Gunung

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik keindahannya, tidak sedikit yang berasumsi bahwa gunung merupakan tempat paling angker dan penuh cerita mistis di dalamnya.

Cerita-cerita mistis tersebut tidak hanya berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan gunung, namun juga dari para pendaki yang sedang melakukan pendakian. Dan berikut daftar gunung paling angker di Indonesia yang harus diketahui.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan tinggi mencapai 3.676 mdpl. Gunung ini termasuk gunung aktif dan banyak dikunjungi oleh para pendaki setiap tahunnya.

Ternyata gunung Semeru menyimpan cerita-cerita misteri yang menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung paling angker di Indonesia.

Mulai dari kawasan Arcopodo yang sering dijadikan tempat istirahat oleh para pendaki. Di tempat ini terdapat 2 patung prajurit dari Kerajaan Majapahit yang dapat muncul atau hilang secara tiba-tiba.

Larangan memancing ikan emas di danau Ranukumbolo karena diyakini jika ikan tersebut merupakan jerlmaan dari dewi penjaga danau. Ada pula cerita munculnya sosok seorang dewi yang mengenakan kebaya kuning bernama Dewi Ranukumbolo.

Hingga bagian puncak gunung yang disebut puncak Mahameru, merupakan tempat bersemayamnya para dewa.

2. Gunung Kelud

Gunung paling angker berikutnya adalah gunung Kelud yang terletak di provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk gunung paling aktif di Indonesia dan tercatat letusan terakhir terjadi pada tahun 2014.

Gunung ini memiliki beragam cerita misteri yang cukup melegenda di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar gunung. Seperti terdapat jalan misterius yang dapat membuat kendaraan bergerak sendiri, padahal jalan tersebut dalam kondisi datar dan mesin mati.

Ada pula larangan pada Hari Keramat Wage yang dianggap angker dan membuat masyarakat gunung Kelud harus waspada. Hal ini berhubungan dengan letusan gunung yang terjadi pada hari Wage (kalender Jawa) di tahun 1955, 1966, 1990, 2007, dan 2014.

Terdapat sebuah legenda yang dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakat sekitar gunung Kelud, yakni setiap bulan Suro (kalender Jawa) masyarakat melakukan ritual untuk menolak sumpah yang telah dibuat oleh Lembu Suro. Ritual ini juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi.

3. Gunung Arjuno

Gunung Arujo terletak di wilayah Kota Batu, Jawa Timur dengan tinggi mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut ini, sudah lama dikenal sebagai tempat pemujaan sejak zaman Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit.

Tidak heran jika beragam cerita misteri datang dari gunung ini. Mulai dari dilarang mendaki gunung dengan orang berjumlah ganjil atau lebih baik berjumlah genap. Terdapat cerita jika larangan tersebut dilanggar, terdapat makhluk lain yang akan menggenapkan jumlah pendaki.

Pada Gunung Arjuno terdapat sebuah jalur bernama Alas Lali Jiwo. Di sini banyak ditemukan pohon-pohon cemara namun tidak terlalu rimbun. Akan tetapi bagi para pendaki yang memiliki niat buruk saat melewati jalur ini, maka mereka akan tersesat dan mendapat gangguan dari makhluk gaib.

Selain itu, terdapat cerita berupa munculnya pasar secara tiba-tiba di malam hari dan akan menghilang keesokan harinya. Para pendaki yang pernah mengalaminya akan mendengar suara ramai mirip seperti di pasar.

4. Gunung Salak

Gunung Salak menjadi gunung yang cukup banyak didatangi oleh para pecinta alam karena memiliki jalur pendakian yang cukup menantang. Tidak hanya itu, Gunung Salak juga terkenal akan cerita-ceria misteri dan diyakini sebagai gunung suci oleh masyarakat Sunda. Konon gunung ini menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi.

Gunung Salak dianggap sebagai gunung paling angker, mulai dari kawasan Kawah Ratu yang cukup banyak memakan korban jiwa akibat terhirup gas beracun. Warga setempat percaya jika arwah korban-korban yang meninggal masih bergentayangan dan menghantui para pengunjung.

Gunung ini juga memiliki kawasan bernama Gunung Sanggul yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya para sesepuh dan jawara dengan ilmu tingkat tinggi. Ada cerita bahwa benda apapun seperti burung yang melintas di atas Gunung Sanggul akan terjatuh dan mati.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu berlokasi di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki cukup banyak cerita misteri yang telah terkenal hingga ke penjuru negeri.

Seperti keberadaan tiga puncak utama yang masing-masing memiliki kisah tersendiri.

  • Puncak Hargo Dalem dianggap sebagai tempat pamoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas.
  • Puncak Hargo Dumiling menjadi tempat pamoksan Ki Sabdopalon.
  • Puncak Hargo Dumilah diyakini sebagai tempat bermeditasi.

Banyak yang percaya jika Gunung Lawu merupakan pusat aktivitas spiritual di Tanah Jawa dan erat kaitannya dengan Budaya Praja Mangkunegaran beserta tradisinya. Untuk itu setiap pendaki wajib mengikuti segala larangan dan patangan yang ada.

Cerita mistis lainnya yang sangat terkenal yakni adanya Pasar Setan. Konon jika pendaki yang beruntung melewati jalur menuju pos lima, akan mendengar kalimat yang berbunyi, “beli apa dik”. Jika demikian, maka pendaki tersebut haruslah segera mengambil sesuatu barang yang ada di sekitar seperti batu, ranting, daun dan lainnya.

6. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan gunung yang berada di Jawa Barat dan menjadi gunung paling angker berikutnya. Ada beragam kisah misteri datang dari gunung ini.

Terdapat sebuah padang savana yang luas bernama Alun-Alun Suryakencana. Berada diketinggian 2.759 mdpl, konon tempat ini disakralkan sebab menjadi lokasi Pangeran Suryakencana untuk menyepi bersama keluarganya. Bahkan tempat ini juga menjadi lokasi persembunyian bagi Prabu Siliwangi ketika menghadapi kerajaan Islam.

Tidak hanya itu, terdapat berbagai macam sosok hantu yang kerap mengganggu para pendaki, mulai dari kuntilanak, raksasa hitam, hantu penunggu gunung, dan lainnya. Terkadang hantu tersebut sering menyamar sebagai warga setempat.

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya keindahan alamnya yang berhasil menarik banyak pengunjung, tetapi juga cerita-cerita misterinya.

Pasar Bubrah menjadi cerita misteri paling terkenal di gunung ini. Masyarakat percaya jika Pasar Bubrah merupakan tempat angker karena menjadi tempat berkumpulnya makhluk gaib. Oleh karena itu, para pendaki dihimbau untuk menjaga ucapan dan perilaku ketika sedang mendaki Gunung Merapi dan melewati Pasar Bubrah.

Tempat angker berikutnya yang terdapat di Gunung Merapi adalah Gunung Wutoh. Tempat ini dianggap sebagai pintu gerbang menuju tempat yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata yakni Keraton Merapi. Pintu gerbang tersebut dijaga oleh makhluk halus bernama Nyai Gadung Melati.

Hutan-hutan di kawasan Gunung Merapi juga menyimpang banyak misteri. Mulai dari Hutan Gamelan dan Bingungan, Hutan Patuk Alap-Alap, dan Hutan Pijen dan Blumbang. Hutan-hutan ini dianggap sebagai tempat peliharaan makhluk tak kasat mata. Bahkan para pendaki kerap mendengar suara derap kaki kuda yang tengah berlari, namun tidak ada kuda.

8. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing berada di provinsi Jawa Tengah dan memiliki tinggi mencapai 3.371 mdpl, menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah. Gunung Sumbing tidak hanya terkenal akan jalur pendakiannya yang menantang, namun juga cerita-cerita mistis yang dimilikinya.

Seperti adanya makhluk bercahaya yang banyak dilihat oleh para pendaki dan warga sekitar gunung. Banyak yang percaya jika makhluk bercahaya tersebut merupakan perwujudan dari peri-peri kecil namun ada juga yang menganggap jika cahaya tersebut adalah para jin yang ingin memperdayakan para pendaki.

Cerita mistis lainnya yakni adanya perkumpulan seperti orang-orang yang sedang berdiskusi duduk secara melingkar dengan mengenakan pakaian berwarna putih. Cukup banyak pendaki yang melihat penampakan tersebut dan tidak lama mereka menghilang.

Bagi penduduk sekitar, penampakan tersebut dipercaya sebagai pendiri tokoh agama Islam di tanah Jawa yang sedang melakukan diskusi mengenai agama.

Selain itu, gunung Sumbing terkenal akan pesugihan bagi yang ingin mendapatkan kekayaan dan hal ini cukup banyak dibicarakan oleh para pendaki. Tidak sedikit yang tahu jika seseorang ingin mendapatkan kekayaan, cukup dengan menyediakan satu hingga dua nyawa untuk para penunggu Gunung Sumbing.

9. Gunung Rinjani

Gunung yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini termasuk gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi mencapai 3.726 meter di atas permukaan luat. Setiap tahunnya banyak pendaki yang tertarik untuk mendaki gunung ini dan menikmati keindahan alam dari puncak gunung.

Siapa sangka jika Gunung Rinjani termasuk salah satu gunung paling angker di Indonesia. Nama Rinjani berasal dari nama seorang putri bernama Dewi Anjani. Putri Dewi Anjani adalah manusia biasa yang mengasingkan diri ke gunung untuk bersemedi.

Setelah bersemedi, Dewi Anjani memperoleh kesaktian hingga diangkat menjadi ratu oleh bangsa jin di kawasan gunung tersebut.

Gunung Rinjani mempunyai sebuah danau bernama Danau Sagara Anak. Danau tersebut dianggap sebagai tempat suci dan dikeramatkan oleh warga sekitar, khususnya Suku Sasak. Mereka percaya jika seseorang berenang di danau ini akan mengalami kesialan apabila memiliki niatan yang buruk. Nantinya makhluk-makhluk penghuni danau Sagara Anak akan murka dan menyeret orang tersebut masuk ke dalam danau.

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

2 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

2 months ago

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau…

2 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

2 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

3 months ago

6 Gunung Yang Masih Aktif di Sumatera

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau besar yang dimiliki oleh negara Indonesia. Pulau ini berdekatan…

3 months ago