Sponsors Link

8 Manfaat Letak Astronomis Indonesia

Sponsors Link

Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah lokasi atau letak dari sebuah Negara, pulau atau benua yang didasarkan oleh garis lintang dan juga garis bujur. Garis lintang dan juga garis bujur merupakan garis imajiner yang dibuat oleh ilmu astrologi untuk menentukan lokasi dari sebuah lokasi dari sebuah pulau, Negara ataupun benua. Lokasi astronomis dinyatakan dalam garis lintang utara, garis lintang selatan, garis bujur timur dan juga garis bujur barat.

Sponsors Link

Selain itu, penggunaan garis astronomis ini juga menentukan iklim dari suatu lokasi. Semakin ke utara dan juga semakin ke selatan letak suatu lokasi, maka memilki iklim yang cenderung dingin. Sedangkan lokasi yang berada pada tengah-tengah garis lintang, mrupakan lokasi yang beriklim tropis.

Letak astronomis Indonesia

Berdasarkan lokasi astronomisnya, Indonesia berada pada 6 derajat lintang utara, hingga 11 lintang selatan. Selain itu, Indonesia juga berada pada 95 derajat bujur timur hingga 141 derajat bujur barat. Hal ini membuat Indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim tropis dan merupakan salah satu Negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak garis bujur Indonesia membuat Indonesia berada pada 3 wilayah waktu, aitu GMT + 7, GMT + 8 dan juga GMT + 9.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang dilalui garis khatulistiwa, dan merupakan Negara yang masuk ke dalam kategori pembagian musim yang umum yaitu iklim tropis. Itu artinya hanya ada dua musim di Indonesia, yaitu musm panas atau kemarau dan juga musim hujan.

Letak astronomis ini tentu saja memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat letak astronomis Indonesia :

1. Tidak memilki musim dingin yang merepotkan

Beberapa orang menganggap bahwa musim dingin yang bersalju adalah musim yang merepotkan, karena membutuhkan perhatian ekstra, mulai dari pakaian yang harus digunakan, hingga perlengkapan tambahan untuk menghadapi musim dingin yang bersalju. Tinggal di lingkungan beriklim tropis, tentu saja tidak akan mengalami kerepotan akan musim dingin, sehingga bagi anda yang tidak suka dengan cuaca dingin, Indonesia adalah lokasi yang pas.

2. Suhu udara cenderung hangat hingga panas

Cuaca di iklim tropis memang hangat, cenderung ke arah panas. namun demikian, dengan lokasinya yang banyak memilki hutan hujan tropis, serta banyaknya daerah pegunungan membuat cuaca dan suhu tidak terlalu panas dan pas untuk ditinggali. ( baca : ciri ciri hutan hujan tropis)

Sponsors Link

3. Curah hujan yang cukup tinggi

Curah hujan pada lokasi Negara yang beriklim tropis, salah satunya iklim di Indonesia termasuk memiliki curah hujan yang tinggi. hal ini membuat tanah di Negara Indonesia menjadi subur, karena curah hujannya yang cukup tinggi.

4. Banyak terdapat hutan hujan tropis

Indonesia yang terletak pada lokasi beriklim tropis, membuat Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis. Ya, hutan hujan tropis merupakan kumpulan hutan yang khas dari sebuah lngkungan beriklim tropis. Hutan hujan tropis merupakan penyumbang oksigen terbesar di dunia, dan Indonesia adalah salah satunya, yang merupakan Negara yang memilki hutan hujan tropis yang besar dan juga luas sehingga bisa menghindari dari penyebab pemanasan global.

5. Memiliki keragaman flora dan fauna yang bervariasi 

Inilah yang merupakan salah satu dari manfaat terpenting dari letak astronomis Indonesia. Ya, berkat letak astronomisnya ini, Indonesia, yang masuk ke dalam iklim tropis memilki keberagaman flora dan fauna yang dilindungi dan sangat bervariasi. Ya, dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memilki banyak sekali flora dan juga fauna yan gberaneka ragam. Hal ini juga dapat meningkatkan potensi pariwisata dari Negara Indonesia ini.

Selain sebagai peningkatan potensi pariwisata, potensi peternakan dan juga perkebunan dari Negara Indonesia juga tergolong sangat baik dan juga tinggi. banyak flora dan juga fauna yang bisa dikembangkan, dengan cara diternakkan, dan juga ditanam. Dengan begitu, Indonesi aakan memiliki stok pangan yang banyak dan berlimpah.

6. Lahan pertanian yang subur

Manfaat dari letak astronomis Indonesia lainnya adalah lahan pertaniannya yang subur. Berada pada wilayah garis khatulistiwa atau equator, serta memiliki iklim yang tropis, bukan berarti Indonesia memilki tanah yang sulit ditanami. Sebaliknya, tanah di lokasi beriklim tropis cenderung subur dan juga mudah untuk ditanami. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu Negara agraris penghasil pertanian yang cukup diperhitungkan. (baca : pertanian lahan basah dan kering)

Sponsors Link

7. Memiliki hasil pertanian dan perkebunan yang dapat membantu perekonomian Negara

Ini merupakan efek lanjutan dari lahan pertanian yang subur. Dengan adanya lahan pertanian yang subur ini, hasil pertanian dan juga perkebunan dari Indonesia akan memberikan hasil yang sangat baik. Hal ini akan membantu meningkatkan perekonomian dari Negara Indonesia itu sendiri, terutama perekonomian di dalam negeri.

8. Menjadi salah satu lokasi wisata yang populer

Indonesia dengan iklim tropis, dan juga pemandangan yang indah membuat Negara ini juga menjadi salah satu tujuan wisata. Ya, banyak turis-turis mancanegara yang senang berlibur di daerah tropis, dan menganggap bahwa lokasi yang berada pada iklim tropis adalah lokasi yang sangat eksotis, sehingga membantu meningkatkan potensi pariwisata dari Indonesia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 13th, November 2015 / 09:45 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi