Sponsors Link

6 Potensi Sumber Daya Manusia di Indonesia

Advertisement

Bumi adalah salah satu planet di tata surya (Baca: Planet di Tata Surya dan Penjelasannya). Saat ini, hanya bumilah yang diketahui memiliki makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. makhluk hidup di bumi terdiri dari tumbuhan, hewan dan manusia. Terdapat sumber daya yang berpengaruh di bumi, yaitu sumber daya alam dan manusia. Tumbuhan dan hewan dianggap sebagai sumber daya alam. Sumber daya alam tersebar di berbagai ekosistem di bumi. Ekosistem di bumi terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem darat dan ekosistem air (Baca: Jenis-jenis Ekosistem Darat dan Air). Setiap ekosistem memiliki berbagai macam jenis.

Ekosistem darat terdiri dari hutan hujan, hutan musim, ekosistem gurun, hutan taiga, ekosistem tundra, ekosistem padang rumput, dan hutan sabana. Sedangkan ekosistem air terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem air laut. Ekosistem air tawar adalah ekosistem yang berada di perairan air tawar. Ekosistem ini terdiri dari: ekosistem sungai, ekosistem danau, dan rawa- rawa. Sedangkan ekosistem air laut adalah ekosistem yang habitatnya berada di laut. Ekosistem ini antara lain ekosistem pantai, terumbu karang, dan ekosistem laut dalam.

Selain sumber daya alam, di bumi terdapat sumber daya yang lain. Sumber daya ini berasal dari manusia. Sumber daya ini di sebut sebagai sumber daya manusia.

Kekuatan Tenaga Manusia di Indonesia

Salah satu Sumber daya di Indonesia adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia adalah sumber daya yang berasal dari manusia. Atau dapat dikatakan sumber manusia berupa fisik maupun kemampuan atau skill. Indonesia adalah salah satu negara di benua asia. Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman flora dan fauna yang melimpah (Baca: Keanekaragaman Hayati di Indonesia Flora dan Fauna). Hal ini juga di dukung oleh sumber daya manusia yang ada. Memanfaatkan potensi yang ada di sumber daya manusia, akan mampu membangun Indonesia lebih baik. Berikut ini 6 potensi sumber daya manusia di Indonesia:

1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk adalah salah satu potensi bagi sumber daya manusia. Indonesia dapat dikatakan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Jumlah penduduk rata- rata di indonesia mencapai 255 juta penduduk. Dengan persebaran penduduk terbanyak terjadi di pulau jawa. Agar persebaran penduduk merata, pemerintah mencanangkan program transmigrasi, bagi penduduk jawa yang ingin bekerja di luar jawa. Keuntungan dari transmigrasi adalah disediakan berbagai fasilitas, mulai dari rumah hingga alat- alat pertanian untuk mendukung kehidupan para transmigrasi.

Jumlah penduduk adalah salah satu potensi sumber daya alam. Karena dengan banyaknya penduduk, tidak perlu mengimpor tenaga kerja asing, yang memiliki harga jauh lebih mahal dari pada tenaga kerja di dalam negeri.

2. Jumlah Tenaga Kerja

Pada poin kedua, sangat berhubungan dengan poin yang nomer satu. Jumlah penduduk di indonesia yang besar, memungkinkan banyaknya jumlah tenaga kerja di indonesia. Sumber daya manusia di indonesia, jika di ambil langsung dari indonesia, akan memberikan keuntungan kepada negara. Hal ini karena sumber daya yang berasal dari lokal, memiliki harga yang lebih murah, dari pada langsung mengimpor dari luar negeri. Selain itu, dengan memakai sumber daya manusia lokal, maka negara telah membantu dalam program pensejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera, adalah salah satu ciri kesuksesan sebuah negara.

Potensi sumber daya manusia dilihat melalui jumlah tenaga kerjanya adalah, dengan semakin banyak jumlah tenaga kerja yang diserap, maka pembangunan sebuah negara akan semakin pesat.

3. Kualitas Sumber Daya Manusia

Jumlah penduduk yang banyak, serta jumlah tenaga kerja yang banyak, akan tetapi jika tidak didukung oleh kemampuan skill, akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Jumlah sarjana yang lulus di indonesia mencapai rata- rata hingga 250.000 per tahun. Itu berarti setiap tahun, indonesia mampu mencetak tenaga kerja intelektual sebanyak 250.000 orang. Akan tetapi, tidak semuak pekerja intelektual, memdapatkan pekerjaan. Bahkan banyak lulusan universitas yang menganggur. Rata- rata jumlah penganguran intelektual di indonesia bisa mencapai 40% dari total sarjana.

Indonesia yang mampu mencetak sarjana sebanyak 250.000 orang, sebenarnya memiliki kualitas sumber daya baik. Akan tetapi, lowongan yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja, membuat tenaga kerja inlektual di indonesia terbuang percuma. Dengan memaksimalkan potensi pekerja inteletual, maka indonesia akan semakin cepat berkembang.

Sponsors Link

4. Banyak Kebudayaan

Salah satu hasil dari sumber daya manusia adalah kebudayaan. Indonesia adalah negara dengan kebudayaan yang majemuk. Kebudayaan yang majemuk adalah salah satu dari potensi sumber daya manusia di indonesia. Karena dengan banyaknya kebudayaan, maka menarik wisatawan ke indonesia akan semakin mudah. Masyarakat dengan kebudayaan yang masih terjaga, juga diharapkan mampu menjaga keseimbangan alam (Baca: Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup).

Kebudayaan adalah salah satu daya tarik pariwisata. Dengan memanfaatkan kebudayaan indonesia yang majemuk, maka indonesia akan mendapatka pendapatan dari sektor wisata. Saat ini indonesia sedang gencar dalam melakukan upaya promosi wisata indonesia melalui proyek Wonderful Indonesia.

5. Banyak Orang Intelek

Orang intelek adalah salah satu potensi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh indonesia. Oreang intelek di indonesia, tidak harus lulus universitas. Lulusan SMK juga dianggap memiliki nilai intelektualitas yang tinggi. Saat ini rata- rata lulusan universitas di indonesia setiap tahun adalah 250.000 orang. Sedangkan lulusan SMK setiap tahun mencapai 1.087.098. dengan banyaknya jumlah inteletual yang lulus, maka potensi sumber daya manusia di indonesia juga cukup besar. Akan tetapi, jumlah tenaga yang terserap masih sangat sedikit. Untuk lulusan SMK, sekitar 70 persen berhasil terserap ke dunia kerja, dengan rata- rata 10 persen meneruskan ke jenjang universitas. Akan tetapi, untuk lulusan sarjana, hanya sekitar 60 persen yang berhasil masuk ke dunia kerja.

Sumber daya manusia di indonesia yang memiliki intelektual sangat tinggi. Hanya saja, minimnya lapangan pekerjaan, serta minimnya skill, dianggap sebagai penyebab masih banyak intelektual yang tidak terserap. Beberapa sarjana, ada yang memilih bekerja di luar negeri, karena harga yang ditawarkan lebih besar dari pada di dalam negeri.

Sponsors Link

6. Sinkronisasi Antara SDA dan SDM

Kerjasama antar SDM dan SDA sangar penting. Karena hanya manusia yang dapat menjaga keseimbangan lingkungan (Baca: Peran Manusia Dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup). Menjaga serta memanfaatkan sumber daya alam sangat diperlukan demi kemajuan sebuah negara. Indonesia adalah negara dengan potensi keanekaragaman hayati. Akan tetapi, jika pemakaian sumber daya alam tidak bekerja sama dengan sumber daya manusia yang mumpuni, maka keseimbangan alam akan terganggu. Salah satu potensi sumber daya manusia adalah dengan  cara menjaga keseimbangan ekosistem. Sehingga ekosistem di indonesia tidak mengalami kerusakan yang parah (Baca: Kepentingan Menjaga Keseimbangan Alam Sekitar).

Potensi sumber daya manusia di Indonesia samgat melimpah. Akan tetapi minimnya lowongan pekerkaan, di tambah dengan jumlah tenaga kerja yang terus bertambah setiap tahun, menyebabkan jumlah pengangguran di Indonesia terbilang tinggi.

Baca Juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 06:02 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial