Sponsors Link

65 Daftar Gunung di Jawa Timur dan Ketinggiannya (#Paling Lengkap)

Sponsors Link

Daftar Gunung di Jawa Timur akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat jawa timur karena memiliki kekayaan alam hutan yang sangat melimpah. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal memiliki banyak gunung tinggi. Gunung di Provinsi Jawa Timur masih ada yang aktif mengalami erupsi, sekaligus ada yang sudah mati dan tak dapat lagi mengeluarkan lahar.

Sponsors Link

Baca juga:

Daftar Gunung di Jawa Timur

Gunung di Jawa TimurProvinsi yang beribukota di Surabaya ini memiliki banyak gunung yang tersebar di puluhan kabupatennya. Keberadaan gunung-gunung ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, baik untuk masyarakat yang bertempat tinggal maupun memanfaatkan hasil bumi dari gunung-gunung tersebut, maupun bagi masyarakat yang membutuhkan suasana tenang di gunung untuk keperluan relaksasi dan wisata dari penatnya aktivitas sehari-hari. (baca: pengertian taman wisata alam)

Berikut ini adalah daftar gunung di Jawa Timur yang perlu untuk Anda ketahui. Sudah pernahkah Anda berkunjung ke salah satu atau beberapa gunung di Jawa Timur yang tercantum di bawah ini? Mari menyimak 40 daftarnya.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru atau yang disebut juga sebagai Gunung Mahameru merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Ketinggian dari Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut.

2. Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung yang terletak di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Gunung Raung memiliki ketinggian 3.069 meter dari permukaan laut. Gunung Raung memiliki kaldera terbesar di Indonesia. Kaldera adalah kawah gunung berapi besar yang terjadi akibat adanya letusan vulkanik yang dahsyat. (baca juga : ciri-ciri danau vulkanik)

3. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung berapi kerucut di perbatasan antara Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Di lereng-lereng gunung ini terdapat banyak candi, arca dan berbagai peninggalan sejarah yang menakjubkan.

Baca Juga :

4. Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif dan dapat mengalami erupsi. Gunung ini memiliki ketinggian 3.156 m dpl. Gunung Welirang berlokasi di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. (baca juga : pengertian erupsi)

5. Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun tidak ada catatan kapan tepatnya gunung ini pernah meletus, Gunung Kawi diketahui masih berpotensi untuk mengalami erupsi pada suatu hari. Gunung ini menyimpan banyak kisah mistis yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur. Ketinggian Gunung Kawi adalah 2.551 meter dpl.

6. Gunung Butak

Gunung Butak adalah gunung berapi komposit atau yang juga disebut sebagai gunung stratovolcano. Gunung ini berbentuk kerucut dan terletak di Kabupaten Blitar, berdekatan dengan Gunung Kawi di Kabupaten Malang. Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl.

Baca juga:

7. Gunung Liman

Gunung Ngliman juga disebut sebagai Gunung Ngilman. Gunung ini terletak di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Nganjuk. Ketinggiannya adalah 2.563 mdpl.

8. Gunung Wilis

Gunung Wilis merupakan gunung berapi dorman yang terletak di enam wilayah kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Gunung Wilis memiliki banyak hutan. Ketinggian dari gunung ini adalah 2.169 meter.

9. Gunung Widodaren

Gunung Widodaren adalah bagian dari kaldera Tengger yang terkenal di kalangan pecinta fotografi. Gunung ini terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Probolinggo. Gunung Widodaren dekat dengan Gunung Bromo dan Semeru. Ketinggiannya adalah 2.614 mdpl.

Baca Juga :

10. Gunung Pananjakan

Seperti halnya Gunung Widodaren, Gunung Pananjakan juga merupakan bagian dari kaldera Tengger, sekaligus merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian 2.770 meter di atas permukaan air laut. (baca juga : pengertian taman nasional)

Sponsors Link

11. Gunung Mayang

Gunung Mayang merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gunung Mayang dikenal dengan keindahan alam, dikelilingi dengan sawah berundak-undak dan air terjun.

12. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan terakhir kali meletus pada tahun 1885.

13. Gunung Pandan

Gunung Pandan adalah gunung yang melewati tiga kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :

14. Gunung Merapi

Gunung Merapi di Jawa Timur terletak di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Ijen. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.799 mdpl.

15. Gunung Lurus

Gunung Lurus adalah gunung di pantai utara Provinsi Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari jajaran Pegunungan Iyang.

16. Gunung Kursi

Gunung Kursi adalah gunung yang memiliki ketinggial 2.581 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari kaldera Tengger yang berada di dekat dengan Gunung Bromo dan Semeru.

17. Gunung Panderman

Gunung Panderman merupakan gunung yang terletak di Kota Batu, dekat dengan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Putri Tidur dan memiliki puncak bernama Puncak Basundara.

Baca Juga :

18. Gunung Betiri

Gunung Betiri merupakan gunung tertinggi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Gunung ini berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

19. Gunung Tugel

Gunung Tugel adalah gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

20. Gunung Kembar I dan Kembar II

Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

21. Gunung Menjuluk

Gunung Menjuluk terletak di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

22. Gunung Gundil

Gunung Gundil adalah gunung yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Baca Juga :

23. Gunung Gumilir

Gunung Gumilir terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

24. Gunung Saing

Gunung Saing merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Gunung ini terletak dekat dengan Gunung Argopuro yang lebih tinggi dan lebih besar.

25. Gunung Gedang

Gunung Gedang terletak di Kabupaten Blitar Jawa Timur.

26. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro terletak di tiga wilayah Jawa Timur, yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Batu. Gunung Anjasmoro memiliki ketinggian 2.277 meter dari atas permukaan laut. Gunung ini adalah gunung yang sudah mati dan tak lagi mengalami aktivitas vulkanik. Gunung Anjasmoro termasuk masih sangat alami dan belum terlalu banyak didaki. (baca juga : cara menjaga kelestarian hutan)

27. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Gunung ini masih tergolong aktif. Ketinggiannya adalah sekitar 1.731 meter dari permukaan laut. (baca juga : laut terluas di dunia)

28. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah gunung berapi kerucut yang dahulu disebut sebagai Gunung Pawitra. Gunung ini terletak di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Ketinggian dari Gunung Penanggungan adalah 1.653 meter dari permukaan laut.

Baca Juga :

29. Gunung Ringgit

Gunung Ringgit adalah gunung di Situbondo, Jawa Timur, tepatnya di kawasan Pasir Putih. Ketinggian dari gunung ini adalah 1.250 mdpl.

30. Gunung Baluran

Gunung Baluran adalah gunung kecil yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Letak Gunung Baluran secara administratif adalah di Kabupaten Situbondo.

31. Gunung Lemongan

Gunung Lemongan merupakan gunung berapi maar yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Gunung berapi maar adalah gunung berapi yang terbentuk dari proses pengeluaran magma yang dangkal. (baca juga : pengertian intrusi magma)

32. Gunung Argapura

Gunung Argapura adalah sebuah gunung berapi yang mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura terletak di Kabupaten Probolinggo dan sekarang sudah tidak aktif lagi.

33. Gunung Suket

Gunung Suket terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung Suket berlokasi dekat dengan Gunung Raung.

34. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bagi penduduk setempat, Gunung Bromo merupakan gunung yang suci.

Baca Juga :

35. Gunung Banyak

Gunung Banyak merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

36. Gunung Menjuluk

Gunung Menjuluk adalah gunung kecil yang terletak di Sedayulawas, Kabupaten Lamongan.

37. Gunung Sekapuk

Gunung Sekapuk adalah gunung kecil di Gresik.

38. Gunung Banyuurip

Seperti halnya Gunung Sekapuk, Gunung Banyuurip juga terletak di Gresik.

39. Gunung Surowiti

Gunung Surowiti adalah gunung yang cukup terkenal di Gresik sebagai tujuan wisata religi. Di gunung ini terdapat petilasan dari salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kalijaga.

Sponsors Link

40. Gunung Pucangan

Gunung Pucangan merupakan gunung di wilayah Kabupaten Jombang. Seperti halnya Gunung Surowiti yang banyak dikeramatkan, Gunung Pucangan juga menyimpan banyak nuansa religius yang terkenal di kalangan penduduk setempat.

41. Gunung Lempor

42. Gunung Malang

43. Gunung Manukan

44. Gunung Gembes

45. Gunung Beruk

46. Gunung Gajah

47. Gunung Jompong

48. Gunung Pegat

49. Gunung Gemblung

50. Gunung Suroloyo

51. Gunung Palung

52. Gunung Cilik

53. Gunung Slurung

54. Gunung Sepang

55. Gunung Jepen

56. Gunung Puyang

57. Gunung Kemukus

58. Gunung Limo

59. Gunung Ganjuran

60. Gunung Lanang

61. Gunung Liman/ Ngliman

62. Gunung Takiran

63. Gunung Pecet

64. Gunung Kendil

65. Gunung Pandan

Demikianlah daftar gunung di Jawa Timur yang perlu untuk diketahui. Hal ini juga menandakan bahwa indonesia kaya akan sumber daya hutannya yang melimpah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 10th, July 2017 / 07:23 Oleh :
Kategori : Gunung