Sponsors Link

Tanah Mergel : Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, dan Persebarannya

Advertisement

Ada banyak sekali hal yang telah diciptakan Tuhan di dunia ini. Salah satu ciptaan Tuhan adalah bentuk tata surya. Tata surya berisi planet (baca: ciri planet di tata surya), bintang, asteroid (baca: ciri-ciri asteroid) dan lain sebagainya, dan hal ini merupakan salah satu bentuk dari kuasa Tuhan. Salah satu dari anggota tata surya yang paling dekat dengan manusia adalah planet. Planet menjadi yang terdekat karena manusia dan bahkan makhluk hidup yang lainnya tinggal di sebuah planet. Dari beberapa planet yang ada di tata surya, manusia, binatang dan tumbuh- tumbuhan hidup di salah satu planet, yakni planet Bumi. Planet Bumi ini letaknya tidak terlalu jauh dari matahari (baca: bagian-bagian matahari) sehingga tetap mendapat sinar yang cukup yang menjadi salah satu alasan adanya kehidupan di planet Bumi.

Planet Bumi  merupakan planet yang paling sempurna diantara planet- planet yang lainnya. Planet Bumi adalah satu- satunya planet yang mendukung adanya kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. planet Bumi mempunyai elemen yang mendukung kehidupan makhluk hidup, seperti air yang cukup, udara yang mengandung oksigen untuk bernafas, hingga sinar matahari yang cukup. Dan selain elemen yang telah disebutkan di atas, masih ada elemen lain yang juga sangat penting keberadaannya. Elem yang dimaksud adalah tanah.

Fungsi Tanah

Sebagai salah satu jenis elemen yang ada di Bumi, keberadaan tanah pastilah mempunyai banyak sekali fungsi. Fungsi tanah tidak hanya dirasakan oleh manusia namun juga semua makhluk hidup yang meliputi bianatang dan tumbuh- tumbuhan. Adapan beberapa fungsi tanah yang dapat kita rasakan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penopang kehidupan makhluk hidup yang ada di daratan Bumi
  2. Bercocok tanam
  3. Tempat tinggal berbagai macam binatang tanah
  4. Membuat gerabah
  5. Menyimpan cadangan air
  6. Tempat bersemayam akar- akar pepohonan
  7. Penopang segala bangunan yang ada di Bumi, dsb

Itulah beberapa fungsi dari tanah yang dapat kita rasakan. Fungsi yang telah disebutkan hanya sedikit, selain yang telah disebutkan di atas masih banyak sekali fungsi dari tanah yang dapat kita rasakan baik yang kita sadari maupun tidak.

Jenis- jenis Tanah

Tanah sebagai salah satu bentuk elemen yang sangat dibutuhkan oleh makhuk hidup. Tanah merupakan tempat berpijak bagi semua makhluk hidup yang hidup di daratan Bumi. Oleh karena itulah tanaman hanya akan bertumbuh besar apabila diletakkan langsung di tanah. Sama halnya dengan air yang mempunyai jenis bermacam- macam, ternyata tanah juga mempunyai jenis yang berbeda- beda. Jenis tanah yang berbeda- beda ini salah satunya karena disebabkan oleh lokasi. Jenis- jenis tanah ini ada banyak. Beberapa jenis tanah yang dapat kita temukan antara lain adalah Tanah liatTanah humusTanah kapurTanah aluvialTanah podsolTanah andosolTanah entisolTanah grumusolTanah litosol, Tanah mergel, Tanah organosol, Tanah laterit dan lain sebagainya

Itulah beberapa macam jenis tanah yang dapat kita temui dalam kahidupan sehati- hari. dari beberapa jenis tanah tersebut ada satu tanah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Tanah yang akan dibahas dalam artikel ini adalah tanah litosol.

Pengertian Tanah Mergel

Dlam suatu kesempatan, membahas mengenai satu macam bidang sangatlah penting. Hal ini karena manusia membutuhkan banyak sekali ilmu pengetahuan yang nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Seperti pada kesempatan ini, kita akan membahas satu topik mengenai tanah mergel. Bagaimanapun juga membagikan pengetahuan mengenai tanah adalah sangat penting karena tanah merupakan elemen yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari- hari.

Tanah mergel juga dikenal sebagai tanah marbalit. Tanah mergel atau marbalit merupakan jenis tanah yang terbentuk oleh campuran batuan kapur pasir, dan juga tanah liat. Pembentukan dari tanah mergel ini sangatlah dipengaruhi oleh keberadaan curah hujan yang tidak merata di sepanjang tahunnya. Keberadaan tanah mergel atau marbalit ini sering kita temukan di daerah- daerah pegunungan atau di dataran- dataran rendah.

Karakteristik Tanah Mergel

sponsored links
Ada banyak sekali jenis tanah yang dapat kita temukan di Indonesia. Tanah- tanah ini mempunyai karakteristik tau ciri- cirinya masing- masing. Adapun perebadaan ciri atau karakteristik inilah yang akan menyebabkan terjadinya jenis- jenis tanah. Seperti jenis tanah pada umumnya, tanah mergel atau marbalit juga mempunyai beberapa karakteristik. Karakteristik yang dimiliki oleh tanah mergel atau tanah marbalit antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Terbentuk oleh campuran batuan kapur, pasir dan tanah liat

Ciri atau karakteristik pertama yang melekat pada jenis tanah mergel adalah terbentuk dari campuran batuan kapur, pasir dan tanah liat. Ketiga unsur ini berada dalam satu tempat dan melapuk bersama- sama yang pada akhirnya membentuk suatu tanah yang disebut dengan tanah mergel. Oleh karena terbentuk dari tiga unsur tanah yang berbeda, maka karakteristik tanah mergel ini juga mengadopsi dari ketiga unsur yang membentuknya.

  1. Mempunyai warna putih

Ciri atau karakteristik dari tanah mergela yang paling mudah untuk diketahui (karena bisa tampak dari kondisi fisik) adalah mempunyai warna putih. Warna putih yang dimiliki oleh tanah mergel ini kemungkinan disebabkan karena tanah ini terbentuk oleh tanah kapur yang bercampur dengan pasir dan juga tanah liat. Tanah kapur yang memiliki warna putih akan mendominasi dan akan menutupi warna campuran lain sehingga tanah mergel terlihat mempunyai warna putih.

  1. Mempunyai tingkat kesuburan yang rendah

Tanah mergel merupakan tanah yang mempunyai tingkat kesuburan yang rendah. Hal ini juga menjadi karakteristik yang menonjol dari tanah mergel ini. Karena tanah yang subur biasanya mempunyai kandungan bahan organik atau unsur hara yang tinggi, semenatara hal tersebut tidak dimiliki oleh tanah mergel. Oleh karena tanah mergel tidak mempunyai tingkat kesuburan tinggi, maka tanah ini tidak cocok digunakan sebagai lahan pertanian.

  1. Pembentukannya dipengaruhi oleh hujan yang turun tidak merata sepanjang tahun

Diantara beberapa macam ciri- ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh tanah mergel, bisa dikatakan bahwa ciri yang sangat menonjol dari tanah mergel adalah pembentukannya yang dipengaruhi oleh hujan yang turun secara tidak merata sepanjang tahunnya. Ya, tanah mergel sangat dipengaruhi oleh keberadaan hujan yang turun. Karena pembentukan tanah mergel ini adalah akibat dari adanya hujan (baca: proses terjadinya hujan) yang turun secara tidak merata di sepanjang tahunnya.

Itulah beberapa karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh tanah mergel. Dengan ciri- ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh tanah mergel maka kita bisa membedakan seperti apa tanah mergel dan kita bisa meng etahuinya secara fisik.

Pemanfaatan  Tanah Mergel

Tanah sebagai elemen mayoritas yang ada di daratan Bumi, mempunyai banyak sekali manfaat atau fungsi yang bisa dirasakan oleh manusia, tidak terkecuali tanah mergel. Seperti tanah yang lainnya, tanah mergel juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Pemanfaatan tanah mergel ini bisa disesuaikan dengan ciri- ciri atau karakteristik yang dimilikinya. Tanah mergel bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ditanami:

  • Pohon jati

Pemanfaatan tanah mergel yang sering dilakukan oleh manusia adalah ditanami pepohonan jati. Pohon jati merupakan pohon yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan mebel, seperti lemari, meja, kursi, dan lain sebagainya. Selain untuk mebel, pohon jati juga digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya. Pohon jati juga merupakan jenis tanaman yang bisa hidup di tanah mergel. Kendati tanah mergel ini merupakan tanah yang tidak terlalu subur, maka tidak banyak jenis tanaman yang bisa hidup di tanah mergel ini. Dan salah satu tanman yang dapat hidup adalah pohon jati.

Sponsors Link

  • Palawija

Pemanfaatan tanah mergel yang selanjutnya adalah sebagai lahan untuk ditanami tumbuh- tumbuhan palawija. Tanaman palawija merupakan tanaman yang banyak dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari- hari. Tanaman palawija ini mempunyai berbagai jenis. Dan tanaman palawija yang dapat tumbuh di tanah mergel pun hanya beberapa jenis tanaman saja.

Persebaran Tanah Mergel di Indonesia

Tanah mergel atau marbalit merupakan jenis tanah yang mudah kita dapati di Indonesia. Tanah mergel ini biasanya terdapat di daerah- daerah tertentu. Tanah mergel atau marbalit biasanya ada di lereng- lereng gunung atau di daerah dataran rendah.  Adapun daerah- daerah di Indonesia yang merupakan daerah persebaran tanah mergel ini antara lain adalah Solo, Kediri, Madiun, dan Gunung Kidul.

Itulah berbagai macam informasi mengenai tanah mergel. Tanah mergel merupakan kekayaan yang ada di indonesia. Oleh karena itulah keberadaan tanah mergel ini harus dilestarikan dan juga dijaga agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia demi kepentingan hidup bersama.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, September 2016 / 01:57 Oleh :
Kategori : Tanah