Sponsors Link

5 Ciri- ciri Lahan Basah dan Penjelasannya

Sponsors Link

Salah satu jenis kenampakan yang ada di daratan (baca: ekosistem darat) wilayah negara Indonesia adalah berupa lahan basah (baca: pertanian lahan basah). Lahan basah merupakan daratan yang dipenuhi oleh banyak air (baca: jenis air). Air- air ini seperti menggenangi tanah (baca: tanah liat) saja. Lahan basah merupakan bentukan lahan yang khas. Lahan basah mempunyai ciri- ciri yang khusus dan berbeda dengan jenis lainnya. Ciri- ciri ini dapat kita gunakan untuk mengenali lahan basah. Beberapa ciri dari lahan basah antara lain sebagai berikut:

Sponsors Link
  1. Tanahnya jenuh akan air

Ciri yang paling melekat dimiliki oleh lahan basah adalah tanahnya jenuh akan air (baca: polusi air). Kemungkinan nama lahan basah sediri inilah mencerminkan keadaan tanah yang digenangi oleh air.

  1. Air yang menggenangi bersifat permanen maupun musiman

Lahan basah digenangi oleh air, dan air yang menggenangi ini dapat bersifat permanen atau tetap maupun bersifat musiman. Maksudya permanen adalah lahan tersebut selalu digenangi oleh air di setiap waktu, dan maksudnya musiman adalah bahwa air hanya menggenai ketika musim tertentu saja, misalnya musim penghujan (baca: pembagian musim di Indonesia).

  1. Sebagian atau seluruh wilayahnya digenangi lapisan air yang dangkal

Air yang menggenangi lahan basah merupakan lapisan (baca: lapisan udara) air yang dangkal. Lapisan air dangkal ini bisa menggenangi sebagian atau bahkan seluruh permukaan dari tanah (bca: kerak Bumi). Meski demikian, terkadang kita menemukan juga ada lapisan perairan yang dalam pada suatu lahan basah

  1. Memiliki keanekaragaman hayati tinggi

Biasanya makhluk hidup, baik manusia, binatang dan bahkan tumbuhan akan memilih untuk tiggal di lahan yang menyimpan banyak cadangan air. Maka dari itulah biasanya lahan yang banyak airnya maka akan subur (baca: ciri tanah subur dan tidak subur). Dan kondisi ini pula yang terjadi pada lahan basah. Maka dari itulah lahan basah memiliki beraneka ragam hayati, tidak hanya tanaman saja namun juga binatang.

  1. Merupakan lahan yang bersifat subur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasannya tanah yang banyak mengandung air biasanya merupakan tanah yang subur. Dan lahan basah merupakan lahan yang subur sehingga keberadaannya sering dibuka sebagai lahan pertanian. Dan jenis tanaman yang dapat tumbuh di lahan basah ada bermacam- macam

Itulah beberapa informasi mengenai lahan basah, khususnya adalah ciri- ciri dari lahan basah tersebut. Dan tahukah Anda bahwa di atas lahan basah ini tumbuh berbagai macam tipe vegetasi, seperti hutan (baca: hutan hujan tropis) rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan bakau, dan paya rumput.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 23rd, February 2017 / 01:12 Oleh :
Kategori : Tanah