99 Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui


Sumber daya alam atau yang biasanya disingkat dengan istilah SDA merupakan semua benda dan makhluk hidup yang ada di muka bumi yang digunakan untuk kemakmuran manusia. Bukan hanya komponen biotik atau benda hidup saja seperti tumbuhan, hewan dan organisme yang termasuk di dalam sumber daya alam namun juga faktor abiotik atau benda mati di dalamnya seperti air, tanah, batuan, energi dan lainnya. persedaian sumber daya alam yang ada di dalam bumi ini semakin hari semakin berkurang jumlahnya karena adanya eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh manusia terutama semenjak adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat dan terjadinya revolusi industri di dunia.

Kekayaan sumber daya alam di dunia ini persebarannya tidaklah merata. Hal ini dikarenakan karena beberapa faktor sehingga ada beberapa wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam namun ada juga wilayah yang sumber daya alamnya sangat minim. Contohnya di kawasan timur tengah seperti di negara-negara arab memiliki cadangan minyak hampir sepertiga dari minyak bumi yang ada di dunia. sehingga negara timur tengah memiliki peran penting dalam penetapan harga minyak dunia. selain itu, misalnya negara maroko yang memiliki setengah dari keseluruhan fosfat yang ada di dunia.

Negara Indonesia, brazil, Malaysia memiliki sumber daya alam hayati yang sangat melimpah dengan berbagai jenis flora dan fauna serta hutan yang ada di dalamnya membuat ketiga negara tersebut merupakan negara dengan sumber daya alam hayati terbesar di dunia. meskipun suatu negara memiliki sumber daya alam yang melimpah ini tidak berarti bahwa kesejahteraan penduduknya juga bagus dan sejahtera. Hal ini biasanya dikarenakan oleh politik yang tidak sesuai dan tidak menguntungkan kaum domestik. Pada bagian ini kita akan membahas jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya yaitu  Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui

Secara umum, sumber daya alam yang dikelompokkan berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua golongan yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang ketersediaannya akan selalu ada jika terdapat usaha dari manusia untuk mengembangkannya. Sedangkan yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang ketersediaannya sangat terbatas dan habis dalam sekali pakai saja.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang ketersediaannya di muka bumi ini akan selalu ada sehingga manusia tidak perlu khawatir saat menggunakannya karena tidak akan habis. Namun meskipun demikian sangat perlu untuk tidak mengeksploitasi sumber daya jenis ini. yang termasuk dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain adalah:

  1. Tumbuhan, semua jenis tumbuhan yang ada di muka bumi ini dan produk turunannya seperti karet atau lateks, kapas, biosolar, biodiesel, alkohol, spitrus, terpertin dan masih banyak lagi lainnya. untuk tetap mempertahakan ketersediaan tumbuhan di dunia perlu dilakukan penanaman kembali dan tidak melakukan eksploitasi hutan (Baca : fungsi hutan).
  2. Hewan, semua jenis hewan beserta dengan produk turunannya seperti kain, wol, sutra dan masih banyak lagi lainnya. budidaya hewan ini juga perlu dilakukan supaya ketersediaan hewan tetap terjaga. Ada beberapa jenis hewan yang hampir punah maka hewan tersebut tidak bisa digunakan sebagai barang kebutuhan manusia. Namun manusialah yang perlu melindungi keberadaan hewan yang hampir punah tersebut.
  3. Sinar matahari, cahayanya akan selalu menerangi bumi selama bumi masih menjadi salah satu planet yang berada di dalam sistem tata surya. Saat ini mungkin sinar matahari terasa lebih banyak karena adanya pemanasan global (baca : Penyebab pemanasan global)yang membuat lapisan ozon menipis sehingga tidak ada filter dari sinar berbahaya dari matahari.
  4. Angin
  5. Tanah, kesuburan tanah juga perlu dijaga meskipun tidak akan pernah hilang. Manusia hendaknya tidak mencemari tanah karena tanah merupakan tempat hidup bagi seluruh makhluk hidup di dunia ini (Jenis jenis tanah & erosi tanah).
  6. Air, merupakan salah satu benda yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya air manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu melestarikan kebersihan air dan tidak mencemarinya. Karena dengan mencemari air itu sama berarti dengan mengancam kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini (Baca : Jenis jenis air).
  7. Mutiara, merupakan benda hasil dari kerang. Bisa dilakukan budidaya dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
  8. Minyak gondorukem
  9. Pupuk kompos
  10. Pala
  11. Kopra
  12. Minyak nilam

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan jenis sumber daya alam dimana proses pembuatannya sangat lambat dan jika digunakan secara berlebihan dan tidak dengan bijaksana, maka sumber daya ini bisa habis. Proses pembuatan sumber daya ala mini dilakukan oleh alam dari proses alam itu sendiri sehingga tidak bisa dilakukan oleh manusia. Proses pembentukkannya pun membutuhkan waktu yang sangat lama hingga ratusan tahun. Jadi, bisa dibayangkan jika sumber daya alam ini habis? Ya, manusia juga akan berakhir. Berikut ini beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

  1. Logam mulia (Emas, perak, diamond, platinum)
  2. Besi
  3. Tembaga
  4. Perunggu
  5. Nikel
  6. Gas alam
  7. Gypsum
  8. Batu
  9. Marmer
  10. Minyak bumi (bensin, solar, aspal, paraffin, minyak tanah dan lainnya)
  11. Intan
  12. Batu granit
  13. Asbes
  14. Belerang
  15. Karbon
  16. Nuklir
  17. Fosfat, dan masih banyak lagi lainnya

Ada banyak cabang cabang ilmu geografi yang mempelajari cara melestarikan sumber daya alam yang dapat diperbaruhi ataupun yang tidak dapat diperbaruhi. Pembentukan sumber daya tersebut dilakukan dari pelapukan beberapa mikro organisme dan pelapukan tumbuhan yang terjadi dalam waktu yang sangat lama hingga ratusan bahkan jutaan tahun lamanya. Proses pembentukan ini juga melalui tekanan udara dan suhu udara yang kemudian membentuk berbagai jenis sumber daya alam yang memiliki karakteristik berbeda-beda dari satu sama lainnya. nah, karena sangat terbatasnya sumber daya ini maka sebaiknya manusia selalu bijak dalam menggunakannya dan kalau bisa sehemat mungkin.

Karena tidak menutup kemungkinan anak cucu tidak dapat menikmatinya karena saat ini persediaannya di bumi juga sudah sangat tipis. Sehingga sangat perlu dilakukan pembatasan penggunaan sumber daya alam jenis ini. perlu upaya yang dilakukan oleh semua pihak baik dari masyarakat, pemerintah dan swasta untuk mengelolanya dengan baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, November 2015 / 15:03 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial