16 Sungai Terpanjang di Indonesia beserta Gambarnya


Indonesia mempunyai banyak sekali sungai. Sungai- sungai ini membentang di semua pulau yang itu ada yang panjang maupun ada yang tidak terlalu panjang. Ukuran sungai ini berbeda- beda satu dengan yang lainnya. Beberapa sungai telah dikategorikan sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia (baca: daftar sungai terpanjang di Jepang). Sungai- sungai yang dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  1. Sungai Kapuas

kapuas

Sungai pertama yang dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas. Sungai Kapuas ini merupakan sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Sungai kapuas ini merupakan sungai yang sangat terkenal dan sungai Kapuas ini juga dicatatkan sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia diantara sungai- sungai di Indonesia lainnya. Berikut ini merupakan informasi menarik tentang sungai ini:

  • Sungai Kapuas ini memiliki panjang sekitar 1.178 kilometer. Ukuran sungai yang sedemikian itu merupakan ukuran yang sangat panjang.
  • Sungai kapuas ini merupakan sungai yang diawali dari mata air (baca: proses terjadinya mata air) yang asalnya dari Pegunugan Muler.
  • Berawal dari mata air di Pegunungan Muller, sungai ini bermuara di Selat Karimata.
  • Sungai Kapuas ini meruapakn sumber air bagi penduduk sekitarnya
  • Digunakan sebagai sarana transportasi. Penduduk di sekitar sungai Kapuas ini menggunakan arus sungai Kapuas menjadi sarana transportasi untuk menuju ke tempat- tempat lain dan juga untuk mengangkut berbagai macam barang dagangan untuk dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Sungai Kapuas yang melegenda ini juga disebut dengan ama Sungai Lawai. Penduduk yang tingga di sekitar sungai tersebut adalah penduduk Suku Dayak dan Melayu. Penduduk suku ini bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

  1. Sungai Mahakam

mahakam

Sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia lainnya adalah sungai Mahakam. Seperti halnya sungai Kapuas, sungai Mahakam juga merupakan sungai yang terkenal di Indonesia. Sungai Mahakam ini berada di wilayah Pulai Kalimantan sama seperti Sungai Kapuas, tepatnya di Kalimantan wilayah timur.

Sungai Mahakam ini dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang nomor dua setelah sungai Kapuas. Sungai Mahakam ini merupakan sungai yang mempunyai panjang 920 km. Panjang yang demikian ini juga merupakan panjang yang luar biasa bagi ukuran sungai. Sungai Mahakam ini dimanfaatkan untuk berbagai hal bagi kepetingan masyarakat. Beberapa pemanfaatan sungai ini antara lain:

  • Untuk irigasi atau pengairan,
  • Untuk budidaya tanaman dan binatang
  • Untuk sarana transportasi. Masyarakat menggunakan arus sungai Mahakam sebagai transportasi untuk mengangkut barang- barang dagangan atau untuk pergi dari satu daerah ke daerah lainnya yang bisa dijangkau dengan transportasi sungai.
  1. Sungai Batanghari

batanghari Sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya atau yang nomor tiga adalah sungai Batanghari. Sama seperti dengan Sungai Kapuas dan Mahakam, sungai Batanghari ini juga merupakan sungai yang terkenal oleh masyarakat. Perbedaannya dengan kedua sungai sebelumnya adalah bahwa sungai ini terletak di Pulau Sumatera.

Sungai Batanghari ini mempunyai panjang sekitar 800 km. Sungai Batanghari ini merupakan sungai yang melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi, dimana bermula dari mata air Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan. Selain terkenal, sungai Batanghari ini juga merupakan sungai yang bersejarah karena menjadi saksi bisu kemegahan dan juga kejayaan kerajaan Sriwijaya pada masa lampau. Sungai Batanghari merupakan sungai yang cantik, dan berpotensi dijadikan:”river cruise” atau pesiar sungai.

  1. Sungai Barito

sungai-barito-1

Selanjutnya ada sungai Barito. Sungai Barito ini merupakan salah satu sugai yang penting di Indonesia disamping sungai yang panjang di Indonesia. Sama halnya dengan sungai Mahakam dan sungai Kapuas, sungai ini juga terletak di wilayah Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah.

Sungai Barito ini juga merupakan salah satu sungai yang terkenal, bahkan sungai ini juga dikenal dengan nama sungai Cina dan sungai Banjar. Berikut ini merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Terdapat sebuah kegiatan yang menarik yakni kegiatan pasar terapung, yang mana kegiatan jual beli dilakukan di atas perahu- perahu yang mengapung di sungai tersebut.
  • Aliran sungai Barito ini mempunyai cabang sehingga dapat dikatakan bahwa Sungai Barito ini adalah penggabungan dari beberapa sungai yang sudah ada sebelumnya.
  • Air di sungai ini tampak berwarna coklat karena manegandung banyak lumpur.

  1. Sungai Musi

musi

Selanjutnya ada sungai Musi yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Pasti kita tidak asing lagi apabila mendengar nama sungai ini. Ya, Sungai Musi merupakan icon Kota Palembang dimana seringkali kita jumpai bersamaan dengan jembatan Ampera.

Sungai Musi ini juga mempunyai nama lain yakni Sungai Batanghari Sembilan (yang berarti sembilan sungai besar). Berikut adalah informasi menarik mengenai sungai ini:

  • Sungai Musi ini merupakan sungai yang menempati urutan nomor lima setelah sungai- sungai yang disebutkan di atas.
  • Panjang sungai Musi ini sekitar 750 kilometer. Panjang yang demikian ini tergolong panjang untuk ukuran sungai.
  • Sungai Musi ini bermula dari mata air di Kepahiang dan selanjutya bermuara di Selat Bangka.
  • Sungai Musi yang merupakan icon kota Palembang ini menjadi tempet nongkrong paling favorit untuk menikmati pemandangan kota Palembang.
  1. Sungai Bengawan Solo

bengawan soo

Sungai yang selanjutnya adalah sungai Bengawan Solo. Sungai Bengawan Solo ini merupakan sungai sangat terkenal di Pulau Jawa dan merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa (baca: daftar sungai terpanjang di dunia). Sungai Bengawan yang mempunyai panjang 548 km ini berasal dari Pegunungan Kidul di daerah Wonogiri. Dengan kata lain hulu sungai ini ada di wilayah Pegunungan kidul tersebut, dan kemudian bermuara di Gresik, Jawa Timur.

Beberapa daerah di sekitara Surakarta dilalui aliran sungai ini, diantaranya adalah Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Pacitan, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, hingga bermuara di Gresik. Sungai Bengawan Solo ini selain menjadi sungai yang sangat bermanfaat, juga merupakan sungai yang melegenda. Bahkan salah satu seniman Indonesia pun mengabadikannya dalam sebuah lagu keroncong yang berjudul “Bengawan Solo”

  1. Sungai Mamberamo

s-mamberamo-2

Selanjutnya ada sungai Mamberamo. Sungai Mamberamo ini merupakan sungai yang paling panjang di Papua. Aliran sungai ini terlihat sangat kompleks dengan pemandangan hijau yang ada di sektarnya semakin menambah keindahan. Total panjang sungai ini adalah 670 km. Sungai yang terpanjang di Papua ini lebih tepatnya terletak di Kabupaten Sarmi.

Sungai ini adalah sungai yang istimewa karena mempunyai potensi sebagai penghasil listrik yang sangat besar di Indonesia. Selain mempunyai potensi listrik yang sangat besar, sungai ini juga mempunyai potensi bio etanol yang sangat banyak pula. Selain sua keistimewaan tersebut, kondisi geologis (baca: manfaat letak geologis Indonesia) sungai ini kaya akan bahan- bahan galian. Karena kayanya sungai ini maka sunai ini disebut- sebut sebagai sungai Amazon di Indonesia. Beberapa bahan galian yang dimiliki atau terandung dalam sungai ini antar lain:

  • Emas
  • Tembaga
  • Bauksit
  • nikel
  1. Sungai Digul

Sungai-Digul

Sungai selanjutya adalah sungai Digul. Sungai Digul ini merupakan sungai yang masuk dalam kategori sungai terpanjang di Indonesia nomor delapan. Sungai Digul ini terletak di Papua. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Memiliki panjang sungai yang mencapai 526 km.
  • Hulu sungai ini terletak di Pegunungan Maoke
  • Sungai ini bermuara di Laut Arafuru.
  • Aliran sungai ini melewati beberapa provinsi dan juga kabupaten di Pulau Papua. Beberapa wilayah Provinsi maupun Kabupaten yang dilewati oleh aliran sungai ini antara lain Asmat, Jayawijaya, Lanny Jaya, Kabupaten Boven Digoel, Mappi, K Merauke, Nduga dan juga Yahukimo.
  • Sungai Digul ini mempunyai bentuk yang berkelok- kelok dinamis sehingga menyerupai sebuah ular.
  • Tanah yang berada di sekitaran sungai ini subur dan bahkan selalu terlihar hijau di setiap waktunya. Tak heran jika banyak perumahan penduduk yang berada di sekitaran sungai tesebut.
  1. Sungai Indragiri

sungai-indragiri

Sungai yang terpanjang di Indonesia nomor sembilan adalah sungai Indragiri. Sungai ini berada di Provinsi Riau dan masuk ke wilayah Pulau Sumatera. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Sungai ini memiliki panjang sekitar 500 km.
  • Air yang berada di sungai ini berasal dari dua sungai yakni Sungai Sinamar dan juga Sungai Ombilin.
  • Aliran sungai ini bermuara di Selat Malaka.
  • Sungai Indragiri ini merupakan sungai yang airnya sangat jernih sehigga dimanfaatkan sebagai banyak hal oleh masyarakat yang ada di sekitaran sungai tersebut. Pemanfaatan sungai ini terutama sebagai sumber air untuk irigasi.
  • Di sekitaran sungai ini terdapat pepohonan yang hijau dan menjulang tinggi sehingga semakin menambah sejuknya wilayah sungai ini.
  1. Sungai Seruyan

seruyanSelanjutnya ada sungai Seruyan. Sungai seruyan ini merupakan sungai yang terpanjang di Indonesia yang menempati posisi nomor 10. Sungai Seruyan ini berada di Provinsi Kalimantan Tengah dan berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Mempunyai panjang sekitar 350 km.
  • Sungai Seruyan ini mempunyai aliran yang bermuara di Laut Jawa.
  • Kedalaman Sungai Seruyan ini rata- rata 6 meter
  • lebar kira- kira 300 meter.

Pemanfaatan sungai Seruyan ini oleh warga paling banyak digunakan untuk sarana transportasi warga sekitar. Sungai Seruyan merupakan salah satu sungai yang memiliki lebar yang sangat besar. Lebar yang dimiliki oleh sungai ini dikatakan lebih lebar daripada sungai yang lainnya. Oleh karena itulah sungai ini patut dijadikan sebagai tempat untuk bermain perahu- perahu tradisional maupun untuk kepentingan yang lainnya.

  1. Sungai Brantas

brantas

Sungai Brantas merupakan sungai yang terpanjang kedua di Jawa setelah sungai Bengawan Solo. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Berada di Provinsi Jawa Timur.
  • Sungai ini berhulu di Desa Sumber Brantas, Kecamaan Bumiaji, Kota Batu yang mana airnya berasal dari simpanan air Gunung Arjuno (baca: daftar gunung di Jawa Barat).
  • Aliran sungai ini menembus beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur meliputi Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, dan Mojokerto.
  • Panjang sungai ini mencapai 320 km yakni panjang sungai utama.
  • Di sungai ini nanti kita dapat menjumpai sebuah jembatan yang besar ditengah- tengah aliran sungai ini.
  1. Sungai Krueng Aceh

Banjir_Kanal_Krueng_Aceh

Sungai ini merupakan salah satu sungai yang berada di Aceh. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Sungai ini merupakan sungai yang mempunyai hulu (baca: ciri-ciri bagian hulu dan hilir sungai) di pegunungan Aceh besar, kemudian mengaliri sebagian areal persawahan di Banda Aceh dan juga Aceh besar.
  • Sungai ini pada akhirnya akan bermuara di Selat Malaka.
  • Sungai ini mempunyai panjang sekitar 145 km.
  • Sungai Krueng Aceh merupakan sungai yang dikelilingi oleh tumbuhan subur. Hal ini karena salah satu manfaat sungai, yakni mempberikan kesuburan bagi tanah yang ada di sekitarnya.
  • Sungai Krueng Aceh ini merupakan sungai yang terlihat lurus bentuk alirannya (dengan kata lain tidak berkelok- kelok seperti sungai pada umumnya), hal ini membuat tampilan sungai ini menjadi menarik. Ditambah lagi dengan tumbuhan- tumbuhan hijau yang berada di sisi kanan dan kiri sungai tersebut.

  1. Sungai Batee Iliek

Sungai Batee Iliek

Sungai ini merupakan sungai yang berada di sebelah selatan Kecamatan Sama Langa. Sungai ini menjadi sebuah objek wisata yang terkenal sejak tahun 90-an. Di setiap akhir pekan maka akan banyak orang berkunjung bahkan mencapai ratusan. Semakin lama objek wisata ini semakin dikembangkan dari waktu ke waktu.

Sungai Batee Iliek sebagai objek wisata ini tidak hanya didatangai oleh wisatawan lokal yang berasal dari daerah dekat, namun juga dari luar kota. Sungai Batee Iliek mempunyai suatu alasan tersendiri mengapa bisa sungai tersebut dijadikan tempat wisata. Salah satu alasannya adalah karena sungai tersebut tidak emmpunyai kedalam seperti sungai- sungai pada umumnya. Sungai ini mempunyai banyak bebatuan besar yang ada di tengahnya sehinggadapat digunakan untuk bermain.

  1. Kali Pesanggrahan

pesanggrahanKali Pesanggrahan adalah nama salah satu sungai yang berada di ibukota Jakarta. Nama sungai ini pastilah sering kita dengar. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Kali Pesanggrahan ini merupakan sebuah sungai yang mengalir dari Kabupaten Bogor, kemudian ke kita Depok, hingga akhirnya ke Tangerang.
  • Beberapa kecamatan dilewati oleh aliran sungai ini, diantaranya adalah Kecamatan Tanah Sereal, Kecamatan Bojong Gede, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Limo, dan lain sebagaianya.

Kali pesanggrahan ini merupakan salah satu sungai yang cukup terkenal di area DKI Jakarta. Namun apabila dibandingkan dengan sungai yang lainnya, sungai pesanggrahan ini bisa dikatakan paling bersih, sehingga tidak banyak kasus banjir yang terjadi akibat aliran sungai tersebut.

  1. Sungai Ci Liwung

Ciliwung_100303-0435_jktMendengar kata sungai Ci Liwung ini pastilah kita kaan berfikiran dengan ibukota Jakarta dan juga banjir. Ya, Sungai Ci Liwung ini merupakan salah satu sungai yang terpenting yang berada di Tanah Pasundan. Sungai ini sangatlah terkenal karena dianggap sebagai salah satu sungai yang selalu mendatangkan banjir setiap tahunnya di wilayah DKI Jakarta karena luapannya. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Sungai Ci Liwung ini mempunyai aliran utama hampir sepanjang 120 km
  • Mempunyai daerah tangkapan airnya mempunyai luas 387 km².
  • Keadaan sugai Ciliwung kian memprihatinkan dengan banyaknya sampah yang berserakan di badan sungai tersebut hingga setiap kali datang musim hujan pasti terjadi banjir.
  1. Kali Angke

kali angkeMendengar nama Kali Angke pastinya juga merupakan sesuatu yang asing di telinga kita. ya, Kali Angke merupakan salah satu nama sungai yang berada di Jakarta. Berikut merupakan fakta menarik tentang sungai ini:

  • Sungai yang terkenal ini mempunyai hulu di kelurahan Menteng, Bogor yang kemudian melewati Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan kemudian bermuara di Jakarta Barat, tepatnya di Muara Angke.
  • Sungai ini merupakan sungai yang tidak mudah kering bahkan ketika musim kemaraupun tiba. Hal ini karena sungai ini mempunyai hulu di pegunungan langsung.
  • Air di sungi ini seringkali berwarna coklat, hal ini karena ada kandungan lumpur yang ada di sungai ini sehingga membuat air yang mengalir terlihat berwarna coklat.

Itulah beberapa sungai yang terdapat di Indonesia dan dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia. Sungai- sungai tersebut dikategorikan sebagai sungai terpanjang karena memiliki panjang yang luar biasa bagi ukuran sungai.

Manfaat Sungai

Sungai sebagai salah satu sumber air di Bumi mempunyai banyak sekali manfaat baik untuk manusia, binatang, tumbuhan, maupun keseimbangan alam semesta. Sungai merupakan suatu sumber air yang diawali dari mata air tertentu atau kumpulan beberapa mata air yang bergabung menjadi satu dan mengalir mengikuti arus dan jalurnya hingga berujung pada satu tujuan yakni muara sungai.

Muara sungai ini merupakan daerah yang mengindikasikan pertemuan antara air sungai dengan air laut. Sebagai sumber air yang mengalir di sepanjang permukaan Bumi, pastilah sungai ini mempunyai manfaat yang sangat banyak. Beberapa manfaat sungai yang akan kita rasakan atau dapatkan antara lain sebagai berikut:

  • Sumber air bagi makhluk hidup

Manfaat sungai yang utama dan tidak dapat kita pungkiri adalah sebagai sumber air yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, baik manusia, binatang, maupun tumbuh- tumbuhan. Air si dungai ini bersifat tawar sehingga akan membrikan kesegaran yang lebih apabila dipergunakan untuk mandi maupun sebagai air minum.

  • Memenuhi kebutuhan irigasi

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan hasil pertanian dan juga hasil perkebunannya. Oleh karena itulah banyak lahan- lahan pertanian dan juga lahan perkebunan akan kita temui di Indonesia ini. untuk memenuhi kebutuhan bercocok tanaman, tidak hanya dibutuhkan lahan kosong dan subur saja, namun juga dibutuhkan air untuk menjaga tanaman yang sedang ditanam tersebut menjadi tumbuh subur serta berkembang.

Selain itu air juga bermanfaat untuk membuat tanah lahan tersebut menjadi gembur dan juga subur. Oleh karena itulah kebutuhan air di Indonesia guna keperluan irigasi sangatlah banyak. Salah satu sumber air yang dimanfaatkan untuk kepentingan irigasi lahan adalah air sungai. Sungai dengan volume air yang dimilikinya akan dapat mencukupi kebutuhan irigasi lahan (baca: macam-macam irigasi) yang ada di sekitar sungai aliran sungai tersebut. Dan hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena air sungai cukup mencukupi.

  • Sebagai sumber air minum

Selain digunakan untuk kepentingan irigasi, sungai juga merupakan tempat menyimpanan cadangan air minum yang baik. Air yang ada di sungai ini cukup aman untuk diminum apabila aliran sungai ini dibaiarkan alami dan steril dan tidak dirusak atau dicemari oleh tangan- tangan manusia yang tidak bertanggung jawab (baca: cara melestarikan air). Terlebih air sungai ini terasa tawar, maka akan lebih menyegarkan.

  • Sebagai sarana transportasi

Pemanfaatan air sungai lainnya adalah untuk sarana trasportasi. Pemnafaatan arus sungai seperti ini terutama terdapat di daerah Kalimantan. Arus sungai yang cukup kuat dan badan sungai yang cukup lebar akan sangat mendukung kelancaran transportasi air ini.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari sungai. Manfaat yang disebutkan di atas hanyalah beberapa saja, lebih lengkap bisa dibaca di manfaat sungai untuk manusia.

Baca juga: daftar sungai di Papua, daftar sungai di Sumatera, bendungan terbesar di Indonesia, waduk terbesar di Indonesia

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 15:24 Oleh :
Kategori : Sungai