9 Gurun Paling Berbahaya di Dunia beserta Penjelasannya


Gurun, sebuah kata yang apabila kita dengar maka akan muncul berbagai bayangan seperti luas tanpa batas, pasir, dan tidak ada pepohonan. Ya, pasti sudah banyak yang mengenal apa itu gurun. Gurun sendiri merupakan suatu daratan yang berukuran sangat luas. Gurun ada bermacam- macam jenisnya, ada gurun pasir, gurun salju, dan lain sebagianya. Menurut kategorinya, gurun ini juga dibedakan menjadi beberapa macam, ada gurun yang terluas, ada gurun yang terkecil, ada gurun terpanjang, ada gurun yang terunik, ada gurun yang terindah, bahkan ada gurun yang berbahaya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gurun yang paling berbagaya di dunia.

Pengertian Gurun

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai gurun yang paling berbahaya di dunia, alangkah lebih baik apabila kita mengetahui atau mengenal gurun terlebih dahulu. Gurun merupakan suatu daera di dataran bumi yang mempunyai curah hujan sangat sedikit (yakni kurang dari 250 mm per tahun), memiliki udara yang bersifat sangat kering, dan karena itulah hampir tidak ada tumbuhan atau makhluk hidup lainnya yang mampu hidup di gurun.

Beberapa tanaman yang bisa hidup di gurun ini hanyalah beberapa jenis saja, yakni tanaman yang bisa bertahan dengan sangat sedikit air. Contoh tanaman yang hidup di ggurun adalah kaktus, dan tanaman berduri lainnya. Sementara untuk jenis hewan sendiri hanyalah beberapa saja yang bisa beradaptasi dan hidup di daerah gurun. Beberapa contoh hewan yang bisa hidup di daerah gurun sendiri misalnya serangga, ular, dan lain sebagainya.

Gurun Paling Berbahaya di Dunia

Gurun ini sangat dikenal sebagai tempat yang sangat kering. Bahkan, klasifikasi gurun sendiri dibedakan atas tingkat kekeringannya. Jenis hewan maupun tumbuhan sendiri hanya beberapa jenis yang bisa hidup di gurun. Hal ini menandakan bahwa gurun adalah tempat yang berbahaya dan tidak cocok bagi kehidupan manusia. Berikut kami  himpun beberapa gurun paling berbahaya di dunia.

  1. Gurun pasir Dasht-e Lut di Iran

Iran ternyata memiliki gurun yang berbahaya di dunia. Gurun pasir yang berbahaya ini bernama Dasht-e Lut. Nama tersebut diambil dari bahasa Persia yang mempunyai arti sebagai “lembah kekelaman”. Padang pasir ini dikatakan berbahaya karena memiliki suhu yang sangat panas. Maka dari itu nama yang diberikan terasa cocok sekali. Gurun pasir ini menduduki sebgai gurun terluas di dunia peringkat ke- 25.

Meskipun secara luas gurun ini masih banyak dikalahkan oleh gurun yang lainnya, namun suhu yang dimiliki oleh gurun ini memang luar biasa panas. Pada waktu- waktu tertentu, gurun pasir ini bisa mempunyai suhu yang mencapai 159 derajat Fahrenheit atau sekitar 70,5 derajat celcius. Dapat kita bayangkan sendiri betapa panasnya tempat ini dan suatu ketidakmungkinan bagi manusia untuk dapat bertahan hidup di tempat ini.


  1. Death Valley di Amerika Serikat

Tidak disangka ternyata Amerika Serikat mempunyai gurun yang sangat berbahaya. tidak terlalu dikenal masyarakat bahwa Amerika Serikat yang menjadi pusat peradaban modern di dunia trenyata mempunyai sebuah wilayah negara bagian yang berupa gurun. Ya, salah satu gurun yang berada di wilayah Amerika Serikat adalah Death Valley. Dari namanya saja kita sudah mengetahui betapa tempat ini sangat berbahaya. death Valley ini merupakan sebuah gurun pasir yang sangat gersang dan berada di Gurun Mojave, California, Amerika Serit. Gurun ini dikenal sebagai gurun yang berbahaya karena mempunyai suhu yang sangat panas. Bahkan pada tahun 1913, suhubyang berada di Death Valley ini pernah mencapai 134 derajat Fahrenheit atau sekitar 56,7 derajat Celcius. Suhu yang demikian itu merupakan suhu yang sangat panas dan manusia tidak akan bisa bertahan lama di tempat tersebut.

  1. Gurun Pasir Kebili di Tunisia

Tunisia mempunyai sebuah gurun yang terbilang berbahaya bagi manusia. Gurun yang dimaksud tersebut adalah gurun pasir di Kebili. Gurun pasir ini dikatakan berbahaya karena mempunyai suhu yang sangat panas. Rekor suhu terpanas yang dimiliki gurun ini adalah 131 derajat Fahrenheit atau sekitar 55 derajat Celcius.  Rekor yang demikian ini dicapai pada tahun 1910. Selain dikenal sebagai gurun pasir yang panas, gurun ini juga dikenal sebagai gurun pasir yang  memiliki lanskap indah. Hal ini terbukti dengan dijadikannya tempat ini sebagai setting film layar lebar unggulan dunia “Star Wars”.

  1. Rub Al’ Khali di Semenanjung Arab

Arab memang terkenal sebagai negara yang mempunyai tempat sangat panas. Salah satu tempat yang panas yang berada di Arab adalah Gurun Rub Al- Khali. Ya, gurun ini dikenal sebagai gurun pasir yang panas, dan karena kepanasannya inilah gurun ini dianggap berbahaya. suhu yang dimiliki tempat ini mencapai 56 derajat Celcius. Tidak hanya terkenal memiliki panas yang berlebih, gurun ini juga merupakan gurun yang terluas di dunia. Gurun ini menutupi 1/3 bagian dari semenanjung Arab (meliputi Saudi Arabia, Yaman, Oman, dan Uni Emirat Arab). Karena luas dan panasnya, maka seseorang yang ingin menyeberang tempat ini harus membawa perbekalan yang cukup dan juga menggunakan alas kaki yang tebal.

  1. Gurun Taklamakan di Asia Tengah

Gurun Taklamakan ini merupakan gurun yang terletak di Asia Tengah, tepatnya di Republik Rakyat Tiongkok. Gurun ini adalah gurun yang sangat luas yang mencapai 480.000 kilometer persegi. Sejarah mencatat, bahwasannya para petualang maupun para pedagang sangat menghindari melewati gurun ini. Hal ini karena gurun ini sangat gersang dan sangat sedikit sekali tumbuhan yang akan kita jumpai disana. Oleh karena itu, gurun ini menjadi salah satu gurun yang paling berbahaya di dunia.

  1. Gurun Gobi di Asia

Gurun Gobi merupakan salah satu gurun yang terkenal di dunia. Gurun Gobi ini terletak di Asia Tengah yang meliputi dua negara, yakni Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia. Gurun Gobi merupakan gurun yang luasnya mencapai 1.295.000 kilometer persegi. Gobi sendiri adalah sebuah nama yang memiliki arti “sangat besar dan kering”. Sesuai dengan namanya, gurun mempunyai karakteristik sangat kering. Gurun Gobi adalah gurun yang paling besar di Asia. Gurun ini masuk ke dalam kategori gurun yang berbahaya karena memiliki suhu yang sangat dingin. Bahkan rekor menyatakan bahwa Gurun Gobi ini merupakan tempat terdingin di dunia dengan derajat suhu yang mencapai -40 derajat Celcius. Bayangkan, suhu yang serendah ini pastilah akan membekukan benda dengan sangat mudah. Dan karena inilah gurun ini menjadi gurun yang berbahaya di dunia.

  1. Gurun Patagonia di Amerika

Amerika mempunyai satu tempat yang berbahaya. salah satu tempat berbahaya yang dimiliki Amerika adalah Gurun Patagonia. Gurun ini lebih tepatnya terletak di Argentina. Gurun Patagonia ini merupakan gurun yang paling luas di Amerika. Luas gurun ini mencapai 673.000 kilometer persegi. Gurun ini dikatakan berbahaya karena memiliki suhu yang dingin. Suhu di gurun ini rata- rata sebesar 3 derajat Celcius dan maksimal 12 derajat Celcius. Gurun ini mengalami musim dingin selama kurang lebih tujuh bulan, dan lima bulan sisanya adalah musim panas. Selain itu, gurun ini juga seringkali mengalami pembekuan karena sifatnya yang kering sepanjang tahun. Hal inilah yang membuat gurun ini merupakan gurun yang berbahaya.

  1. Gurun Turkestan

Gurun Turkestan merupakan salah satu gurun yang berbahaya di dunia. Gurun ini terletak di Asia Tengah. Gurun ini mempunyai luas wilayah sebesar 1.900.000 kilometer persegi. Dikatakan berbahaya karena gurun ini mepunyai suhu yang sangat panas melebihi 50 derajat Celcius. Di gurun ini, tanaman gurun seringtidak dapat hidup dengan baik, sehingga tidak cocok bagi kehidupan makhluk hidup.


  1. Gurun Thar

Gurun Thar merupakan gurun yang terletak di India dan Pakistan. Gurun ini juga dikenal dengan nama Grat Indian Desert dan Marusthali yang berarti Tanah Mati. Gurun ini mempunyai luas lebih dari 600.000 kilometer persegi. Gurun ini dikatakan sebagai gurun yang berbahaya karena sering dilanda badai angin. Oleh karena itu gurun ini merupakan gurun yang sangat tidak cocok dikunjungi bagi Anda yang mempunyai masalah iritasi.

Baca juga:

Itulah beberapa gurun yang merupakan gurun yang paling di berbahaya di dunia. Gurun- gurun tersebut dikatakan berbahaya karena dilihat dari keadaan alam (kebanyakan dilihat dari suhu yang dimiliki) dan juga dari fenomena alam yang sering terjadi. Sebagain orang menganggap bahwa gurun adalah tempat yang berbahaya dan harus dihindari. Belum lagi jika bertemu dengan berbagai binatang gurun yang berbahaya juga. Namun bagi sebagian orang lagi, gurun merupakan tempat yang menantang yang justru harus dieksplor tau dikunjungi. Banyak travellers di dunia yang sengaja menjadikan gurun sebagai rute perjalanan untuk mencapai suatu destinasi tempat tertentu. Hal ini dilakukan dengan alasan tantangan ataupun sebagai hiburan. Semua ini sah- sah saja untuk dilakukan, dan tidak ada larangan, asalkan mampu menjaga diri dan membawa perlegkapan yang cukup sebagai bekal perjalanan melewati gurun.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 30th, April 2016 / 07:53 Oleh :
Kategori : Gurun