7 Lautan Paling Dalam di Dunia Beserta Gambarnya

Advertisement

Bumi adalah planet yang memiliki permukaan yang tidak rata (Baca: Pengertian Relief Muka Bumi Daratan dan Lautan). Relief permukaan bumi menjadi tidak rata, akibat adanya dua tenaga yang membentuk permukaan bumi. Tenaga tersebut adalah tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi (Baca: Macam-macam Tenaga Endogen dan Penjelasannya). Akibat dari tenaga ini bumi mengalami berbagai macam bentuk- bentuk patahan dan lipatan pada lapisan bumi. Salah satu lapisan bumi terdiri dari batu- batuan yang mempengaruhi terbentuknya permukaan bumi. Tenaga endogen terdiri dari 3 yaitu tektonisme adalah tenaga yang memanfaatkan tekanan dari dalam bumi, vulkanisme adalah letusan gunung api, dan seisme adalah gempa bumi.

Sedangkan eksogen adalah tanaga yang berasal dari luar bumi (Baca: Jenis Tenaga Eksogen Pengubah Muka Bumi). Tenaga ini memakai air, angin, dan gletser sebagai tenaga. Tenaga eksogen adalah tanaga yang mengubah bentuk permukaan bumi yang telah di bentuk oleh tenaga endogen. Tenaga eksogen terdiri dari 2, yaitu, macam- macam erosi, tenaga yang pengikisan permukaan bumi. Sedangkan proses proses sedimentasi adalah pengendapan materi sedimen di permukaan bumi. Akibat dari tenaga tersebut, relief permukaan bumi memiliki cekungan dan tonjolan pada permukaannya.

Relief permukaan bumi daratan dan lautan

Bumi terbagi menjadi dua wilayah besar, yaitu daratan dan lautan. Relief permukaan bumi daratan adalah wilayah daratan yang ada di bumi. Relief pada daratan lebih sering mengalami perubahan bentuk. Akibatnya mempengaruhi kehidupan yang ada di dalamnya. Selain itu akibat bentuknya yang sering berubah, tercipta banyak ekosistem. Ekosistem yang terbentuk memiliki ciri khas serta lokasi dari ekosistem tersebut. Ekosistem yang ada di darat antara lain hutan hujan, hutan musim, ekosistem tundra, hutan taiga, ekosistem gurun, ekosistem padang rumput, ekosistem sungai, ekosistem danau, dan rawa. Setiap ekosistem mawakili bentuk relief daratan yang ada di permukaan bumi. Relief daratan berupa:

  1. Dataran rendah
  2. Dataran tinggi
  3. Pegunungan
  4. Gunung
  5. Rawa, danau, waduk, dan sungai
  6. Pantai

Sedangkan relief lautan adalah bentuk permukaan bumi yang wilayahnya ada di lautan. Pada dasarnya bentuk permukaan lautan dan daratan hampir sama. Seperti lautan yang juga memiliki gunung, pegunungan, daratan tinggi, dan lembah. Hanya saja, lembah di laut disebut sebagai palung laut. Yang membedakan adalah pengukuran daratan dilihat melalui puncak tertinggi. Sedangkan lautan melihat pada tingkat kedalamannya. Ekosistem yang ada di lautan juga berbeda dengan ekosistem yang ada di daratan. Ekosistem di laut melihat pada tingkat kedalamannya. Pada ekosistem lautan terdapat terumbu karang dan ekosistem laut dalam. Bentuk relief permukaan bumi lautan antara lain:

  1. Landasan kontinen dengan kedalaman kurang dari 200 meter
  2. Lereng benua dengan kedalaman lebih dari 200 meter
  3. Tanjakan kontinen tempat berkumpulnya materi sedimen yang terbawa oleh arus laut
  4. Gunung Laut
  5. Dasar Laut
  6. Palung Laut

Pada relief daratan, pengukuran dan penelitian lebih mudah dilakukan, karena letaknya yang berada di darat, sedangkan pada lautan, karena letaknya yang berada di dalam laut, masih banyak makhluk laut yang unik dan baru ditemukan. Hal ini disebabkan semakin dalam laut, maka sinar matahari akan semakin berkurang, serta tekanan air semakin meningkat. Di dunia, banyak sekali lautan yang memiliki tingkat kedalaman yang dangat dalam.

Lautan

Sebagian besar dari planet bumi terdiri dari lautan. Sehingga banyak sekali laut dilihat dari tingkat kedalamannya. Lautan di bumi, memiliki 5 samudra. Samudra adalah lautan yang sangat luas yang ada di bumi (Samudera : Pengertian, Luas, Letak Astronomis, dan Batasnya). Setiap samudra, terdapat lautan- lautan kecil di dalamnya.lautan adalah perairan laut yang dekat dengan daratan, sehingga memiliki luas yang tidak terlalu besar.

Sedangkan samudra terletak jauh dari daratan, sehingga memiliki luas yang sangat besar, bahkan dapat mencapat jutaan kilometer. Akan tetapi, tidak hanya luas yang menjadi tolak ukur sebuat lautan. Kedalaman lautan juga menjadi penilaian. Kedalaman lautan di lihat melalui titik terdalam dari lautan tersebut. Titik terdalam dari lautan tersebut dapat berupa dasar lautnya, atau titik terdalam dari sebuah palung. Berikut ini 12 lautan paling dalam di dunia

1. Laut Palung Mariana

Laut palung mariana adalah lautan yang terletak di samudra pasifik. Palung laut mariana saat ini menempati urutan teratas sebagai laut paling dalam di dunia. Palung laut mariana memiliki kedalaman hingga 10. 924 meter per segi. Palung laut marianan terbentuk akibat aktifitas vulkanik gunung api di dasar samudra pasifik. Sehingga membentuk barisan cincin api di Samudra Pasifik.

Sedangkan samudra pasifik sendiri memiliki kedalaman sekitar 3.939 meter per segi. Samudra pasifik memiliki luas 179, 7 juta kilometer. Hal membuat samudra pasifik adalah lautan terluas yang ada di duinia. selain itu, samudra pasifik adalah samudra yang paling banyak dikelilingi oleh benua- benua.

2. Palung Laut Puerto Rico

Palung laut Puerto rico berada di samudra atlantik. Palung laut Puerto rico adalah yang terdalam kedua setelah mariana. Kedalaman dari palung laut Puerto rico mencapai 8.605 meter per segi. Kedalaman palung laut Puerto rico mampu mengalahkan ketinggian dari gunung Himalaya. Laut Puerto rico adalah pembatas dari laut karibia dan samudra atlantik.

Sedangkan samudra atlantik sendiri memiliki kedalaman sekitar 3.575 meter persegi, dengan luas sekitar 106.400 ribu kilometer persegi. Samudra atlantik adalah samudra yang memiliki luas yang paling kecil, dibandingkan dengan samudra- samudra lain di dunia. Karena letak samudra atlatik yang berada di tengah- tengah 2 benua. yaitu afrika dan amerika.

Sponsors Link

3. Palung Laut Cayman Way

Palung laut cayman way adalah palung laut yang terletak di laut karibia. Kedalaman dari palung cayman way mencapai 7.686 meter persegi. Sehingga palung laut cayman way menjadi paling laut paling dalam ketiga di dunia.

Sedangkan laut karibia adalah laut yang terletak di samudra atlantik. Laut karibia memiliki luas sekitar 2.754.000 kilometer persegi. Kedalaman dari laut karibia sekitar 2.575 kilometer persegi. Di dalam laut karibia terdapat dua palung yang cukup terkenala yaitu the Puerto rico trench dan Hispaniola. Kedua palung tersebut dapat di jelajahi oleh penyelam, dan menjadi objek wiasata.

4. Laut Palung Jawa

Indonesia adalah Negara kepulauan, dan di apit oleh dua samudra. Oleh karena itu Indonesia memiliki banyak laut. Salah satu laut di Indonesia yang menempati peringkat ke empat laut terdalam di dunia adalah laut palung jawa. Laut palung jawa terletak di samudra hindia. Kedalaman dari laut palung jawa adalah 7.258 km persegi.

Sedangkan samudra hindia sendiri memiliki kedalaman sekitar 3.840 meter persegi. Dengan luas sekitar 292,13 ribu meter persegi. Kalau dilihat berdasarkan luas, maka samudra hindia menempati posisi ketiga sebagai laut terluas di dunia sesudah laut mediterania.

5. Samudra Antartika

Samudra antartika adalah samudra yang terletak di bagian paling selatan dari bumi. Samudra antartika memiliki titik terdalam mencapai 7.236 meter persegi. Tidak ada lautan di dalam samudra antartika, karena samudra antartika tidak memiliki kehupan manusia di dalamnya.

Suhu di daerah samudra antartika dapat mencapai sekitar minus 2 derjat hingga 10 derajat Celsius. Karena sugu inilah, tidak ada manusia yang tinggal di benua antartika. Selain itu, juga menyebabkan samudra antartika adalah salah satu daerah terdingin di bumi. Samudra antartika dekat dengan Australia, selandia baru, argentina dan chili.

Sponsors Link

6. Laut Mediterania

Laut mediterania adalah laut yang menjadi pembatas antara tiga benua. Laut ini membatasi benua eropa, asia, dan afrika. Laut mediterania juga disebut sebagai laut pertengahan karena berada di tengah- tengah 3 benua. Laut mediterania memiliki titi terdalam, yang di sebut sebagai calypso deep. Titik terdalam dari laut mediterania adalah 5.627 meter persegi.

Sedangkan laut mediterania sendiri memiliki kedalaman sekitar 1.501. dengan luas sekitar 2,5 juta kilometer. Hal ini menyebabakn laut mediterania memperoleh peringkat kedua sebagai laut terluas di dunia. Laut mediterania berbetasan dengan eropa utara, afrika selatan, dan asia timur.

7. Laut Artik Basin

Laut artik basin adalah laut yang berada di samudra artik. Laut ini juga di sebut sebgai laut beruang kutup utara, karena letaknya yang dekat dengan pulau Baffin. Pulau Baffin adalah pulau yang menjadi habitat bagi beruang kutup di kutup utara. Titik terdalam dari laut artik basin adalah 5.626 meter persegi. Laut artik basin sendiri masih termasuk dalam samudra artik. Di sekitar samudra artik terdapat banyak laut yang kecil. tetapi yang terdalam di pegang oleh laut artik basin.

Laut artik basin berbatasan dengan Negara amerika, Negara kanada, dan Greenlaand yang menjadi bagian dari Negara Denmark. Laut artik basin sering manjadi tempat wisata, bagi orang- orang yang ingin melihat beruang kutup langsung di habitatnya. selain itu, karena letaknya yang tidak jauh dari benua amerika dan eropa, laut artik basin dapat dengan mudah di jangkau.

Baca Juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 07th, January 2017 / 07:16 Oleh :
Kategori : Laut