Ilmu Sosial

5 Flora Khas Australia yang Perlu Diketahui

Negara Australia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian selatan planet Bumi. Bahkan negara ini memiliki 3 iklim yang berbeda di setiap wilayahnya, mulai dari iklim tropis untuk bagian utara, iklim subtropis di bagian tengah hingga selatan, serta iklim sedang untuk bagian selatan negara bagian Victoria dan Tasmania.

Negara yang juga mendapat julukan sebagai benua Australia dan menjadi benua terkecil di dunia ini, tentu memiliki keanekaragaman hayati yang cukup beragam, termasuk berbagai macam floranya.

Hal ini tidak terlepas dari kondisi geografis, cuaca, hingga kondisi alam yang terdapat di Australia sehingga negara ini memiliki flora yang cukup beragam dan unik.

Diketahui jika negara ini memiliki sekitar 24.000 spesies tanaman dan beberapa diantaranya hanya dapat ditemukan di Australia. Dan berikut ini daftar flora khas Australia yang bisa ditemukan di negeri kanguru.

1. Eukaliptus

Eukaliptus merupakan nama pohon yang banyak ditemukan di hutan-hutan Australia. Tercatat ada sekitar 800 jenis eukaliptus dan setiap negara bagian Australia memiliki ciri khasnya masing-masing.

Eukaliptus banyak tersebar di berbagai tempat di Australia, mulai dari kawasan pohon gum salju perak dan merah di Australia Alps sampai dengan pohon river red gum nan kuno yang berada di Flinders Ranges (Australia Selatan).

Bahkan sebagian besar hutan di Australia atau sekitar 101 juta hektar ditumbuhi oleh pohon eukaliptus, yang jika ditotal sekitar 77% dari seluruh area hutan di Australia.

Sebuah kawasan bernama Blue Montains mendapatkan julukan tersebut dari rona biru yang berasal dari pohon eukaliptus. Bahkan menurut sejarah, hutan-hutan di Australia merupakan hasil evolusi dari hutan tropis leluhur, namun eukaliptus yang juga menjadi makanan utama koala, dapat beradaptasi dengan kondisi alam yang kering, tanah yang kurang nutrisi, hingga kebakaran.

2. Akasia

Akasia atau Golden Wattle merupakan flora asli Australia bagian tenggara. Dari total keseluruhan akasia di dunia, sebagian besar atau lebih dari 1.200 spesies akasia yang bisa ditemukan di Australia.

Persebarannya mulai dari Canberra, bagian selatan New South Wales, Adelaide Hills, dan juga negara bagian Victoria. Akasia dapat tumbuh hingga 8 meter dan memiliki bunga berbentuk sabit. Ketika mekar di musim semi dan musim panas., bunga akasia akan mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Tidak heran jika bunga ini dijadikan simbol flora Australia serta terdapat perayaan Wattle Day yang dirayakan setiap tanggal 1 September.

Untuk menemukan akasia tidaklah sulit. Biasanya akasia tumbuh dengan baik di bagian bawah hutan eukaliptus dengan kondisi tanah kering dan dangkal.

3. Melaleucas

Melaleucas atau biasa dikenal dengan sebuatan tea tree, paperbank, atau honey myrtles banyak ditemukan di Australia. Dapat dikatakan jika melaleucas merupakan tanaman populer karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Bagaimana tidak, melaleucas merupakan bahan baku utama penghasil minyak tea tree. Tidak hanya itu, melaleucas juga juga dimanfaatkan sebagai pagar rumah atau kebun. Bagi hewan seperti mamalia, burung, dan nektarivora (hewan pemakan nektar bunga), melaleucas menjadi sumber makanan yang amat penting.

Melaleucas terlihat seperti semak kecil dengan tinggi tidak lebih dari 16 meter, bunga berkelompok seperti sikat botol yang tersusun atas 80 bunga individu.

Melaleucas banyak hidup di sepanjang aliran sungai atau sekitar tepi rawa-rawa. Selain itu, melaleucas juga dapat hidup di berbagai jenis tanah dan sangat mentolerir genangan air.

Bagi suku Aborigin, melaleucas banyak dimanfaatkan untuk pembuatan rakit, atap tempat berteduh, perban, hingga sumber makanan (madu).

4. Tumbuhan Famili Proteaceae

Ada banyak flora dari famili proteceae mulai dari bunga banksia, bunga grevillea, dan waratah. Bunga banksia termasuk bunga liar yang banyak tumbuh di daratan Australia. Bunga ini mudah dikenali dengan ciri fisik berupa bunga berbentuk kerucut dengan bagian kepala berbuah.

Pohon banksia termasuk ke dalam semak yang dapat tumbuh hingga 30 meter dan dapat hidup di berbagai kondisi lanskap seperti hutan hujan, semak, hutan sklerofil, hingga tanah kering.

Tidak hanya itu keberadaan bunga banksia sangatlah penting sebagai sumber makanan bagi beberapa hewan pemakan nektar misal burung, possum, lebah tak bersengat, kelelawar, dan lain sebagainya.

Selain bunga banksia, terdapat juga bunga grevillea atau yang lebih dikenal dengan sebutan bunga laba-laba. Tanaman ini termasuk jenis perdu, berdaun sederhana atau majemuk, dan bukan tipe pohon pada umumnya.

Tumbuhan endemik Australia ini banyak tumbuh di kawasan pegunungan, rawa-rawa hingga tanah asin. Tercatat ada sekitar lebih dari 350 spesies grevillea yang terdapat di Australia.

5. Tumbuhan Famili Haemodoraceae

Kangaroo Pow flower West Australia symbol

Salah satu flora yang cukup terkenal dari famili Haemodoraceae adalah Kangaroo Paw yang merupakan tanaman endemik bagian tenggara Australia Barat. Pemberian nama tanaman ini disebabkan karena pada bagian puncak terdapat enam struktur yang terlihat seperti cakar kanguru.

Bahkan bagi negara bagian Australia Barat, Kangaroo Paw diresmikan sebagai lambang negara sejak 9 Oktober 1960. Pada dasarnya Kangaroo Paw merupakan tanaman bunga dan membutuhkan bantuan burung yang memakan nektar sekaligus melakukan proses penyerbukan.

Karena keunikannya tersebut, sudah banyak orang melakukan budidaya Kangaroo Paw untuk dijadikan tanaman hias. Bahkan beberapa negara seperti negara Jepang, Amerika Serikat, dan Israel tertarik dengan tanaman ini.

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

4 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

4 months ago

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau…

4 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

4 months ago

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik…

4 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

5 months ago