Sponsors Link

5 Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang

Advertisement

Letak geografis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari keadaan permukaan bumi dan kemudian didasarkan pada keadaan alam sekitar. Secara umum letak geografis suatu wilayah ditentukan dalam berbagai segi seperti segi astronomis, fisiografis, geologis dan sosial budaya. Secara geografis Indonesia berada diantara 2 benua dan 2 samudera. Letak geografis Indonesia ini sangatlah strategis sehingga memberikan keuntungan letak geografis indonesia dalam berbagai bidang, diantaranya adalah :

1. Bidang Ekonomi

Karena Indonesia letaknya strategis dan menjadi lalu lintas perdagangan dunia sehingga hal ini menjadi keuntungan bagi Indonesia dalam bidang ekonomi. Dimana pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia sangatlah penting, karena sumber daya alamnya sangat melimpah seperti dalam bidang pertanian yang dapat menghasilkan berbagai jenis bahan pangan seperti beras, sayur-sayuran, buah-buahan dan budidaya tanaman jenis langka yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan ekspor impor.

Potensi Indonesia dalam bidang pertanian ini karena letak negara Indonesia yang berada di wilayah subur dan memiliki iklim tropis sehingga sangat mendukung dalam sektor pertanian seperti dapat meningkatkan kesuburan tanah, potensi inilah yang menjadikan Indonesia mendapat julukan sebagai “kolam susu”, dimana pada setiap jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia sebagian besar tumbuh dengan subur dan menghasilkan uang.

Dalam bidang perhutanan Indonesia memiliki wilayah yang luas dalam hal perhutanan. Hutan di Indonesia sangatlah luas dan juga merupakan hutan tropis terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Zaire. Fungsi hutan ini tidak lain adalah sebagai paru-paru dunia dan juga untuk mengontrol iklim global. Salah satu yang dapat dimanfaatkan dari hutan tersebut adalah kayunya, pengambilan kayu tersebut dengan menggunakan sistem tebang pilih dengan cara menjaga kelestarian hutan, dimana hal ini dapat dijadikan negara untuk menambah devisa negara dengan mengekspor hasil hutan tersebut.

Dalam bidang kelautan Indonesia disebut sebagai negara Maritim dengan memiliki laut yang cukup luas dengan keanekaragaman hayati di laut yang cukup banyak sehingga dapat memanfaatkan hasil laut seperti ikan untuk di ekspor keluar negeri. Selain hasil laut, laut di Indonesia juga berpotensi untuk dijadikan sebagai wisata bahari. Perlu diketahui bahwa hasil laut Indonesia ini diminati oleh beberapa negara dunia, sehingga hal ini tentunya akan meningkatkan ekonomi negara.

Artikel terkait : Pengelolaan Sumber Daya Alam – Kekayaan Alam Indonesia

2. Bidang Transportasi

Indonesia yang merupakan lalu lintas perdagangan internasional tentunya menerima dampak dari peningkatan transportasi modern dari negara maju. Dalam hal ini transportasi laut dan udara merupakan pilar utama dalam perdagangan dunia, maka dari itu Indonesia dapat melakukan transaksi pembelian alat transportasi untuk keperluan negaranya dan juga keperluan dalam perdagangan internasional seperti dalam halnya pembelian kapal, pesawat dan lain-lain. Selain itu juga harus meningkatkan transportasi dalam negeri untuk memaksimalkan pengiriman barang atau hasil pertanian dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak hanya untuk meningkatkan perdagangan saja, akan tetapi juga meningkatkan transportasi menuju tempat wisata di Indonesia.

Artikel terkait : Pengaruh Letak Geografis Indonesia

3. Bidang Komunikasi

Dalam bidang komunikasi Indonesia memiliki keuntungan lewat para pedagang asing yang masuk. Dimana warga Indonesia sebagian besar memang dituntut untuk dapat berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang sangat penting dalam berbagai hal. Tentunya dengan adanya pedagang asing yang masuk yang mungkin menawarkan kerjasama dalam suatu bidang yang menguntungkan masing-masing pihak, hal ini perlu dimanfaatkan karena dapat menimbulkan adanya hubungan internasional yang baik serta dapat menambah relasi kerja dengan negara dunia yang lainnya. Selain itu Indonesia juga akan mendapat mengalaman untuk berbahasa asing lainnya seperti belajar bahasa Jepang, Jerman, Perancis dan lain sebagainya.

Sponsors Link

4. Bidang Sosial Budaya

Indonesia yang memiliki keanekaragaman adat dan budaya inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia ini memiliki keistemewaan tersendiri. Akan tetapi budaya yang masuk ke Indonesia saat ini sudah banyak terutama budaya Barat, budaya yang masuk ke Indonesia akan dipelajari terlebih dahulu lalu kemudian digabungkan dengan budaya masyarakat sekitar sehingga tercipta akulturasi antara budaya lokal dengan budaya asing.

Hal inilah yang menjadi keistimewaan dari budaya Indonesia yang dapat menerima dan mengembangkan budaya asing menjadi lebih baik. Dengan demikian penyebaran budaya di Indonesia menjadi mudah dilakukan dan tentunya dengan tetap menjadi nilai budaya lokal tanpa menguranginya.

Artikel terkait : Manfaat Letak Geologis Indonesia

5. Bidang Pariwisata

Keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke tidak perlu diragukan lagi. Sebab di setiap wilayah di Indonesia ini memiliki keindahan dan keistimewaan yang tidak ada di negara lain. Maka dari itu Indonesia dapat memanfaatkan keindahan alam tersebut untuk lebih di perhatikan di eksplor untuk menarik wisatawan luar negeri yang berkunjung ke negara ini. Salah satunya adalah dengan menetapkan beberapa tempat tujuan wisata utama di Indonesia yang indah dan harganya terjangkau, salah satu yang sudah terkenal hingga saat ini adalah wisata di Bali yang memiliki sejuta keindahan alam tersendiri.

Sponsors Link

Indonesia juga dapat memanfaatkan lautnya yang juga memiliki keindahan yang tak terduga karena laut Indonesia memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistem air laut yang masih terjaga hingga saat ini. Seperti laut Selatan Jawa yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling atau sekedar untuk menikmati sunset maupun keindahan pantainya. Tidak hanya laut saja, tapi Indonesia yang memiliki banyak pegunungan aktif serta lingkungannya yang asri ini juga dapat dijadikan tempat tujuan wisata hiking. Banyak gunung-gunung di Indonesia yang didaki oleh wisatawan luar negeri maupun anak bangsa seperti Puncak Jayapura yang sangat tinggi, Gunung Andong, Gunung Kerinci, Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Semeru, Gunung Tangkuban Perahu dan lain sebaginya.

Artikel terkait : Fungsi Ekosistem Terumbu Karang

Kekurangan

Letak geografis Indonesia memang sangat strategis sehingga banyak kelebihan yang dapat diambil, akan tetapi disisi lain letak geografis Indonesia juga memiliki kekurangan yang diantaranya adalah :

  • Terjadi pencurian ikan di wilayah perbatasan laut Indonesia dengan negara lain, hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan yang ketat dari pemerintah akan zona laut Indonesia ( baca : Fungsi Batas Kelautan ZEE )
  • Terjadi pasar gelap di beberapa titik tertentu yang menyebabkan timbulnya kecurangan dalam bidang tertentu
  • Banyak warga negara asing yang tinggal di Indonesia tetapi tidak memenuhi prosedur yang telah ditetapkan
  • Terjadinya persaingan global dalam berbagai bidang yang tidak sehat
  • Masyarakat menjadi lebih konsumtif terhadap barang dari luar negeri
  • Hilangnya norma-norma yang berlaku di masyarakat yang diakibatkan oleh budaya yang masuk

Artikel terkait : Pengertian Landasan Kontinen

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 09th, November 2016 / 06:24 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi