Karakterisik Negara Maju beserta Negara Maju di Dunia


Barangkali melihat kehidupan manusia di muka bumi (baca: bentuk permukaan bumi) yang berdampingan antara satu dengan lainnya, kita akan merasakan betapa manusia adalah makhluk sosial yang sangat membutuhkan kehadiran manusia lainnya untuk dapat melanjutkan hidup. Manusia memang dijuluki sebagai makhluk sosial hal ini karena manusia tidak dapat bertahan seorang diri tanpa adanya manusia lainnya. Kehidupan sosial sangat diperlukan oleh manusia untuk mengembangkan dirinya dan membuktikan bahwa diri mereka ada. Dengan demikian manusia bisa melakukan berbagai macam tindakan- tindakan yang bersifat umum. Hidup bersosialisasi juga sangat baik untuk melatih kejiwaan manusia.

Selain akan menumbuhkan sikap peduli antar sesama, ternyata hidup bermasyarakat juga bisa memberikan rasa damai dan juga rasa aman. Dengan demikian, hidup berkelompok di suatu masyarakat akan memberikan berbagai pengalaman sehingga memunculkan rasa aman dan nyaman. Tidak hanya manusia saja yang bisa hidup berkelompok, namun kita juga menjumpai pada binatang dan juga tumbuh- tumbuhan yang ada di permukaan planet bumi. Bahkan, satu kesatuan seperti kelompok atau suatu  negara juga merasakan hidup berkelompok. Meskipun pada intinya yang hidup berkelompok itu adalah manusia yakni rakyat dan penghuni negara tersebut, namun kita dapat memandang dari konteks umum bahwa suatu negara juga bisa hidup berkelompok antara satu dengan yang lainnya.

Berbicara mengenai kehidupan bermasyakat, pastilah kita menemukan berbagai macam perbedaan antara satu orang dengan orang yang lainnya. Perbedaan ini bisa dilihat dari macam- macam, seperti dari status sosial, barang dipakai sehari- hari, pekerjaan, karir dan lainsebagainya. Pastilah di suatu masyarakat ada yang mempunyai keadaan yang lebih ada pula mempunyai keadaan yang kurang. Hal inipun tidak berbeda dengan negara. Dalam hidup berbegara, kita menemukan bahwa ada negara yang nyatanya lebih maju deraipada negara lain seperti negara berkembang dan negara yang terbelakang. Maka dari itulah kita sering mendengar pendapat mengenai negara maju, negara berkembang dan juga negara yang terbelakang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu dari penggolongan negara tersebut, yakni negara maju.

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah negara yang diukur dari kesejahteraan masyarakatnya. Lalu, apakah hanya dari kesejahteraan masyarakatnya saja? tentu saja tidak. Negara maju yang biasa kita kenal adalah negara yang tidak hanya masyarakatnya saja yang sejahtera, namun juga berbagai macam fasilitas canggih dan modern akan kita dapatkan di sana. Selain itu, negara maju juga dikenal sebagai negara tujuan bagi banyak orang baik untuk tempat tinggal maupun untuk berlibur. Banyak negara- negara maju di dunia ini yang merupakan negara idaman semua orang. Negara- negara maju tersebar di semua benua yang ada di dunia. Karena sering disebut- sebut dan juga sangat terkenal, maka alangkah baiknya apabila kita mengenal arti dari negara maju itu sendiri. Ya, negara maju merupakan negara yang memiliki standar hidup yang tinggi, teknologi modern dan juga ekonomi yang merata.

Karekteristik Negara Maju

Suatu negara di dunia ini digolongkan ke dalam golongan- golongan tertentu. salah satu golongan yang memisahkan negara adalah berdasar pada kondisi negara tersebut. Dalam hal ini negara dogolongkan ke dalam negara maju, negara berkembang dan negara tertinggal. Suatu negara digolongkan ke dalam negara maju, negara berkembang dan  juga negara terbelakang apabila telah memenuhi beberapa karakteristik tertentu. Karakteristik negara maju terdiri dari beberapa hal yang menjadi syarat harus dimilikinya oleh suatu negara. Beberapa karakteristik dari negara maju antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor industri dan sektor jasa

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh negara maju bisa dilihat dari mata pencaharian sebagian besar masyarakatnya atau penduduknya. Negara maju tidak seperti negara berkembang yang mempunyai sebagian besar penduduk yang bekerja di bidang pertanian atau ekstraktif. Negara maju mempunyai sebagian besar penduduk yang bekerja di bidang industri. Industri sebagai sektor pengolahan memang merupakan sektor yang sangat penting bagi manusia. Hampir semua benda yang ada di sekitar manusia yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari diperoleh dari sektor industri pengolahan, mulai dari alat transportasi, furniture, mebel, peralatan dapur, fashion hingga makanan, semua melewati proses industrialisasi.


Maka dari itulah keberadaan sektor indistri menjadi sangat penting. Sektor- sektor industri tidak hanya industri yang berskala besar saja, namun bisa juga sektor industri yang berskala menengah dan juga skala kecil atau indutri rumah tangga. Hasil industri yang ada di negara maju ini selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di dalam negeri, sebagian juga di ekspor dalam aktivitas perdagangan. Produk- produk perdagangan yang dihasilkan oleh negara maju sebagian besar adalah produk industri pengolahan.

Selain sektor industri, sebagian penduduk dari negara maju juga bekerja di sektor jasa. Sektor jasa adalah sektor yang mengandalkan tenaga atau pikiran manusia. Beberapa contoh sektor jasa antara lain bidang komunikasi, bidang transportasi, bidang persewaan, dan lain sebagainya.

  1. Sektor pertanian menjadi sektor usaha sampingan

Banyak sektor perekonomian di dunia yang dilakukan oleh berbagai negara. Jika negara maju mempunyai mayoritas penduduk yang bekerja di sektor industri dan juga jasa, maka bagaimana di sektor pertanian atau ekstraktif di negara maju? Meskipun mayoritas penduduk bekerja di sektor industri dan jasa, namun ada pula penduduk yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan bidang ekstraktif lainnya. Namun sektor pertanian dan juga ekstraktif ini hanya dilakukan oleh sebagian penduduk saja dan bukan merupakan sektor perekonomian yang utama, melainkan hanya sampingan. Sebagai sektor perekonomian sampingan, maka produksi pertanian yang dihasilkan negara maju tidaklah banyak, dan mungkin tidak sebanyak negara berkembang yang menjadikannya sektor utama. Meskipun hanya sektor sampingan, namun pertanian- pertanian yang ada di negara maju ini diolah dengan cara- cara modern dan dengan bantuan alat- alat pertanian yang canggih. Dengan demikian proses pengolahan pertaniannya pun menjadi lebih efektif dan efisien daripada yang menggunakan cara- cara tradisional.

  1. Mempunyai pendapatan per kapita yang tinggi

Salah satu ciri atau karakteristik dari negara maju yang dapat diukur dengan jumlah uang adalah bahwa negara maju memiliki jumlah pendapatan per kapita yang tinggi. pendapatan per kapita sendiri merupakan rata- rata pendapatan suatu negara. Untuk menghitung pendapatan per kapita kita bisa mendapatkannya dengan membagi jumlah pendapatan nasional suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut. Golongan pendapatan per kapita tinggi pastilah memiliki batasan tertetu. Negara maju sebagian besar penduduknya memiliki pendapatan per kapita yakni di atas US$ 20.000. hampir semua negara maju yang ada di dunia pun memiliki pendapatan per kapita lebih dari US$ 20.000. dengan jumlah yang demikian maka sebagian besar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan angka kemiskinan di negara maju pun tergolong sedikit. masyarakat negara maju bila diukur secara ekonomi, maka mempunyai tingkat kesejahteraan yang baik.

  1. Mempunyai pertumbuhan penduduk yang sangat rendah

Petumbuhan penduduk merupakan hal yang penting bagi suatu negara. Bagaimana tidak, jumlah penduduk merupakan hal yang sangat menentukan bagi suatu negara untuk dapat memenuhi kebutuhan semua penduduknya atau tidak. Mengapa pemerintah sangat mengontrol petumbuhan penduduk, tentu saja hal ini akan berpengaruh pada perekonomian suatu negara. Di negara berkembang, pertumbuhan penduduk tergolong tinggi hingga sangat tinggi. Dengan angka pertumbuhan yang tinggi maka penduduk suatu negara dapat bertambah dengan cepat. Hal ini membuat kebutuhan ekonomi suatu negara menjadi bertambah. Dan negara harus bekeirja keras untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Namun yang terjadi di negara maju adalah pertumbuhan penduduknya sangat rendah. Rata- rata negara maju mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk kurang dari 1% per tahunnya. Dengan jumlah demikian maka jumlah penduduk yang ada di negara maju tidak mengalami peningkatan yang berarti. Penduduk di negara maju mempunyai gaya hidup yang berbeda dengan negara berkembang. Penduduk negara maju mempunyai kebiasaan bekerja yang tinggi. Selain itu gaya hidup modern yang dianut oleh masyarakat negara maju mengajarkan pada manusia untuk cenderung bersifat hedonisme. Maka dari itulah urusan penambahan anggota keluarga atau keturunan ini bukan menjadi prioritas yang berarti. Dengan pertumbuhan penduduk yang kecil maka kebutuhan yang harus dipenuhi pun tidak bertambah dengan pesat.

  1. Sebagian besar penduduknya tinggal di perkotaan

Karakteristik negara maju, selain dilihat dari gaya hidup yang dimilikinya, juga dilihat dari tempat tinggal penduduknya. Terlihat bahwa di negara maju mayoritas penduduknya tinggal di perkotaan, atau sebagian besar wilayah negara maju tersebut memanglah berupa perkotaan. Di negara maju, pembangunan terasa lebih menyeluruh dan lebih merata daripada di negara berkembang, dengan demikian banyak wilayah- wilayah di negara maju yang telah terjamah teknologi dan sentuhan kemodernan zaman. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan masyarakatnya dimana masyarakat sudah tidak gaptek lagi dan mempunyai gaya hidup yang modern. Di negara maju, pedesaan bukanlah tempat idaman untuk hunian. Hal ini karena masyarakat negara maju banyak yang hidup dengan gaya hidup modern yang serba instan dan canggih. Selain itu tidak sedikit dari masyarakat negara maju yang seorang workaholic atau yang sangat ambisius dengan pakerjaan, sehingga mereka harus berada di tempat- tempat yang mempermudah pekerjaan mereka.

  1. Penduduknya mempunyai pendidikan yang tinggi

Selain kekayaan, ada poin lain yang dianggap sangat penting yakni persoalan pendidikan. Bahkan bagi sebagain orang pendidikan jauh lebih penting daripada kekayaan yang berupa harta. Sebab bagi sebagian orang ilmu jauh lebih bermanfaat daripada materi. Jika kekayaan mudah dan sangat cepat habis, maka tidak dengan ilmu. Ilmu akan membuat seseorang semakin kaya dan dari ilmu tersebut seseorang bisa mengubah nasib bahkan mengubah dunia. Penduduk negara maju sangat mengenal konsep ini, maka dari itulah pemerintah negara maju sangat menganjurkan penduduknya untuk bersekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi. penduduk negara maju sebagian besar atau bahkan semua anak mudanya dilatih dandibekali ilmu yang tinggi. Dengan pendidikan yang tinggi maka masyakat atau penduduk di negara maju akan menjadi bibit- bibit unggul dari sumber daya manusia yang berkualitas, dan hal inilah yang menjadi aset yang sangat berharga bagi negara tersebut. Dengan mempunyai banyak sumber daya manusia yang berkualitas maka negara tersebut akan memiliki banyak ahli yang akan membantu dalam pembangunan negeri. Hal ini akan sangat bermanfaat dan negara tersebut akan disegani oleh negara- negara lain.

  1. Mempunyai tingkat kemiskinan yang rendah

Sejahtera atau tidaknya suatu rakyat yang ada di suatu negara, pastilah dihubungkan dengan angka kemiskinan. Apabila angka kemiskinan di suatu negara adalah tinggi maka dapat diambil kesimpulan bahwa negara tersebut tidak sejahtera dan hidup susah. Memang angka kemiskinan adalah alat yang paling penting untuk melihat bahwa rakyat suatu negara tersebut sejahtera atau tidak. Nah salah satu permasalahan yang banyak ditemui oleh penghuni- penghuni negara berkembang adalah tetang kemiskinan. Di negara berkembang, angka kemiskinan bisa dikatakan tinggi hingga sangat tinggi. Sebaliknya, di negara maju angka kemiskinan tergolong rendah. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan mengapa angka kemiskinan di negara maju ini bisa tergolong rendah diantaranya adalah tingkat pendapatan nasional yang tinggi dan pertumbuhan penduduk yang rendah. Dengan angka kemiskinan yang rendah maka kesejahteraan masyarakat juga bertambah. Dan inilah kondisi yang kita lihat di negara maju.

  1. Memiliki angka kelahiran rendah

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa tingkat pertumbuhan penduduk di negara maju adalah pertumbuhan penduduk yang rendah. Pertumbuhan penduduk bisa dilihat dari beberapa faktor, seperti angka kelahiran dan juga tingkat imigrasi. Nah, angka kelahiran atau natalitas yang rendah akan mendukung pertumbuhan penduduk yang rendah pula. Dan angka kelahiran yang rendah inilah yang dimiliki oleh negara maju. Kabanyakan penduduk negara maju lebih sibuk mengurusi urusan pekerjaan daripada berencana untuk membuat anak baru, maka dari itulah angka kelahiran yang terbentuk juga rendah.

  1. Memiliki angka kematian rendah

Selain mempunyai angka kelahiran yang rendah, negara maju juga mempunyai angka kematian yang rendah. Hal ini mencerminkan bahwa kulaitas hidup masyakat negara maju tergolong baik, baik dari sisi kesehatan maupun sisi kebahagiaan. Dengan demikian tingkat harapan hidup masyarakat di negara maju adalah tinggi.

  1. Memiliki kualitas sumber daya yang tinggi

Negara maju merupakan negara yang berkualitas dari berbagai sisi. Negara yang berkualitas mempunyai banyak keunggulan dan salah satu keunggulan tersebut terletak pada sumber daya manusianya. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa penduduk di negara maju merupakan masyarakat yang sadar akan pendidikan sehingga hal ini mempengaruhi outputnya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas unggul. Banyak lembaga pendidikan di negara maju yang dijadikan kiblat pendidikan dunia, dan lulusannya sudah pasti akan menjadi orang- orang penting baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Penduduk negara maju apabila pindah ke negara lain sebagai tenaga kerja maka akan menduduki jabatan yang tinggi, berbeda dengan penduduk dari negara berkembang yang hanya menempati kelas- kelas bawah.

Nah itulah beberapa karakteristik yang dimiliki  oleh negara maju, kita juga bisa menyebutnya sebagai ciri- ciri yang dimiliki oleh negara maju. Karakteristik negara maju ini biasa dimiliki oleh negara- negara yang terkenal dan dikenal sebagai negara maju. Ada banyak negara maju yang ada di dunia ini, bahkan setiap benua di dunia mempunyai negara majunya masing- masing, dan negara- negara maju ini akan kita bahas satu per satu.

Negara- negara Maju di Dunia

Hidup di negara maju memanglah menjadi idaman banyak orang, tak terkecuali penduduk negara berkembang. Negara- negara maju memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapapun sehingga ingin menjadi bagian darinya. Ada banyak negara maju yang ada di dunia ini. Negara- negara maju yang ada di dunia menurut IMF dan CIA World Factbook adalah sebagai berikut:

  1. Amerika Serikat
  2. Andora
  3. Australia
  4. Austria
  5. Belgia
  6. Belanda
  7. Brunei Darussalam
  8. Denmark
  9. Finlandia
  10. Hongaria
  11. Italia
  12. Irlandia
  13. Islandia
  14. Inggris
  15. Israel
  16. Jerman
  17. Jepang
  18. Kanada
  19. Kuwait
  20. Korea Selatan
  21. Luxemburg
  22. Liechtenstein
  23. Monako
  24. Norwegia
  25. Portugal
  26. Perancis
  27. Qatar
  28. Selandia Baru
  29. Spanyol
  30. Singapura
  31. Swedia
  32. Swiss
  33. San Marino
  34. Uni Emirat Arab
  35. Yunani

Bah itulah nama- nama negara di dunia yang digologkan negara maju. Negara- negara maju tersebut tersebar di seluruh dunia dengan keunikan dan kecanggihannya masing- masing. Beberapa negara maju akan kita bahas lebih lanjut. Negara- negara yang akan kita bahas adalah negara yang termasuk ke dalam negara paling maju di dunia.

  • Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang maju di dunia. Norwegia merupakan negara maju yang memiliki tingkat pengangguran rendah. Selain itu angka harapan hidup di negara ini tergolong tinggi. angka harapan hidup yang dimiliki oleh Norwegia mencapai 80 tahun.

  • Australia

Apabila Norwegia memiliki angka harapan hidup yang tinggi, maka lain halnya dengan Australia. Negara ini memiliki kualitas hidup yang sangat bagi masyarakatnya. Bahkan Australia menduduki peringkat tertinggi dalam hal kualitas hidup masyarakatnya. Jumlah GDP atau Gross Domestic Bruto yang dimiliki oleh negara ini pun tergolong tinggi, yakni hingga mencapai lebih dari US$ 900.000 Milyar dengan pendapatan per kapita di atas US$40.000.


  • Belanda

Ada yang istimewa dengan negara Belanda. Belanda merupakan negara yang sangat mementingkan pendidikan. Institusi- institusi pendidikannya kerap kali dijadikan sebagai kibal pendidikan dunia. Selain itu penduduk Belanda juga dikenal dengan orang yang memiliki tingkat kebahagiaan tinggi. bahkan Belanda pun menjadi juara sebagai negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi di dunia.

  • Amerika Serikat

Tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa disangkal bahwa nyatanya Amerika merupakan negara yang sangat maju, bahkan menjadi tolok ukur bagi perekonomia dunia. Dengan kekuatannya inilah maka Amerika Menduduki kursi dengan memimpin negara- negara yang lainnya.

  • New Zealand

Selanjutnya adalah negara New Zealand. Negara ini memiliki alam indah yang sangat agung. Banyak sekali tempat- tempat yang menarik untuk dijkunjungi. Negara ini bahkan memiliki GDP sebesar lebih dari US$ 150.000 dengan pendapatan per kapita sekitar US$ 35.000.

Nah itulah lima contoh negara yang merupakan negara termaju di dunia. Negara – negara lain di dunia masih banyak yang tergolong sebagai negara maju dengan keunikannya masing- masing dan juga budayanya masing- masing. Negara maju paling banyak terdapat di benua Eropa. Semoga artikel ii bermanfaat bagi pembaca.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 28th, July 2017 / 08:10 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial