Sponsors Link

25 Negara Paling Kotor di Dunia yang Wajib Diketahui (Paling Lengkap)

Sponsors Link

Negara terkotor di Dunia bisa menjadi pembelajaran bagi negara lain agar negaranya selalu terlihat bersih. Di dunia ini sampah dan polusi menjadi masalah terbesar di dunia. Dimana manusia lebih banyak mengambil porsi dalam merusak atau membuat kotor Bumi. Namun berikut ini daftar negara dengan tingkat kotor yang sangat tinggi.

Sponsors Link

Baca juga:

Negara Paling Kotor di Dunia

Negara Paling Kotor di DuniaMenyandang label sebagai negara terkotor di dunia tentu menjadi hal yang tak diinginkan. Tidak hanya mengurangi kenyamanan penduduk, kotornya wilayah suatu negara juga berpotensi menyebabkan penyakit seperti radang paru-paru, muntaber, dan lainnya.

Namun, sayang sekali, 25 negara di bawah ini harus masuk dalam daftar 25 Negara paling terkotor di Dunia yang perlu untuk diketahui. Mari kita mulai dari negara terkotor di dunia peringkat 25. (Baca Juga : Pemandangan Alam Terindah di Indonesia)

25. Togo

Togo yang memiliki nama resmi Togolese Republic merupakan sebuah negara di Afrika Barat yang menjadi salah satu negara terkotor di dunia. Togo memiliki tingkat pencemaran udara yang merisaukan karena merupakan salah satu negara penghasil bahan bakar minyak dengan kualitas rendah. BBM produksi Togo bahkan dilarang untuk dijual di Eropa karena menyebabkan tingginya tingkat pencemaran udara. (Baca Juga : Wilayah Persebaran Gas Alam di Indonesia )

24. Mali

Mali merupakan sebuah negara yang terletak di tepi Sungai Niger. Negara ini merupakan salah satu negara termiskin di Afrika, sekaligus dilabeli sebagai salah satu negara terkotor di dunia. Tingkat kesejahteraan yang rendah ini berdampak pada kualitas kehidupan masyarakatnya yang sangat minim fasilitas kebersihan. (Baca Juga : Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia )

23. Burkina Faso

Burkina Faso juga merupakan negara di Afrika Barat. Negara yang dijuluki sebagai “land of the honest men” ini memiliki masalah kebersihan yang serius, terutama terkait problem pencemaran udara. Polusi di Burkina Faso sangat tinggi, khususnya disebabkan oleh debu dan benzena yang menjadi hasil samping pembakaran BBM dari mesin sepeda motor.

Baca Juga :

22. Nigeria

Sebagai negara berkembang, Nigeria sedang berusaha keras untuk membenahi taraf kehidupan masyarakatnya. Namun sayangnya, kondisi kebersihan di negara ini rupanya belum cukup membaik. Level kemacetan lalu lintas di Nigeria berbanding lurus dengan emisi gas buangan dari kendaraan yang beroperasi di jalanan. Tidak hanya emisi gas, banyaknya debu yang terbawa angin juga membuat Nigeria makin kotor untuk ditinggali. (Baca Juga : Pembagian Zona Kedalaman Laut )

21. Republik Afrika Tengah

Meski kaya dengan Sumber Daya Alam seperti emas dan minyak mentah, Republik Afrika Tengah rupanya masih belum berhasil untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Rendahnya kesejahteraan di negara ini berdampak pada ketersediaan air bersih. Penduduk Republik Afrika Tengah kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sehingga harus mandi dan memasak dengan air seadanya. (baca juga: Pencemaran Air Tanah)

20. Tanzania

Negara Paling Kotor di Dunia selanjutnya adalah Tanzania. Negara di Afrika Timur yang memiliki jumlah penduduk besar ini ternyata belum bisa lepas dari masalah kebersihan. Sekitar 23 juta penduduk Tanzania terpaksa memanfaatkan air kotor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, sekitar 44 juta penduduk lainnya hidup di lingkungan yang penuh sampah dan sangat minim fasilitas kebersihan.

Baca Juga :

19. Chad

Jika berkunjung ke Chad, turis akan dengan mudah menemukan pemandangan anak-anak kecil sedang berenang dan bermain di sungai yang tercemar. Air bersih relatif mahal untuk penduduk Chad. Mereka memanfaatkan air bersih hanya untuk minum dan memasak. Selebihnya, untuk mandi dan mencuci, penduduk Chad memanfaatkan air kotor. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kasus kesehatan serius yang mewabah di negara ini. Pada tahun 2011, sekitar 17 ribu orang terinfeksi kolera di ibukota Chad, N’Djamena. (baca juga : Dampak Polusi Air Terhadap Kegiatan Rumah Tangga)

Sponsors Link

18. Kongo

The Kingdom of Kongo atau yang lebih dikenal sebagai Kongo merupakan salah satu dari 25 Negara Terkotor di Dunia. Tidak hanya memiliki problem polusi udara yang sangat mengganggu, penduduk Kongo juga harus hidup dengan suplai air yang terkontaminasi limbah industri. Kualitas sanitasi di Kongo masih rendah dan hal ini berpengaruh pada kualitas kehidupan masyarakatnya.

Baca Juga :

17. Kazakhstan

Negara di Asia Tengah yang terletak dekat dengan Laut Kaspia ini juga harus masuk sebagai salah satu dari 25 Negara Terkotor di Dunia. Kazakhstan memiliki masalah di bidang pengolahan sampah sehingga banyak sampah toksik yang tertimbun dan mencemari lingkungan. Selain itu, air sungai di Kazakhstan juga tercemar dengan limbah sehingga sangat kotor untuk digunakan, bahkan untuk keperluan irigasi sekalipun. (Baca Juga : Erosi Sungai)

16. Irak

Sebagai negara yang mengalami perang selama bertahun-tahun, Irak memiliki masalah serius di bidang kebersihan. Sebagaimana pernyataan yang telah dilansir oleh The United Nations Environtment Programme (UNEP), perang di Irak menyebabkan tingkat polusi udara di negara ini semakin tinggi. Tak hanya polusi udara, berbagai kasus penyakit yang ditularkan melalui air (water borne disease) juga sempat mewabah di Irak. (Baca Juga : Ekosistem Sungai)

15. Ethiopia

Ethiopia merupakan sebuah negara miskin yang memiliki tingkat harapan hidup yang cukup rendah. Penduduk Ethiopia harus menjalani hidup mereka dalam kondisi krisis air bersih yang parah. Para ibu dan anak-anak di Ethiopia harus berusaha keras untuk mendulang dari mata air yang juga digunakan untuk minum binatang liar dan ternak. Akibatnya, kasus penyakit yang ditularkan melalui air (water borne disease) banyak ditemukan di Ethiopia.

Baca Juga :

14. Meksiko

Meskipun telah menjadi salah satu negara maju yang terkenal dengan industrinya, Meksiko ternyata masih memiliki cerita buruk di bidang kebersihan. Polusi udara di Meksiko tidak bisa diabaikan karena telah menjadi salah satu problem serius di negara ini. Letak Meksiko yang dikelilingi gunung membuat gas buangan sebagai hasil samping aktivitas industri menjadi ‘terkurung’ di wilayah negara ini dan mengganggu kehidupan penduduknya. (Baca Juga : Sungai yang Terdapat di Papua )

13. Haiti

Tidak hanya terkenal karena isu kekejaman dan korupsi, ternyata Haiti juga terkenal karena banyaknya sampah yang belum terkelola dengan baik. Negara yang terletak di Kepulauan Karibia ini masuk menjadi salah satu dari 25 Negara Terkotor di Dunia. Selain memiliki problem pada pengolahan sampah, Haiti juga memiliki masalah pada ketersediaan air bersih yang cukup langka untuk ditemukan. (Baca Juga : Daftar Sungai di Sumatera)

12. Madagaskar

Madagaskar masuk ke dalam daftar 25 Negara Terkotor di Dunia. Madagaskar memiliki tingkat polusi udara yang tinggi hingga mencemari air dan tanah. Akibatnya, banyak penduduk negara ini yang harus bertahan hidup dengan memanfaatkan air kotor yang tak layak untuk dikonsumsi. (Baca Juga : Sungai Terpanjang di Jepang )

11. Azerbaijan

Seperti halnya negara-negara pecahan Uni Soviet kebanyakan, Azerbaijan juga mengalami masalah lingkungan berubah minimnya sumber daya alam, termasuk air bersih. Kelangkaan air bersih ini diperparah dengan kontaminasi sumber air yang ada dengan debu dan polusi udara dari aktivitas industri.

Baca Juga :

10. Bahrain

Negara Paling Kotor di Dunia selanjutnya adalah Bahrain. Sebagai salah satu negara yang perekonomiannya bergantung pada industri pertambangan minyak, Bahrain tentu harus menanggung hasil samping dari industri ini berupa emisi gas dan limbah, baik limbah padat maupun cair. Banyaknya industri minyak di negara ini membuat udara di Bahrain menjadi sangat kotor dan membahayakan paru-paru. (Baca Juga : Tanah Longsor)

9. India

India merupakan negara berkembang yang sedang berusaha membangun perekonomiannya. Akibatnya, industri berskala besar, kecil, dan menengah (baca: Klasifikasi Industri) banyak didirikan di wilayah negara ini. Tidak hanya menimbun sampah, industri yang menggeliat pesat di India juga memberikan sumbangan limbah yang sangat besar untuk lingkungan. (Baca: Macam-macam Limbah Pertanian)

8. Uni Emirat Arab (UEA)

Arab terkenal dengan kekayaan hasil tambang minyak buminya yang diekspor ke seluruh dunia. Namun, sebagaimana Bahrain yang harus menanggung polusi udara gara-gara industri pertambangan minyak, Negara Arab ternyata mengalami masalah yang sama. (Baca: Penyebab Polusi Udara) Kini pemerintah Arab sedang gencar melakukan gerakan penyelamatan lingkungan agar isu lingkungan berupa polusi udara ini dapat ditekan.

7. Mongolia

Negara Mongolia terletak di Asia Timur dan berbatasan dengan Rusia di bagian Utara ini harus mengalami musim dingin yang ekstrem setiap tahunnya. Letaknya yang berada di sekitar Garis Lintang Utara Bumi membuat Mongolia harus mengalami musim dingin yang mencekam hingga minus puluhan derajat Celcius. Akibatnya, para penduduk harus memanfaatkan bahan bakar alam sebagai penghangat. Pemanfaatan bahan bakar ini ternyata memberikan dampak pencemaran lingkungan yang besar, terutama terkait dengan polusi udara. (Baca: Sumber Polusi Air)

6. Mesir

Negeri Cleopatra, Mesir, masuk menjadi salah satu dari 25 Negara Terkotor di Dunia. Kotornya kondisi lingkungan di Mesir terutama disebabkan karena banyaknya debit kendaraan yang beroperasi setiap harinya. Bahkan saking kotornya, ibukota Mesir yaitu Cairo diketahui memiliki kadar polusi 20 kali lebih tinggi dari batas aman untuk kehidupan manusia. (Baca Juga : Kerusakan Tanah )

5. Iran

Kondisi area urban di negara Iran dapat dibilang sangat buruk jika dilihat dari segi kebersihan lingkungan. Penduduk Iran yang memiliki kendaraan rata-rata menggunakan bahan bakar berkualitas standar hingga menyebabkan banyaknya gas buangan pencemar lingkungan. Tak hanya itu, diperkirakan jumlah sampah yang dihasilkan oleh penduduk Iran adalah 50.000 ton setiap harinya.

Baca juga:

Sponsors Link

4. Bangladesh

Bangladesh merupakan negara berkembang yang memiliki banyak penduduk. Jumlah penduduk yang besar di negara ini tak sebanding dengan fasilitas kebersihan yang tersedia. Salah satu isu lingkungan yang paling serius di Bangladesh adalah kontaminasi air tanah oleh zat pencemar seperti logam berat yang membahayakan kesehatan dan lingkungan. (Baca: Unsur-Unsur Lingkungan)

3. Afghanistan

Sejak Amerika Serikat mendeklarasikan perang dengan Afghanistan, negara ini harus mengalami masa-masa sulit yang panjang. Tidak hanya pernah menerima limbah nuklir, penduduk Afghanistan juga menumpuk sampah di berbagai area publik. Di ibukota Afghanistan, Kabul, limbah rumah tangga yang bercampur dengan limbah rumah sakit tak dibuang dengan layak. Afganistan menjadi salah satu dari daftar 25 negara terkotor di dunia. (Baca: Negara Termaju di Dunia)

2. Qatar

Air, udara dan tanah di Qatar tidak ada yang luput dari kontaminasi bahan pencemar. Negara yang menggantungkan perekonomian pada industri pertambangan dan pengolahan minyak ini mengalami problem lingkungan yang serius akibat pembuangan limbah. (Baca: Macam-Macam Limbah Pertanian) Tanah di Qatar banyak yang telah tercemar dengan zat pestisida dan fertilizer hingga berbahaya bagi kesehatan manusia. (Baca: Potensi Sumber Daya Manusia)

1. Pakistan

Populasi penduduk di Pakistan tidak kurang dari 180 juta orang. Dengan jumlah penduduk yang demikian besar, negara Pakistan harus menghadapi isu pencemaran lingkungan yang tak main-main. Hanya ada satu sungai yang digunakan sebagai sumber air bersih terbesar yaitu Sungai Indus. (Baca: Jenis Sungai) Namun, air Sungai Indus tersebut telah dicemari dengan bahan-bahan pencemar lingkungan seperti fertilizer yang digunakan dalam industri agraris. (Baca: Manfaat Air Tanah) Masalah polusi di Pakistan tidak hanya terkait dengan pencemaran udara, tanah dan air, melainkan juga pencemaran suara yang membuat lingkungan menjadi sangat bising dan tak nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga :

Demikian daftar dari 25 negara paling kotor di dunia. Masalah kebersihan lingkungan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap manusia. Ingat, kebersihan pangkal kesehatan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 07:29 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial