Sponsors Link

7 Ciri- ciri Udara Bersih dan Sehat beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Bumi adalah tempat hidup bagi banyak sekali makhluk. Bumi merupakan planet yang ada di tata surya yang bersahabat dengan semua jenis makhluk. Hal ini karena ciri-ciri planet Bumi lah yang cocok untuk menjadi tempat tinggal bagi makhluk hidup.

Sponsors Link

Bumi memiliki banyak sekali komponen yang diperlukan oleh makhluk hidup. Komponen tersebut diantaranya adalah jenis- jenis air, udara, cahaya matahari (baca juga: bagian- bagian matahari) dan lain sebagainya. Komponen tersebut sangat penting dan dibutuhkan semua makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. Tanpa adanya komponen- komponen tersebut makhluk hidup akan sulit untuk bertahan hidup dan berkembang.

Udara sebagai Komponen Hidup

Salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup di Bumi adalah udara. Udara merupakan hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya udara, makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup lama, bahkan hanya beberapa menit saja. Hal ini karena udara yang ada di Bumi ini mengandung banyak gas- gas yang dibutuhkan, terutama untuk kepentingan bernafas, yakni gas Oksigen. Oleh karena Oksigen ini sangat dibutuhkan untuk bernafas, maka dari itulah udara ini dianggap sebagai komponen yang sangat dibutuhkan di setiap saat.

Berbicara mengenai udara, tidak sembarang udara bisa dikonsumsi oleh makhluk hidup. Makhluk hidup memerlukan keadaan udara yang bersih lagi sehat untuk memenuhi kebutuhannya sehari- hari, terutama untuk bernafas (baca: cara menjaga kelestarian udara). Banyak pihak yang membutuhkan keadaan udara yang bersih dan sehat ini terutama manusia. Manusia membutuhkan udara yang bersih untuk bernafas yang mana dihirup paru- paru. Ketika udara yang dihirup oleh manusia tidak dalam keadaan yang bersih, maka hal itu bisa membahayakan kesehatan paru- paru manusia tersebut.

Pengertian udara bersih

Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat bagi manusia. Udara yang bersih besar dari segala macam sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh manusia, baik itu berupa zat-zat atau partikel- pertikel padat seperti debu, kotoran, dan lainnya maupun berupa gas- gas yang tidak diperlukan karena sifatnya yang merugikan, seperti karbondioksida, karbonmonoksida, dan gas- gas yang berbahaya lainnya. Udara yang bersih dan sehat ini memiliki ciri khas khusus yang membedakannya dengan udara yang cenderung tidak baik atau cenderung tercemar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai udara yang bersih dan sehat, yang mana meliputi ciri- ciri udara tersebut.

Ciri- ciri Udara Bersih dan Sehat

Udara yang bersih lagi sehat berbeda dengan udara yang biasa kita hirup dalam suasana hiruk pikuk, seperti daerah perkotaan. Udara yang bersih dan sehat ini merupakan udara yang murni, sejuk, dan terasa segar apabila kita hirup dan masuk ke paru- paru kita.

Udara bersih merupakan udara yang murni dan belum tercampur dengan berbagai benda asing, baik dalam bentuk padat, cair, maupun gas, serta zat- zat lain yang bersifat merugikan.  Udara yang bersih dan sehat ini tentulah berbeda ciri-cirinya dengan udara yang tercemar atau kotor. Beberapa ciri ciri udara bersih dan sehat antara lain:

  1. Tidak berwarna

Ciri pertama dari udara bersih dan juga sehat adalah tidak mempunyai warna atau tidak berwarna. Udara yang bersih ini adalah udara yang murni. Udara yang murni merupakan udara yang tidak mempunyai warna, sehingga jika terdapat warna pada udara maka udara tersebut maka udara tersebut tidak baik atau tidak sehat. Udara yang mempunyai warna merupakan udara yang telah tercampur dengan gas- gas ataupun benda lainnya tertentu sehingga menimbulkan warna yang terasa asing dan merusak kemurnian udara.

Sponsors Link

  1. Tidak berbau

Ciri yang kedua yang dimiliki oleh udara adalah tidak berbau. Udara yang bersih merupakan udara yang terasa segar apabila kita hirup, dan tentu saja tidak berbau. Udara yang apabila kita cium akan berbau maka udara itu bukanlah udara yang yang murni. Udara yang berbau berarti udara yang telah tercampur dengan berbagai zat lain (umumnya yang berupa gas), maka udara yang berbau bukanlan udara yang murni lagi.

  1. Tidak berasa

Ciri selanjutnya dari udara adalah udara tidak mempunyai rasa. Udara yang murni adalah udara yang tidak mempunyai rasa apapun, sehingga apabila kita merasakan udara yang kita hirup mempunyai rasa, maka udara tersebut bukanlah udara yang murni lagi. Indikasi rasa pada udara ini dapat dirasakan melalui bau pada udara tersebut. Apabila udara yang kita hirup mempunyai bau tertentu, hal itu menandakan bahwa udara tersebut juga mempunyai rasa.

  1. Tidak tercampur dengan benda asing

Ciri yang paling umum untuk menyatakan sesuatu hal yang murni adalah tidak tercampur dengan benda- benda asing lainnya. Benda- benda asing ini adalah benda  yang dapat mempengaruhi kemurnian udara tersebut, baik itu gas, cairan, maupun benda padat lainnya. Campurnya udara dengan benda- benda yang bersifat lainnya ini menyebabkan udara menjadi tidak bersih dan juga tidak menyehatkan. Hal ini karena benda- benda yang tercampur di dalamnya ini terkadang mempunyai sifat yang membahayakan kesehatan.  Dan udara yang tercampur dengan benda- benda lainnya ini terkadang menimbulkan perubahan pada warna, bau dan rasa sehingga dapat kita ketahui, namun terkadang tidak menimbulkan apapun sehingga sulit untuk kita ketahui.

  1. Terasa segar apabila kita hirup

Udara yang bersih dan sehat merupakan udara yang terasa segar apabila kita hirup. Berbeda dengan udara yang yang telah tercemar yang apabila kita hirup maka akan menyesakkan dada. Udara bersih kesegarannya masih tetap terjaga hingga bisa menenangkan pikiran kita dan mengalirkan oksigen murni pada tubuh kita.

Sponsors Link

  1. Terasa sejuk

Udara yang bersih adalah udara yang terasa sejuk di badan. Berbeda dengan udara yang telah tercemar yang terasa panas di badan. Udara bersih dan sehat akan terasa sejuk apabila menyentuh permukaan kulit kita. Udara bersih biasanya kita temui di daerah- daerah yang memiliki banyak pepohonan, maka di daerah tersebut biasanya akan terasa sejuk.

  1. Dapat digunakan sebagai terapi kesehatan tubuh

Udara yang bersih dapat dimanfaatkan sebagai alat terapi kesehatan. Maka dari itulah udara yang bersih dan sehat ini mempunyai ciri dimanfaatkan sebagai bahan terapi untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh udara bersih untuk kesehatan tubuh adalah untuk menjaga ketenangan, menghalau ketegangan, meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh dan juga menambah energi.

Itulah beberapa ciri ciri udara bersih dan sehat. Udara yang bersih dan menyehatkan biasanya dapat kita temui di tempat- tempat yang mempunyai banyak pepohonan dan juga tumbuhan hijau (baca: manfaat hutan). Hal ini karena tumbuhan hijaulah yang berperan untuk mempuroduksi udara yang bersih ini. Udara yang bersih juga sarat dengan oksigen sehingga terasa segar di badan. Biasanya tempat yang masih mempunyai udara bersih adalah di area pedesaan. Area pedesaan adalah area yang masih ditumbuhi oleh banyak pepohonan dan juga jauh dari polusi udara seperti di perkotaan.

Maka dari itulah seringkali kita dapati bahwa orang- orang yang tinggal di pedesaan mempunyai badan yang segar dan sehat hingga masa tuanya, serta mempunyai umur yang lebih panjang. Hal ini salah satunya disebabkan karena udara yang dimiliki. Maka dari itulah kita sebagai manusia sebaiknya peduli akan lingkunga, salah satunya  dengan cara mencipkatakan area yang memiliki udara bersih. Kita bisa menanam pepohonan di lingkungan sekitar rumah kita sendiri sehingga akan terasa sejuk dan segar serta sebagai sumber udara bersih yang kita miliki sendiri.

Baca juga: ciri- ciri air yang tercemar, ciri-ciri sungai bagian hulu dan hilir, ciri-ciri akan terjadi tsunami, ciri-ciri hutan rawa gambut, ciri-ciri hutan mangrove

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 07:24 Oleh :
Kategori : Udara