Sponsors Link

6 Fungsi Gurun Pasir dan Karakteristik Gurun

Sponsors Link

Di seluruh dunia terdapat banyak gurun-gurun yang tidak banyak orang ketahui bahwa gurun memiliki keanekaragaman hayati. Walaupun gurun terlihat sangat tandus, gurun memiliki tanaman-tanaman yang unik dan indah serta hewan-hewan liar yang bisa bertahan hidup di gurun tersebut. Gurun dapat ditemukan di setiap benua, banyak manusia yang mengunjungi gurun untuk berwisata serta menikmati keindahan keanekaragaman hayati yang terdapat di wilayah gurun-gurun tersebut.

Sponsors Link

Gurun memiliki beberapa fungsi serta banyak manfaat bagi kehidupan manusia yang tidak banyak diketahui banyak orang. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa fungsi gurun bagi seluruh keanekaragaman hayati yang ada di gurun.

1. Cangkang tebal kura-kura gurun berfungsi untuk membantu mengurangi kehilangan air

Gurun yang memiliki cuaca panas sehingga tak banyak hewan atau tumbuhan yang dapat bertahan ditempat kering tersebut. Namun berbeda dengan hewan kura-kura ini, hewan ini bisa bertahan bahkan dapat berkembang biak dalam kondisi kering, meskipun suhu gurun tinggi namun kura-kura ini dapat bertahan hidup dan tidak kekurangan air karena cangkang tebal kura-kura bisa membantu untuk kura-kura mengurangi kehilangan air dan memiliki tubuh yang ramping, kaki yang lebih lama untuk melepaskan panas dan kelebihan pelapis untuk mengurangi kehilangan air.

2. Tanaman Gurun Memiliki Fungsi Sebagai Kehidupan Manusia

Tidak banyak tanaman yang bisa hidup di gurun, karena cuaca yang panas dan kering tidak memungkinkan tumbuhan bisa bertahan hidup, hanya sebagian tanaman tertentu saja yang dapat bertahan dengan sumber air yang jarang di sekitar wilayah gurun. Di lain hal itu ternyata ada tanaman yang dapat memberikan kegunaan manusia yang penting yaitu jojoba. Tahukah anda dengan tanaman jojoba ini? mungkin tak banyak orang yang terlalu mengenal dengan tanaman jojoba ini. Jojoba merupakan semak gurun yang memiliki kualitas tinggi, semak gurun memiliki kandungan minyak yang memiliki kualitas tinggi yang dalam industri komersial saat ini digunakan dalam produk seperti lotion, shampoo.

Namun pada negara yang berbeda jojoba ini memiliki fungsi lain. Di Amerika jojoba memiliki fungsi sebagai kosmetik dan obat yang sudah digunakan sejak Perang Dunia II masih berlangsung.

3. Spesies Semut Yang Ada di Gurun

Gurun memiliki fungsi penting terhadap spesies semut yang hidup di gurun. Terdapat banyak macam-macam semut yang bisa bertahan hidup di wilayah gurun yang kering. Karena pada wilayah gurun yang jarang turun hujan, maka semut-semut yang hidup di gurun memiliki cara untuk tetap bertahan hidup di gurun dengan cara mengumpulkan biji dari tumbuhan yang ada di sekeliling wilayah gurun dan menyimpannya sampai musim kemarau tiba.

4. Kehidupan Reptil di Gurun

Gurun memiliki fungsi penting bagi kehidupan reptil. karena reptil merupakan jenis makhluk hidup yang sangat menarik serta bisa bertahan hidup di gurun pasir.  Dengan suhu yang tinggi di wilayah gurun, reptil yang hidup di gurun bisa menyesuaikan suhu tubuh mereka yang sangat mudah untuk menyesuaikan diri dengan suhu panas yang ada di gurun. Dan biasanya reptil yang biasanya dapat bertahan hidup di gurun adalah kadal dan ular. Banyak sepesies ular derik yang hidup di gurun, ular derik memiliki suara bising yang dapat memperingati musuh untuk menjauh. Jika manusia tidak berhati-hati manusia akan diserang dan menyuntikkan racun dengan taring yang tajam. Dan maish banyak jenis ular lainnya selain ular derik seperti ular kobra, ular raja dan lain-lain.

Kadal merupakan kategori spesies ke dua yang hidup di gurun. Kadal merupakan hewan yang paling aneh menurut orang yang tidak pernah melihat kadal di daerah gurun, kadal memiliki sisik yang tajam yang digunakan untuk pertahanan hidup di wilayah gurun. Kadal merupakan hewan yang berbahaya yang ada di gurun karena ketika musuh mendekat kadal akan membuka lebar mulutnya. Hal ini membuat bahaya terlihat lebih besar dan menakutkan.

Sponsors Link

5. Kehidupan Burung di Gurun

Burung adalah jenis hewan yang lain yang dapat bertahan di gurun yang cuacanya ekstrim. Karena burung meiliki cara yang unik untuk bertahan  hidup di gurun yaitu dengan cara memanfaatkan sebagian bulu nya menjadi bulu khusus untuk menyerap air pada saat hujan turun. Sehingga burung-burung yang ada di gurun dapat bertahan hidup dengan mencari makan dengan caranya sendiri.

6. Kehidupan Mamalia di Gurun

Ada beberapa banyak jenis mamalia yang ada di gurun, yang memiliki beberapa ukuran yang berbeda-beda dari mulai mamalia yang terkecil sampai yang terbesar. Mamalia biasanya harus tetap dingin dan meminum air banyak, sehingga mamalia biasa akan keluar pada malam hari dengan memiliki cara untuk bertahan hidup seperti menggali lubang di tanah untuk hidup pada siang hari.

Penjelasan diatas merupakan fungsi gurun yang membantu banyak  makhluk hidup yang hidup di sekeliling wilayah gurun. Setelah penjelasan dari fungsi gurun tersebut, kita akan menjelaskan mengenai fitur karakteristik gurun.

Fitur Karakteristik Pada Gurun

Selain gurun memiliki beberapa jenis di seluruh dunia bahkan hampir disetiap benua terdapat gurun, namun gurun-gurun memiliki beberapa karakteristik komponen yang berbeda-beda dari ekosistem gurun yang lainnya

Berikut adalah penjelasan karakteristik pada gurun :


1. Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah komponen yang nutrisinya berasal dari dalam tanah dan lingkungan udara. Fitur karakteristik yang ada pada komponen abiotik adalah kurangnya bahan organik pada tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air.


2. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang berasal dari makhluk hidup. Komponen biotik yang akan mewakili 3 kelompok fungsional adalah :

1. Organisme produsen

Pada produsen yaitu semak-semak, beberapa rumput-rumput dan pohon. Dan aneh nya banyak banyak spesies tanaman yang dapat bertahan hidup di daerah padang pasir ini dan kebanyakan dari tanaman ini menyimpan air, namun tanaman lainnya juga memiliki biji yang tertidur sampai hujan membangunkan mereka. Dan dari berbagai jenis tanaman lainnya pun dapat menemukan cara untuk mendapatkan air dan melindungi diri dari panas.

Pabrik gurun yang paling terkenal adalah kaktus. Adanya banyak jenis spesies kaktus yang hidup di gurun dan pada umumnya yang lebih dominan adalah kaktus yang hidup di cuaca panas tersebut. Karena kaktus memiliki lapisan lilin untuk melindungi diri dari matahari

2. Konsumen

Konsumen nya merupakan hewan yang seperti serangga dan reptil dan beberapa tikus, burung, dan beberapa mamalia juga dapat ditemukan di gurun pasir ini.


Sponsors Link

Berikut adalah penjelasan mengenai karakteristik yang terdapat pada gurun. Gurun yang ada di seluruh dunia memiliki karakteristik gurun yang berbeda-beda, gurun memiliki berbagai macam  gurun terluas di dunia dan gurun yang terkecil di bagian seluruh benua.

Semoga yang sudah dijelaskan bisa bermanfaat dan memberikan pengaruh yang baik bagi si pembaca.

Baca artikel lainnya juga mengenai fenomena alam di dunia :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 21st, September 2015 / 06:40 Oleh :
Kategori : Gurun