Negara Penghasil Pisang Terbesar di Dunia: Honduras


Gizi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Bagaimana manusia bisa menjalankan kehidupan tanpa adanya gizi yang terserap oleh tubuh? Bagi manusia, gizi adalah hal yang harus dipenuhi oleh manusia bahkan sejak masih ada di dalam kandungan. Gizi akan membangun tubuh manusia agar dapat melaksanakan aktivitas sehari- hari. Gizi bentuknya ada bermacam- macam, gizi ini terdiri dari berbagai macam zat, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lain sebagainya. Masing- masing zat ini mempunyai fungsinya masing- masing untuk tubuh manusia dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Gizi yang merupakan zat yang sangat penting bagi manusia dapat kita jumpai dari berbagai makanan. Yang mana kita ketahui sebelumnya bahwasannya makanan merupakan sumber energi satu- satunya bagi manusia. Tanpa makanan manusia tidak akan bisa menjalani kehidupan karena tidak mempunyai tenaga. Gizi dapat kita temui dalam makanan empat sehat lima sempurna. Empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk- pauk, sayur- sayuran, buah- buahan, dan sebagai penyempurnanya adalah susu. Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, makanan pokok ini akan memberikan energi bagi kita. Lauk- pauk merupakan makanan yang berupa ikan, daging, ayam, tahu, tempe dan lain sebagainya yang banyak mengandung protein. Sayur- sayuran dan juga buah- buahan jenisnya ada banyak sekali seperti yang sudah kita ketahui, dimana sayur dan buah ini banyak mengandung bermacam- macam vitamin. Dan susu mengandung banyak sekali zat yang sangat baik untuk kesehatan.

Buah- buahan sebagai sumber vitamin

Salah satu bagian dari empat sehat lima sempurna yang kita ketahui adalah buah- buahan. Buah- buahan merupakan hasil alam yang dominan rasanya manis dan terkadang asam. Buah- buahan ini juga kebanyakan memberikan rasa segar bagi kita. Buah- buahan jenisnya ada banyak sekali, seperti yang biasa kita temui adalah jeruk, apel, mangga, anggur, strawberry , leci, kelengkeng, durian, pisang, jambu, dan lain sebagainya. Buah- buahan selain  bisa dimakan langsung, bisa juga dioleh menjadi berbagai minuman dan makanan yang tentunya sangat lezat. Buah bisa diolah menjadi minuman seperti jus, es buah, sirup, dan lain sebagainya. Selain minuman, buah bisa juga diolah menjadi makanan seperti kue, pancake, roti, dan lain sebagainya. Selain mempunyai rasa yang lezat, buah ini tentu saja mempunyai vitamin yang bermacam- macam, maka dari itulah buah seringkali menjadi hidangan wajib ketika makan, yakni sebagai pencuci mulut. Dan buah juga menjadi makanan yang sangat aman bagi para pelaku diet karena dinilai sehat dan tidak menimbun lemak di tubuh.

Pisang sebagai Buah yang Bergizi

Buah- buahan merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Orang- orang yang biasanya vegetarian, mereka akan mengganti makanan mereka dengan sayuran dan juga buah- buahan. Salah satu buah yang banyak disukai dan banyak dijumpai adalah pisang. Pisang buah yang berbentuk panjang dan berwarna kuning. Buah pisang akan terasa manis setelah sudah masak, dan rasanya akan asam atau sepat ketika masih mentah. Buah pisang sering digunakan sebagai pencuci mulut dan sering pula dijadikan makanan bagi bayi yang belum makan nasi karena teksturnya yang lembut. Selain itu buah pisang juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti keripik dan juga makanan ringan lainnya. Buah pisang selain rasanya enak juga mengandung banyak sekali gizi. Beberapa zat gizi yang dikandung oleh pisang antara lain sebagai berikut:

  • Air (baca: jenis air di Bumi) sebanyak%
  • Protein sebanyak 1%
  • Serat Selulosa sebanyak 1%
  • Lemak dan minyak
  • Asam tanin
  • Vitamin A sebanyak 300 IU per 100 gram
  • Vitamin B antara lain B1, B2, B6, dan B12 sebanyak 100 mg per 100 gram
  • Vitamin D
  • Vitamin Z
  • Kalsium sebanyak 100 mg per 100 gram
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Sodium
  • Kalium atau Potassium
  • Magnesium
  • Seng

Itulah beberapa kandungan gizi yang dimiliki oleh pisang. Kandungan pisang yang begitu banyak dapat diserap oleh tubuh manusia sebagai nutrisi dalam tubuh mereka. Mengingat pisang ada berbagai macam jenis, maka kandungan yang telah disebutkan merupakan kandungan secara umum.

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia (baca: letak geografis dan astronomis Indonesia). Pisang selain cocok sebagai pencuci mulut, juga banyak digunakan sebagai makanan bayi. hal ini tidak lain karena manfaat yang diperoleh tubuh sangat banyak. Lalu, apa sajakah manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh? Berikut ini jawabannya.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pisang yang pertama adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin B6 yang ada di dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

  1. Sebagai obat darah tinggi atau hipertensi

Pisang ternyata juga dapat digunakan sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium pada pisanglah yang berperan mengatur keseimbangan cairan dan juga elektrolit sehingga tekanan darah dapat terkendali. Kandungan serat pada pisang juga mampu mengikat lemak dan dapat mencegah terbentuknya plak yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

  1. Mengatasi anemia

Selain dapat menjadi obat hipertensi atau darah tinggi, pisang juga dapat mengatasi anemia atau darah rendah lho. Hebat bukan? kandungan zat besi pada buah pisang akan mengatasi anemia. Cukup dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari, maka masalah anemia akan teratasi.

  1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan pembunung nomor satu di Indonesia. Ketika seseorang terkena serangan jantung maka kecil kemungkinan dapat bertahan hidup. Maka dari itulah jantung harus selalu dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan mengonsumsi buah pisang. Vitamin C dan Flavonoid pada pisang bersifat antioksidan yang dapat mencegah oksidasi lemak penyebab sakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya juga dapat berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

  1. Menjaga kesehatan janin

Pisang tidak hanya bermanfaat untuk bayi, namun juga bagi janin yang masih ada di dalam kandungan. Kandungan asam folat yang ada di dalam pisang sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat menjaga kesehatan janinnya.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Pisang juga merupakan buah yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

  1. Menurunkan berat badan

Pisang juga merupakan buah yang dapat menurunkan berat badan. Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis, namun rendah lemak sehingga aman untuk peserta program diet. Serat yang dimiliki pisang dapat menurunkan berat badan karena dapat melancarkan proses metabolisme.

Begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh dari buah pisang, beberapa diantaranya seprti yang telah dijelaskan di atas. Buah- buahan memang bagus dikonsumsi setiap hari, sebagai penyupplai vitamin ke seluruh tubuh. Tubuh yang kurang vitamin akan menjadi lemas dan kurang bertenaga, sehingga nantinya atidak akan lancar melakukan aktivitas sehari- hari.

Negara Penghasil Pisang Terbesar

Buah pisang sangat akrab nagi kita masyaralat Indonesia (baca: iklim di Indonesia). Dan ternyata tidak hanya masyarakat Indonesia (baca: pembagian musim di Indonesia) saja yang akrab dengan buah ini, namun juga masyarakat mancanegara. Dalam bahasa Inggris, pisang disebut sebagai “banana” dan merupakan buah yang digemari oleh banyak orang. Di seluruh dunia sendiri, pohon pisang dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Maka dari itulah pisang merupakan buah yang sangat umum. Ada beberapa negara di dunia ini yang merupakan negara penghasil pisang paling banyak. Namun ada satu negara yang menjadikan pisang sebagai komoditi utama bahkan untuk di ekspor. Negara yang menjadikan pisang sebagai komoditi utama adalah Honduras.

Pisang merupakan salah satu tanaman perkebunan yang dimiliki oleh banyak negara di dunia. Namun keberadaan pisang jarang diunggulkan sebagai komoditas ekspor utama. Meski demikian ada negara (baca: Negara di Benua Afrika)yang sangat mengunggulkan pisang sebagai komoditas ekspor. Ialah Honduras, negara yang berada di wilayah Amerika Tengah (baca: danau terluas di Amerika). Republik Honduras merupakan negara yang menghasilkan pisang paling banyak di dunia (baca: sungai terpanjang di dunia). Lahan di negara ini sangat luas dan ditanami oleh tanaman pisang. Saking banyaknya pisang yang dihasilkan, maka negara ini dijuluki sebagai “Republik Pisang”. Hampir hingga abad ke 20 negara ini mengandalkan pisang sebagai komoditas utama ekspornya, sampai pada abad ke 21 negara Honduras menemukan komoditi ekspor baru, yakni kopi. Tidak banyak informasi mengenai komoditas pisang dari Honduras ini. Namun yang pasti negara Honduras merupakan penyupplai pisang terbesar di dunia (baca: jurang terdalam di dunia). Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai Negara penghasil pisang terbesar di dunia yakni Honduras. Meskipun informasi yang kami berikan hanya sekilas, namun semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca yang telah membaca postingan kami. Terima kasih

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, February 2017 / 01:35 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial