Sponsors Link

9 Gurun Terluas Di Benua Asia dan Letaknya

Sponsors Link

Gurun sendiri merupakan daerah yang memiliki curah hujan sangat sedikit. Hanya sekitar dibawah 250 mm dalam satu tahun. Daerah tersebut terkenal luas, tandus, gersang, kering dan panas. Di bumi, ada sekitar satu pertiga bagiannya adalah dataran gurun. Sedangka 2 pertiga adalah air. Anda bisa bayangkan seberapa kecilnya tempat tinggal manusia di bumi bukan?

Sponsors Link

Jika di golongkan menjadi bentuk lintas lokasi, gurun dapat di pisahkan menjadi 4 tipe yang berbeda beda :

  • Gurun kutub atau biasa di kenal dengan polar desert yang umumnya adalah kutub utara dan kutub selatan
  • Gurun sub tropis atau biasa di sebut sb tropical desert yang umunya berada di kawasan Asia
  • Gurun musim dingin atau di kenal luas sebagai cold winter desert, biasanya berada di kawasan eropa
  • Gurun pantai dingin, merupakan gurun yang di sebut dengan istilah cool coastal desert biasanya berada di daerah Amerika Selatan, atau Afrika tenggara dan beberapa tempat tertentu

Dari berbagai jenis yang sudah di kenalkan, semoga menambah wawasan kita mengenai pengetahuan tentang gurun. Sebab biasanya yang di sebut gurun tidak hanya terbatas pada satu bagian saja. Ada yang berupa batu batuan saja, namun juga ada yang berupa es. Jika di tanya mengenai gurun terluas pertama di dunia, jawabannya adalah Gurun Antartika. Namun jika yang di tanya adalah gurun pasir terluas di dunia, maka anda bisa menjawabnya Gurun Sahara yang letaknya di Afrika Selatan

Berikut inilah gurun terluas di benua Asia, dan merupakan gurun terluas di dunia  :

1. Arabian Desert (Luas 2,3 juta km)

gurun arabiaGurun Arabian ini merupakan gurun pasir terbesar di dunia. Dengan besar sekitar 2,3 juta kilo meter persegi atau setara degan 900 ribu mil. Gurun ini sudah termasuk degan an Nafuud dan Rub al khail, yang memiliki iklim sub tropis ini terletak di Asia barat, sekitar Negara Iraq, Jordania, Quwait, Oman, Saudi Arabia, United Arab Emirates serta Yaman.

Salah satu bagian yang menarik dari gurun Arab ini adalah secara geologi memiliki plat Arab pada bagian tektonik anak benuanya. Letaknya yang berpencar terdiri dari :

  • Plato tengah merupakan kawasan sabana dan savanna padang rumput yang di gunakan untuk lembah peternakan sebab di nilai subur
  • Adanya Nefud di daerah utara yang merupakan cincin gunung, bagian yang berbatu, sebagai salah satu pelengkap gunung Sahara, berpasir, dan dalamnya sekitar 600 kaki.
  • Bentangnya dari tanah pesisir yang biasanya subur, berada di bagian barat dan selatan
  • Luasnya ini yang menyebabkan semenanjung Arab terisi pasir dan gurun yang panas.
  • Di gurun pasir ini tidak memiliki sumber mata air semacam danau atau sungai. Panas, gersang, penuh dengan batuan, tanpa adanya jalur kereta api atau jalan setapak. Karena di sana hanya ada hamparan luas yang ada hanya rute caravan.
  • Habitat yang bisa hidup di tengah panasnya gurun ini hanyalah unta saja. Sebab hewan ini mampu menahan haus, serta memiliki punuk yang berguna untuk menyimpan air dan energi di dalam dirinya. Ketika sampai ke sumber mata air, unta akan minum sangat banyak air yang berguna untuk perjalanan panjangnya.
  • Selain itu juga terdapat kaktus yang tinggi menjulang dan daun berduri. Tumbuhan tersebut memiliki akar panjang yang berguna untuk mencari air baik dari hujan maupun unsur hara di dalam tanah. Nantinya akan di serap dan di tahan di daun yang berduri. Hal ini selain di gunakan sebagai adaptasi, juga berguna untuk menangkal musim kemarau.

2. Turkestan Desert ( Luas : 1,9 Juta km)

gurun turkestanGurun Turkestan merupakan gurun terluas di dunia. Gurun ini  sebenarnya  kombinasi dari gurun luas lainnya yakni antara gurun Karakum yang letaknya berada di asia tengah lalu membentang sampai dengan gurun Kyzyl kum di Negara Kazakhstan dan Uzbekiztan. Letaknya yang panjang ini dari Asia Tengah, sampai membentang ke Negara Turki, Kazakhstan, dan Uzbekiztan . Suhu di kawasan ini sangat panas hingga mencapai diatas 50 derajat celcius sehingga tanaman yang tumbuh di wilayah gurun ini sering tidak hidup karena cuaca panas yang tinggi.

Gurun Turkestan merupakan gurun terluas di urutan ke 3 di dunia dengan luas sebesar 1,9 juta kilo meter persegi. Atau kurang lebih sekitar 750 mil persegi yang menjadi gurun terluas di Benua Asia nomer dua setelah Gurun Arabia.

3. Gobi Desert (Luas : 1,3 Juta km)

gurun gobiNama gobi sendiri memiliki sebutan lain pula di Negara dan tempat lain, misalnya untuk bahasa piyin menyebutnya Gēbì atau  (Shāmò), sedangkan untuk bahasa  Mongolia di kenal dengan sebutan Говь [Gowi]) yakni merupakan suatu sebutan untuk kawasan yang terdiri atas pasir dan gurun.

Di daerah Asia Tengah sekitar Republik Rakyat  Chinna, RRC terdapat gurun yang menjadi gurun terluas nomor empat di dunia.

  •  luas gurun gobi sebesar 1,3 juta kilo meter persegi atau setara dengan 500 ribu mil yang berada di Asia Tengah, menjuntang di Chinna dan bagian selatan Mongolia ini merupakan gurun terluas ke tiga di benua Asia setelah di bawah Gurun Arab dan Gurun Turki.
  •  Cekungan yang terdapat pada padang pasir gurun Gobi ini  di batasi oleh pegunungan Altai, lalu terdapat padang rumput savanna Mongolia di bagian utaranya.
  • Sedangkan bagian barat daya terdapat dataran tinggi Tibet dan bagian tenggara masih terdapat dataran Chinna utara.

Iklim pada gurun ini termasuk dingin yang memiliki tipologi keunikan ekologis tersendiri. Dan menurut catatan sejarah yang ada, gurun Gobi menjadi salah satu kejayaan dan bagian kota yang penting bagi jaman kekaisaran Mongol. Bukan hanya itu, lokasi yang strategis menjadikan Gurun gobi ini menjadi salah satu kota yang penting di sepanjang jalan jalur Sutra.

4. Syrian Desert (Luas : 520 Ribu km)

gurun syirianGurun Syirian merupakan salah satu gurun yang terletak di semenanjung Arabia. Namanya juga di kenal dengan sebutan Siro Arab, sebab gurun ini merupakan suatu kombinasi dari padang dan gurun yang sejati. Gurun ini pula lah yang menjadi salah satu bagian dari Al Hammad, lingkupannya melalang buana dari bagian Negara Suriah, Irak, Saudi Arabia dan Yordania.

Dengan luas gurun yang mencapai 520 ribu kilo meter persegi ini menjadikan gurun Syirian sebagai gurun nomer Sembilan di mata dunia. Sekitar kurang lebih 200 ribu mil inilah yang menjadikan gurun Syirian sebagai gurun terbesar nomer 4 di Asia.  Iklim yang ada di gurun ini termasuk sub tropic.

Sponsors Link

5. Taklamakan Desert (Luas : 480 Ribu km)

gurun taklamakanGurun Taklamakan merupakan gurun salah satu gurun yang terbesar di dunia. Gurun yang juga di kenal dengan sebutan Taklimakan ini merupakan gurun yang berada di kawasan Asia Tengah. Letaknya yang berbatasan dengan pegunungan Kunlun bagian arah selatan, serta padang pasir di sepanjang Pegunungan Pamir di sisi baratnya dan tian Shan (di kenal pula dengan Gunung kuno Imeon) di sisi utara.

Lokasinya yang berada di daerah otonomi Xinjiang Uyghur, Republik Rakyat China. Luas gurun yang sebesar 480 ribu kilo meter persegi ini mengantarnya sampai pada gurun terluas di dunia nomer 10 (menurut situs r00tzen.co.cc) dan menjadi gurun terbesar nomer 5 di dataran Asia.

6. Kyzyl Kum Desert ( Luas : 300 Ribu km)

kyzyl kumGurun Kyzyl Kum merupakan salah satu gurun terluas di dunia yang terletak di Asia tengah ini memiliki luas sebesar 300 ribu kilo meter persegi, atau sekitar 115 ribu mil persegi. Dengan luas yang sebesar itu berhasil menempatkan Gurun Kyzyl Kum sebagai gurun nomer 16 terbesar di dunia. Sedangkan di dataran Asia, menempati posisi nomer 6. Lokasinya yang melalang melintang dari Kazakhstan, Turmenistan sampai dengan Uzbekistan.

Gurun ini dikelilingi oleh padang pasir serta tumbuhan yang bisa bertahan di wilayah sekitar gurun ini. Tak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan lama jika ada di wilayah gurun ini, karena cuaca panas yang ekstrem.

7. Thar Desert (Luas : 200 Ribu km )

gurun tharGurun yang terdapat di Negara India ini merupakan suatu dataran kering kerontang yang berada di anak benua India bagian barat laut. Luasnya sekitar 200 ribu kilo meter persegi atau setara dengan 77 ribu mil persegi. Meskipun menurut tata letak terbesar,

  • Gurun Thar merupakan gurun yang terbesar nomor tujuh di benua Asia. Sedangkan di mata dunia, gurun ini merupakan gurun pasir subtropis yang menduduki posisi Sembilan besar di dunia.
  • Meskipun iklim yang di miliki Gurun ini Sub tropis, namun kenyataanya gurun ini hampir selalu panas dan kering sepanjang tahun.
  • Curah hujan tahunannya hanya mencapai 250 mm, hal ini di sebabkan karena letaknya yang berlokasi di bagian tanah lindung angin Muson timur laut dan muson barat daya.
  • Saat musim dingin menjelang, kira kira sekitar bulan Desember hingga Februari nanti, Gurun Thor di pastikan mengalami penurunan suhu yang cukup drastic, yakni 8 derajat celcius sampai – 28 derajat celcius. Sedangkan pada musim panas, kemungkinan normalnya mencapai suhu 60 derajat celcius.
  • Secara geografis, gurun ini melalang melintang di sepanjang Negara India, rajasthan, lalu masih luas lagi hingga bagian selatan Negara India, sekitar Haryana dan Punjab. Lalu meluas sampai ke utara, yakni daerah Gujarat yang konon katanya menjadi tempat Dajjal.

Gurun pasir yang terdapat di Pakistan ini meliputi provinsi Sindhu, sedangkan di bagian tenggara terdapat propinsi Punjab Pakistan. Anda pernah mendengar tentang gurn pasir cholistan? Nah letaknya dekat dengan gurun Thar yang ada di propinsi Punjab, Pakistan ini.

Sponsors Link

8. Dasht e Kavir Desert (Luas : 77.600 Km)

Iran: Dasht-e KavirDi sebut pula dengan nama Kavir-e Namak, yakni salah satu gurun pasir yang membentang di dataran tinggi kawasan tengah, Negara Irak. Luasnya yang mencapai  77.600 kilo meter persegi membawa Gurun Dasht e Kavir menduduki sebagai gurun terbesar nomer 23 untuk seluruh tipe. Di mulai dari Pegunungan Alborz sampai dengan Gurun Dasht e Lut yang berada di kawasan tenggara.

Pada siang hari, anda akan merasakan panas yang tiada terkira di sana. Pasalnya suhu siang hari rata rata mencapai 50 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari mencapai -20 derajat celcius. Meskipun bukan pada musim panas, seperti suhu di bulan Januari, gurun ini tetap di anggap panas, yakni mencapai 22 derajat celcius.

Jika anda berjalan terus menerus, pemandangan yang bisa di dapatkan adalah pasir dan kerikil yang bertebaran di mana mana. Selain itu juga terdapat danau dan rawa rawa yang indah.

9. Dasht e lut Desert ( Luas : 51.800 km )

kavir e lutDikenal pula sebagai gurun yang memiliki kandungan garam terbesar yang berada di bagian tenggara Iran. Dengan luas gurun sebesar 51.800 kilo meter persegi serta panjang berkisar 480 kilo meter dan lebar 320 kilo meter ini berhasil menghantarkannya ke posisi gurun terluas di dunia nomer 25. Letaknya yang melalang melintang antara Asia dan Afrika, membuat gurun ini terkenal dengan sebutan gurun ‘Afro Asian’. Hal ini bukan hanya berpengaruh dan bermasalah dengan letaknya, namun secara geografis letak gurun yang berada di perbatasan tersebut memnjadikan gurun ini beriklim ekstrim. Akan sangat susah sekali anda tinggal atau berada di tempat ini.

Menurut penelitian terkait yang di lakukan oleh NASA menggunakan Thermal Infrared Sensor, gurun yang terkenal ‘sangat panas’ ini memiliki suhu sebesar 71 derajat celcius. Di atas awan gurun ini  juga di selimuti oleh lava yang berwarna gelap. Menurut legenda yang beredar, lava gelap itu berasal dari gandum yang pernah terbakar.

Tingginya suhu tersebut membuat makhluk hidup apapun enggan untuk tinggal, bahkan hanya sekedar lewat saja. Tanaman kaktus yang terkenala sanggup hidup di suhu panas pun, juga tidak mampu bertahan di tempat seperti ini. Bagaimana dengan anda?

Inilah daftar gurun terluas di benua Asia. Semoga dapat membantu

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, October 2015 / 02:59 Oleh :
Kategori : Gurun