Sponsors Link

22 Negara Penghasil Timah Terbesar Di Dunia (#Paling Lengkap)

Sponsors Link

Timah merupakan salah satu sumberdaya alam yang bermanfaat bagi Indonesia atau pun negara di dunia lainnya. Timah termasuk sumber daya yang tidak diperbaharui dan sering juga digunakan untuk berbagai bahan industri seperti elektronik atau pun bangunan. Contoh penghasil timah yaitu bahan pelapis logam, solder dan lainnya. Negara yang menghasilkan timah menjadikan bahan baku tersebut sebagai sumber keuangan beberapa negara.

Sponsors Link

Baca Juga :

Negara Penghasil Timah Terbesar

Negara Penghasil Timah TerbesarHal ini dimanfaatkan oleh salah satunya beberapa negara berikut ini yang menjadikan timah sebagai daya expor timahnya. Apa saja negara yang berhasil menghasilkan timah ?

22. Afrika Selatan

Afrika Selatan menjadi salah satu negara yang mungkin menarik perhatian banyak negara Barat. Maka Afrika Selatan telah berubah menjadi negara yang memanfaatkan sumber daya alamnya untuk dieksplor dan dijual. Salah satunya adalah timah, memang tidak terlalu mencolok tetapi hal ini tetap menjadi income tersendiri untuk Afrika Selatan. Negara Afrika memang sering terkenal akan kemiskinan yang luar biasa namun sebenarnya negara mereka memiliki simpanan yag menghasilkan dengan luar biasa.

Baca juga:

21. Timor-Timur

Timor Timur dulunya mungkin bagian dari Indonesia sedangkan Indonesia merupakan negara penghasil timah. Timor-Timur menjadi negara yang menghasilkan timah di nomor 19. Meskipun menghasilkan Timah tetapi tidak membawa Timor-Timur kedalam negara yang bisa mengekspor timah keluar negeri. Mereka hanya menggunakanya sendiri dan tetap menambah kebutuhannya dengan cara impor. Hal ini memang membawa Timor-Timur kedalam daftar hanya saja tidak membawakan keuntungan untuk negara itu sendiri. (Baca Juga : Negara Yang Ditakuti Amerika Serikat)

20. Kamboja

Kamboja merupakan negara yang menjadi salah satu penghasil komoditas utama seperti pakaian, kayu, karet, beras, ikan, tembakau dan alas kaki. Nyatanya Kamboja juga menghasilkan timah yang memang tidak terlalu menonjol, namun bisa dianggap menghasilkan. Kamboja memiliki hutan kayu yang paling berharga dan penghasil permata yang paling produktif di dunia (kecuali berlian). Kamboja, sebagian besar wilayahnya merupakan daratan yang subur karena di sana terdapat salah satu sungai terbesar di Asia, yaitu Sungai Mekong. Untuk negara Kamboja, merupakan negara kesekian dalam Asia Tenggara yang ikut menghasilkan bahan yang tidak bisa diperbaharui.

Baca juga:

19. Singapura

Singapura memang negara kecil dengan pulau utama (Pulau Singapura) dan sekitar 50 pulau kecil yang mengelilinginya. Negara ini beriklim tropis dan mempunyai dua musim, yaitu musim hujan yang sejuk (November- Maret) dan musim kering yang panas (April – September). Tetapi negara ini bisa berkembang dan dikenal dengan negara luar lainnya meskipun berukuran sangat kecil bahkan lebih kecil dibandingkan sebuah Pulau Jawa.

Kondisi alam Singapura tidak banyak memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan, oleh karena itu relatif sedikit jumlah pabrik yang melakukan pengolahan industri yang memanfaatkan sumber daya alam. Hal ini karena memang kembali pada wilayah, karena keterbatasan tersebut lebih banyak mengandalkan industri jasa dan perdagangan.Salah satunya adalah Timah yang bisa dihasilkan dari Singapura, namun tidak banyak dan tidak bisa mengikuti sistem ekspor-impor. (Baca Juga : Gunung Paling Berbahaya)

18. Filipina

Negara Penghasil Timah Terbesar selanjutnya adalah Filipina. Bahan tambang logam yang dihasilkan dari kawasan Asia Tenggara antara lain bijih timah, bijih besi, tembaga, emas, wolfram/tungsten, bauksit, kuprum, kromium, dan lainnya yang banyak dan tidak bisa disebutkan satu persatu. Filipina merupakan salah satu negara yang berhasil menghasilkan beberapa sumber daya alam yang disebutkan diatas. Selain itu, negara ini menghasilkan abaka dalam jumlah besar di Asia Tenggara. Serat abaka digunakan untuk membuat tali yang bisa dimanfaatkan untuk industri dan pabrik. Filipina juga menjadi salah satu negara yang cukup banyak menghasilkan teh dan tumbuh subur disana.

Baca Juga :

Sponsors Link

17. Laos

Kembali dari negara Asia Tenggara, Laos merupakan negara yang berhasil memproduksi timah sebanyak 99.000 ton per tahun. Negara yang masuk ke dalam kesatuan ASEAN ini menghasilkan timah dengan lumayan banyak, dimana 99.000 per tahun itu bukanlah hal yang sedikit dan bisa membawa mereka menjadi negara yang bisa memproduksi timah dan mengekspor timah ke berbagai negara. Laos terus meningkatkan hasil produksinya. (Baca Juga : Gunung Meletus)

16. Zimbabwe

Afrika termasuk kedalam benua yang luas. Namun juga tandus dan kering, itulah salah satu penyebab susahnya bercocok tanam bagi para warganya disana sehingga mereka tidak bisa menghasilkan apapun. Pertanian dan penghasilan para penduduk Afrika bergantung pada curah hujan. Kemiskinan di Afrika juga tidak berakhir akibat efek dari penjajahan yang dilakukan para penjajah beratus-ratus tahun yang lalu. Semua penduduk Afrika dijadikan budak dan hanya sedikit dari mereka yang mendapatkan pendidikan yang layak. Namun timah bisa menjadi salah satu sumber daya alam Zimbabwe yang dimanfaatkan pabrik yang didalam.

Baca juga:

15. Meksiko

Selain terkenal dengan masakannya, faktanya negara Meksiko memperoleh pendapatan dari sumber daya alamnya. Dimana Meksiko yang merupakan negara yang terletak di Benua Amerika, tepatnya Amerika Utara, mampu memproduksi timah sebesar 180.500 ton pertahun dan bisa menghasilkan ekspor tingkat tinggi. (Baca Juga : Pengertian Erupsi)

14. Zambia

Negara ke 12 yang mampu memproduksi timah terbesar adalah Zambia. Jarang tedengar mungkin oleh anda negara Zambia, namun jika dilihat dari daftar negara yang menghasilkan timah maka negara ini salah satunya.  Zambia adalah negara yang terletak di benua afrika dengan jumlah produksi timah mencapai 197.023 ton pertahunnya. (Baca Juga : Pengertian Pegunungan)

13. Thailand

Thailand menjadi negara dengan urutan ke-11 yang berhasil memproduksi timah terbesar. Dengan jumlah produksi timah mencapai 200.000 ton pertahunnya. Padahal jika dilihat negara pagoda ini memang jarang melihat adanya pabrik yang beroperasi dan juga menghasilkan sumber daya alam mentahnya, Thailand mengolah timah menjadi sebuah produk dan memasarkannya. (Baca Juga : Gejala Vulkanisme)

12. Rep. Demokrasi Kongo

Republik Demokratik Kongo (RDK) atau terkenal dengan negara Kongo merupakan negara yang paling kaya akan mineral di muka bumi. Mineral yang dikandung oleh bumi Kongo,  sudah jelas sangat dibutuhkan bagi industri industri strategis yang ada di dunia. Perlu diketahui bahwa jaman Perang Dingin, Amerika – CIA menyokong digulingkannya rezim populis pimpinan tokoh kemerdekaan Kongo, Patrice Lumumba di tahun 1965.

Kongo, terkenal dengan sebutan Zaire. Dimana salah satu negara di benua Afrika yang berlimpah sumber daya mineral, antara lain emas, timah, serta tantalum. Tentu saja ketentuan UU bisa berdampak luas dan cukup menyulitkan. Peraturan itu tidak hanya  berlaku bagi perusahaan elektronik, pengguna utama tantalum Kongo sebagai bahan baku produknya, tetapi juga untuk semua perusahaan publik Amerika Serikat juga yang menggunakan timah dan emas.

Baca Juga :

11. Malaysia

Negara Penghasil Timah Terbesar selanjutnya adalah Malaysia. Malaysia diberkati dengan sumber daya alam semisal sektor pertanian, kehutanan, dan pertambangan. Semua kelebihannya diberikan dalam porsi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan negara Malaysia. Jika dilihat dari  sektor pertanian, Malaysia adalah salah satu pengekspor terbesar karet alam dan minyak sawit, yang bersama-sama dengan damar dan kayu gelondongan, kakao, lada, nenas, dan tembakau mendominasi pertumbuhan sektor itu. Minyak sawit juga merupakan pembangkit utama perdagangan internasional Malaysia.Sedangkan dalam bidang sumber daya alam lain, Malaysia termasuk negara yang menghasilkan timah terbanyak setiap tahunnya. Kontribusi ini mendukung Malaysia untuk bisa mengeksplor teknologinya. (Baca Juga : Ciri- ciri Danau Eutropik)

10. Vietnam

Alam di Vietnam sangatlah indah dengan berbagai bentuk panorama yang indah, namun keberadaannya belum dapat dikelola secara optimal dan maksimal. Salah satu potensi budaya yang dikembangkan adalah wisata alam dan budaya yang memanfaatkan aliran Sungai Mekong. Wisata air ini sangat diminati wisatawan, terutama wisatawan luar negeri.

Vietnam merupakan negara yang cukup kaya akan sumber daya alamnya. Selain timah, Vietnam juga menghasilkan  Emas, bijih besi, timah, fosfat, seng, krom, minyak bumi dan batu bara. Menjadi negara yang banyak menghasilkan timah menyebabkan Vietnam sebagai negara yang cukup berkembang dan kaya akan kepemilikan timahnya. Faktor ini juga yang menaruh Vietnam di nomor 8 negara penghasil timah. (Baca Juga : Ciri-ciri Danau Buatan)

9. Australia

Australia atau benua Australia memang terkenal akan kekayaan sumber daya alam. Bahan mentah seperti bijih besi dan batubara menjadi komoditas ekspor utama, dan berkat lokasinya yang berdekatan dengan Asia sudah jelas menyebabkan Australia mudah mengolah dan mengetahui kebutuhan tambang. Tidak ada kekurangan permintaan akan komoditas tersebut apalagi Australia bersangkutan dengan aktris.

Alasan lain mengapa Australia berada di posisi kuat untuk menjadi sebuah negara pebisnis besar energi tahun 2017, kata Kendrick, adalah kenyataan bahwa negara tersebut telah memperluas kapasitas produksi LNG mulai dari tahun 90an.Timah sendiri merupakan alasan lain Australia sebagai negara yang berhasil mengelola sumber dayanya. (Baca Juga : Ciri- ciri Danau Vulkanik)

8. Myanmar

Kebudayaan Myanmar banyak dipengaruhi oleh agama mayoritas yang dianut oleh masyarakatnya. Meskipun di ranah luar negeri Myanmar memang kurang terkenal dibandingkan negara tetangganya yakni Thailand atau Indonesia. Selain itu masyarakat tradisional yang ramah juga menjadi daya tariknya. Tetapi bukan itu saja, Hasil tambang Myanmar yaitu minyak tanah, seng, timah, nikel, emas, dan uranium. Ladang minyak bumi terdapat di Chaok dan Yenangyaong adalah tungsten, antemen, air raksa, batu bara, perak, mangan, dan gas alam di Chaok. membantu Myanmar untuk bisa lebih berkembang dan menjadi negara yang lebih baik lagi.

Baca juga:

Sponsors Link

7. Australia

Australia atau benua Australia memang terkenal akan kekayaan sumber daya alam. Bahan mentah seperti bijih besi dan batubara menjadi komoditas ekspor utama, dan berkat lokasinya yang berdekatan dengan Asia sudah jelas menyebabkan Australia mudah mengolah dan mengetahui kebutuhan tambang. Tidak ada kekurangan permintaan akan komoditas tersebut apalagi Australia bersangkutan dengan aktris.

Alasan lain mengapa Australia berada di posisi kuat untuk menjadi sebuah negara pebisnis besar energi tahun 2017, kata Kendrick, adalah kenyataan bahwa negara tersebut telah memperluas kapasitas produksi LNG mulai dari tahun 90an.Timah sendiri merupakan alasan lain Australia sebagai negara yang berhasil mengelola sumber dayanya. (Baca Juga : Danau Terluas di Benua Asia)

6. Myanmar

Kebudayaan Myanmar banyak dipengaruhi oleh agama mayoritas yang dianut oleh masyarakatnya. Meskipun di ranah luar negeri Myanmar memang kurang terkenal dibandingkan negara tetangganya yakni Thailand atau Indonesia. Selain itu masyarakat tradisional yang ramah juga menjadi daya tariknya. Tetapi bukan itu saja, Hasil tambang Myanmar yaitu minyak tanah, seng, timah, nikel, emas, dan uranium. Ladang minyak bumi terdapat di Chaok dan Yenangyaong adalah tungsten, antemen, air raksa, batu bara, perak, mangan, dan gas alam di Chaok. membantu Myanmar untuk bisa lebih berkembang dan menjadi negara yang lebih baik lagi. (Baca Juga : Danau Terluas di Benua Afrika)

5. Brasil

Brazil kaya akan hasil alam, baik berupa bahan tambang maupun flora dan fauna. Luas wilayahnya mencapai 8.547.404 km2. Wilayah tersebut mencakup bagian tengah Amerika Selatan hingga ke arah timur laut, selain itu negara ini juga terkenal akan penghasil kopi serta menghasilkan timah yang tidak perlu diragukan lagi karena menjadi negara nomor 5 di dunia. (Baca Juga : Hutan Terlebat Di Dunia)

4. Bolivia

Dengan Jumlah Produksi  18.000 ton dan berlokasi di Benua Amerika, maka negara ini cukup bisa dikenal sebagai sebuah negara yang memang menghasilkan timah yang membawa negara Bolivia menjadi negara yang paling populer di nomor 4.

Baca Juga  :

3. Peru

Negara Peru ini terkenal akan suku Inca nya. Sebelum memasuki penjelasan yang panjang lebar tentang negara Peru. Sebelumnya, pembahasan akan diberikan berhubungan tentang selayang pandang bangsa Inca. Namun karena bisa menghasilkan 1 juta ton per tahunnya, Peru juga terkenal akan negara yang menghasilkan timah dan mengekspornya. (Baca Juga : Cara Melestarikan Hutan)

2. Indonesia

Nusantara atau negara ini merupakan salah satu penghasil timah hingga berjuta juta banyaknya. Bahkan Indonesia bukan hanya satu daerah saja yang bisa menghasilkan timah. Adapun beberapa daerah yang terkenal yang menghasilkan timah adalah :

  • Bakinang, Riau
  • Dabo, Pulau Singkep
  • Manggar, Pulau Belitung
  • Sungai Liat, Pulau Bangka.

1. China

Posisi selanjutnya ada bangsa China yang paling maju dan memiliki peradaban. Hal ini membuktikan bahwa China termasuk kedalam menghasilkan timah yang tinggi.

Baca Juga :

Jadi itulah negara penghasil timah terbesar yang ada didunia. Timah merupakan sumber daya alam yang harus dimanfaatkan dengan baik agar tidak terbuang dengan sia-sia. Semoga bermanfaat!!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 04:26 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial