan.

Tidak heran jika gunung ini banyak dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia.

6. Gunung Yamin

Gunung yang juga dapat disebut sebagai Puncak Yamin atau Prins Hendrik-top merupakan gunung tunggal yang berdiri sendiri dengan tinggi mencapai 4.540 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di bagian tengah daratan Papua.

Gunung Yamin merupakan gunung di Papua yang belum pernah didaki oleh siapapun. Sehingga informasi mengenai gunung ini sangat minim termasuk rute pendakiannya.

Hingga pada akhirnya untuk pertama kali Gunung Yamin berhasil didaki oleh para pendaki dari Indonesia di tahun 2018. Para pendaki ini tergabung dalam sebuah tim bernama Wanadri yang terdiri dari 11 pendaki.

Menurut sejarah, pada tahun 1913, Gunung Yamin yang saat itu dikenal dengan nama Prins Hendrik-top, memiliki salju di bagian puncaknya dan dikenal dengan “salju abadi”. Namun saat ini salju tersebut sudah melelah dan hanya menyisakan bagian puncak gunung.

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

4 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

4 months ago

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau…

4 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

4 months ago

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik…

4 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

5 months ago