50 Negara Islam Terbesar di Dunia (#Paling Lengkap)


Islam merupakan agama yang memiliki jumlah penganut yang terbesar di dunia setelah agama Kristen. Agama Islam yang mempercayai Allah SWT dan mengakui kerasulan Nabi Muhammad SAW ini telah berkembang di dunia sejak tahun 611 Masehi. Islam secara harfiah berarti “penyerahan diri”. Agama ini berkembang pesat dan dianut oleh sebagian besar penduduk di Timur Tengah, Afrika Barat dan Utara, juga di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun, pernahkah muncul pertanyaan dalam benak Anda terkait negara mana saja yang memiliki penduduk beragama Islam terbesar di dunia?

Baca juga:

Negara Islam Terbesar di Dunia

Berikut ini telah dirangkumkan tentang 50 negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia yang perlu diketahui.

50. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah merupakan negara di pedalaman Benua Afrika yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4,9 juta jiwa. Jumlah warga negara Islam di Republik Afrika Tengah cukup besar yaitu sekitar 55% dari seluruh penduduknya.

49. Pantai Gading

Pantai Gading atau Ivory Coast merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Negara ini beribukota di Yamoussoukro memiliki jumlah penduduk sekitar 22,7 juta jiwa. Penduduk yang beragama Islam sekitar 55%.

48. Sierra Leone

Negara yang terletak di pesisir Samudera Atlantik ini memiliki penduduk sekitar 6,4 juta jiwa. Penduduk yang menganut agama Islam sekitar 65%. Sierra Leone beribukota di Freetown.

47. Lebanon

Lebanon merupakan negara di Timur Tengah yang beribukota di Beirut. Negara ini memiliki penduduk sekitar 5,8 juta jiwa, dengan penganut Islam sebesar 57%.

46. Tanzania

Tanzania adalah negara yang terletak di Afrika bagian Timur. Negara ini beribukota di Dodoma dan memiliki penduduk beragama Islam sebesar 65% dari 53 juta jiwa.

45. Albania

Negara di Eropa bagian Tenggara yang beribukota di Tirana ini memiliki penduduk sekitar 2,8 juta. Dari seluruh penduduk Albania tersebut yang menganut agama Islam sekitar 75%.

Baca Juga :

44. Togo

Negara Togo yang beribu kota di Lome ini memiliki penduduk sekitar 7,3 jiwa dengan penganut agama Islam sebesar 55%.

43. Kamerun

Kamerun adalah negara republik kesatuan di Afrika Tengah. Negara ini memiliki penduduk sekitar 23 juta jiwa dengan penganut agama Islam sebesar 55%.

42. Guinea Bissau

Guinea Bissau merupakan negara yang terletak di Benua Afrika. Negara ini memiliki ibukota di Bissau. Penduduk Guinea Bissau berjumlah sekitar 1,8 juta jiwa dengan penganut Islam sekitar 70%.

41. Ethiopia

Ethiopia merupakan negara yang terletak di Benua Afrika dengan ibukota Addis Ababa. Negara ini memiliki penganut agama Islam sebesar 65%,dari sekitar 99 juta jiwa penduduknya.

Baca juga:

40. Chad

Negara Chad beribukota di N’Djamena dan berada di Benua Afrika bagian Tengah. Negara Chad memiliki penduduk sekitar 14,04 juta jiwa dengan penganut Islam sebanyak 85%.

39. Nigeria

Nigeria adalah negara di Afrika Barat yang beribu kota di Abuja. Negara ini merupakan salah satu negara dengan penduduk Islam terbesar yaitu 91% dari 4,5 juta jiwa.


38. Niger

Republik Niger merupakan negara di Afrika Barat yang terkurung oleh daratan. Negara ini berpenduduk sekitar 19,9 juta jiwa. Penganut agama Islamnya adalah sekitar 91%.

37. Mali

Mali adalah negara bekas jajahan Perancis yang beribu kota di Bamako. Negara ini memiliki penduduk sekitar 6 juta jiwa yang 90 persennya adalah Muslim.

36. Gambia

Negara Islam Terbesar di Dunia selanjutnya adalah gambia. Gambia adalah salah satu negara paling kecil di daratan Afrika. Negara Gambia memiliki penduduk sekitar 0,4 juta jiwa dengan penganut Islam sebesar 85%. Gambia memiliki ibukota di Banjul.

35. Yordania

Negara kerajaan yang terletak di tepi Barat Sungai Yordan ini beribu kota di Amman. Negara ini memiliki penduduk sekitar 3 juta jiwa dengan penganut Islam sebanyak 95%.

Baca Juga :

34. Malaysia

Malaysia adalah negara federasi di Asia Tenggara yang beribu kota di Kuala Lumpur. Malaysia memiliki penduduk sekitar 30 juta jiwa. Penganut Islam di Malaysia sekitar 52%.

33. Senegal

Senegal terletak di Afrika Barat. Negara yang beribukota di Dakkar ini memiliki penduduk sekitar 14 juta jiwa dengan penganut Islam sebesar 95%.

32. Sudan

Negara Sudan memiliki ibukota di Khartoum. Negara ini memiliki penduduk dengan jumlah sekitar 36 juta jiwa. Penganut Islam di Sudan diketahui sebanyak 85% dari total penduduknya.

31. Suriah

Suriah terletak di Timur Tengah dengan ibukota Damaskus. Negara Suriah berpenduduk sekitar 18,5 juta jiwa dengan total penduduk Muslim sekitar 87%.

30. Tunisia

Tunisia beribukota di Tunis dan berpenduduk sekitar 11 juta jiwa. Penduduk Tunisia yang menganut agama Islam adalah sebesar 95%.

29. Kuwait

Kuwait adalah negara di Timur Tengah yang beribukota di Kuwait City. Penduduk Kuwait adalah sekitar 3,8 juta jiwa.

28. Yaman Selatan

Yaman Selatan yang memiliki nama resmi Republik Demokratik Rakyat Yaman ini beribukota di Aden. Yaman Selatan memiliki penduduk sekitar 2,5 juta jiwa dengan penganut Muslim sebesar 95%.

27. Guinea

Guinea adalah negara yang terletak di Afrika Barat. Negara ini memiliki ibukota di Conakry dengan penduduk sekitar 12,6 juta jiwa dengan penduduk beragama Islam sebesar 95%.

Baca Juga :

26. Thailand

Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki ibukota di Bangkok. Penduduk Thailand sebesar

25. China

China beribu kota di Beijing. Pemeluk agama Islam di China hanya sekitar 1-2 persen dari jumlah penduduknya. Namun hal tersebut tetap saja tergolong besar karena jumlah total penduduk di Negara ini adalah sekitar 1,31 miliar orang.

24. India

Negara Islam Terbesar di Dunia selanjutnya adalah china. Jumlah penduduk di India adalah sekitar 1,3 miliar. Pemeluk agama Islam di India adalah sekitar 14 persen dari total keseluruhan penduduknya.

23. Oman

Negara Oman beribu kota di Muskat. Jumlah penduduk Negara ini adalah sekitar 4,5 juta jiwa. Dari total keseluruhan penduduk Oman, lebih dari 95 persennya memeluk agama Islam. (baca: ruang lingkup manajemen sumber daya manusia)

22. Qatar

Negara Qatar yang beribu kota di Doha ini memiliki jumlah penduduk sekitar 2,2 juta jiwa. Dari sekian banyak penduduk Qatar, sekitar 90 persennya memeluk agama Islam.

21. Bosnia Herzegovina

Negara Bosnia Herzegovina beribu kota di Sarajevo. Jumlah penduduknya adalah sekitar 3,81 juta jiwa dengan 50 persennya adalah Muslim.

20. Irak

Negara Irak yang beribu kota di Bagdad ini memiliki jumlah penduduk sekitar 26 juta jiwa. Dari keseluruhan penduduk Irak tersebut, 98 persennya beragama Islam.

Baca juga:

19. Iran

Iran merupakan Negara dengan jumlah penduduk sekitar 79 juta jiwa. Dari penduduk sebanyak itu, 98 persennya memeluk agama Islam.

18. Palestina

Palestina beribukota di Yerusalem Timur. Jumlah penduduk Palestina adalah sekitar 4,55 juta jiwa, dengan sekitar 99 persennya memeluk agama Islam.

17. Yaman

Ibukota Negara Yaman adalah Sana’a. Jumlah penduduk Yaman adalah sekitar 27 juta jiwa dan hampir semuanya memeluk agama Islam.

16. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab beribukota di Abu Dhabi dengan jumlah penduduk sekitar 9 juta jiwa dan hampir seluruhnya adalah Muslim.

15. Lebanon

Lebanon beribukota di Beirut. Negara Lebanon memiliki penduduk bergama Islam dengan jumlah sekitar 59 persen dari sekitar 5,8 juta jiwa penduduknya. (baca: manfaat sensus penduduk)

14. Yordania

Yordania berpenduduk sekitar 7,6 juta jiwa yang mayoritas memeluk agama Islam.

13. Maldives

Maldives atau Kepulauan Maladewa beribukota di Male. Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 406 ribu jiwa dan seluruhnya memeluk agama Islam.

12. Bangladesh

Negara Bangladesh beribukota di Dhaka. Jumlah total penduduknya adalah sekitar 161 juta jiwa dan mayoritas memeluk agama Islam.

11. Singapura

Negara Islam Terbesar di Dunia selanjutnya adalah singapura. Jumlah penduduk Singapura adalah sekitar 5,5 juta jiwa dengan pemeluk agama Islam sebesar 15 persen.

10. Arab Saudi

Arab Saudi beribu kota di Riyadh. Jumlah total penduduk Arab Saudi adalah sekitar 28 juta penduduk, dan keseluruhan penduduknya memeluk agama Islam.

9. Jerman

Jerman beribu kota di Berlin. Total penduduk Negara Jerman adalah 81,41 juta jiwa. Dari sekian banyak penduduk Jerman, Islam menjadi agama terbesar kedua yang dipeluk oleh penduduk Negara ini.

8. Spanyol

Spanyol yang beribu kota di Madrid ini memiliki sekitar 46 juta penduduk. Penduduk Spanyol yang beragama Islam adalah sekitar 2,3 persen dari total keseluruhan penduduk.

Baca Juga :

7. Rusia

Rusia beribu kota di Moskow. Jumlah penduduk Rusia adalah sekitar 144 juta jiwa. Pada masa kini, pertambahan jumlah penduduk Rusia yang menganut agama Islam menjadi semakin pesat.

6. Inggris

Inggris beribukota di London dan memiliki jumlah penduduk sekitar 53 juta jiwa.

5. Filipina

Filipina memiliki ibukota di Manila. Jumlah penduduk Filipina sekitar 107 juta jiwa dan banyak diantaranya yang memeluk agama Islam.

4. Suriname

Suriname memiliki penduduk sekitar 429 ribu jiwa. Dahulu, jumlah pemeluk Islam di Suriname cukup banyak yaitu sekitar 50 persen. Namun, karena kini banyak berkembang aliran garis keras, maka jumlah penduduk Suriname yang memeluk agama Islam tinggal sekitar 30 persen.

3. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam beribukota di Bandar Seri Begawan. Jumlah penduduknya pada tahun 2015 adalah sekitar 432 ribu jiwa, dengan 67 persennya memeluk agama Islam.

2. Malaysia

Negara Malaysia yang merupakan tetangga dekat dari Indonesia memiliki penduduk sekitar 30 juta jiwa. Dari sekian banyak penduduk Malaysia tersebut, sekitar 61 persennya memeluk agama Islam.

1. Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Dari sekitar 528 juta jiwa penduduk Indonesia, sekitar 87 persennya memeluk agama Islam.

Baca juga:

Demikianlah daftar dari 50 Negara Islam Terbesar di Dunia yang perlu untuk diketahui. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan pengetahuan untuk Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, August 2017 / 05:18 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial