12 Daftar Gunung di Jawa Barat


Taukah anda mengenai daftar gunung yang ada di seluruh dunia? memang kata gunung sudah tidak asing lagi, bahkan sudah banyak orang yang mengetahui tentang gunung. Gunung adalah fenomena alam yang memberikan keindahan bagi orang yang berwisata ke tempat gunung karena gunung memberikan keindahan tersendiri pada setiap orang yang datang ke wisata pegunungan.

Pegunungan yang ada di seluruh indonesia bergantung pada iklim di indonesia. Iklim di indonesia memang sangat mempengaruhi di sebagian daerah pegunungan yang akan memberikan dampak positif maupun negatif pada di setiap pegunungan. Gunung di indonesia terbagi di seluruh daerah dengan keindahan masing-masing yang di setiap pegunungan, termasuk pegunungan yang ada di Jawa Barat.

Berikut adalah penjelasan beberapa Daftar Gunung di Jawa Barat :

1. Gunung Bukit Tunggul

gunung bukit tunggulgunung bukit tunggulGunung Bukit Tunggul adalah salah satu sisa dari letusan besar Gunung Sunda. Letusan besar yang terjadi pada Gunung Sunda sudah lama terjadi yaitu pada zaman prasejarah. Di kawasan Gunung Bukit Tanggul ada beberapa tipe hutan, antara lain hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Ericaceous, dan hutan Montane. Ketinggian Gunung Bukit Tangul yaitu 2.209 meter atau 7.247 kaki. Gunung yang berjenis strato ini menjadi puncak tertinggi yang dimiliki Pegunungan Lembang atau Bandung Utara.

Walaupun gunung bukit tanggul ini jarang di daki, akan tetapi gunung bukit tanggul ini memiliki pesona yang indah sama seperti gunung yang lainnya, Bahkan menurut legenda gunung bukit tunggul ini berasal dari sisa-sisa kayu yang dijadikan bahan perahu dalam pembuatan perahu legenda sangkuriang.

2. Gunung Burangrang

gunung burangrangGunung Burangrang sama seperti Gunung Bukit Tanggul yang merupakan sisa dari letusan Gunung Sunda. Gunung burangrang yang memiliki sungai, danau, tebing dan pendakian yang terjal  serta keindahan yang di bagian jejeran pegunungan yang terbentuk akibat letusan gunung sunda purba.

Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Sunda ini merupakan gunung api mati. Di kawasan Gunung Burangrang terdapat hutan dengan beberapa tipe seperti hutan bukit, hutan Montane, hutan Ericaceous, dan hutan Dipterokarp Atas. Ketinggian Gunung Burangrang yaitu 2.064 meter atau 6.772 kaki. Gunung yang sering dijadikan sebagai tempat pendidikan dan latihan pecinta alam ini merupakan gunung berjenis stratovolcano. Situ Lembang yang merupakan daerah militer juga merupakan salah satu bagian dari Gunung Burangrang.

3. Gunung Galunggung

gunung galunggungLokasi Gunung Galunggung berada di 17 km dari kota Tasikmalaya. Gunung Galunggung pernah beberapa kali meletus dan merupakan bencana alam yang cukup besar karena menewaskan ribuan jiwa. Pasca letusan yaitu pada tahun 1984-1990, kawasan tersebut direhabilitasi dengan menata kembali jaringan yang terputus dan pembangunan kantong lahar dingin. Saat ini kawasan Gunung Galunggung menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal.

Pada gunung galunggung ini terdapat banyak pepohonan yang berwarna hijau dan batangnya yang masih kecil-kecil. Saat ini gunung galunggung dalam keadaan tidur terlelap sehingga aman dan bisa di dekati untuk berwisata ke tempat gunung galunggung ini. Obyek wisata pemandian air panas (Cipanas) di kawasan tersebut seluar kurang lebih 3 hektar. Ketinggian Gunung Galunggung sendiri mencapai 2.158 meter atau 7.110 kaki.

4. Gunung Ciremai

gunung ciremaiGunung Ceremai yang berbentuk kerucut ini terletak di tiga wilayah kabupaten yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Kawasan gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai yang luasnya mencapai 15.000 hektar. Gunung ini memiliki dua kawah atau kawah ganda, kawah barat memiliki radius 400 meter dan terpotong oleh kawah timur yang memiliki radius 600 meter. Gunung Ceremai merupakan jenis gunung api kuarter aktif yang masih aktif sejak tahun 1600. Ada banyak jalur pendakian untuk mendaki gunung ini namun yang populer adalah melalui Desa Palutungan dan Linggarjati (Kuningan) atau Desa Apuy (Majalengka). Ketinggian Gunung Ceremai sendiri mencapai 3.078 meter dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

5. Gunung Gede

gunung gedeGunung Gede berada tiga wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Gunung ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrangro. Dengan keadaan alam yang khas, dan kaya jenis flora, daerah di Gunung Gede sering menjadi tempat bagi para peneliti bahkan para peneliti luar negeri.

Ekosistem yang berada di sana selain hutan adalah danau, rawa, dan savana. Selain banyak dikunjungi oleh peneliti, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan domestik ataupun internasional. Lokasi wisata yang banyak dikunjungi misalnya Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Air Panas, dan lain-lain. Ketinggian Gunung Gede sendiri mencapai 2.958 meter atau 9.700 kaki.


6. Gunung Pangrango

gunung pangrangoGunung Pangrango terletak diantara 3 kabupaten di Jawa Barat yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur berada di sebelah Gunung Gede dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Tipe hutannya antara lain hutan gunung, hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane dan hutan Dipterokarp Atas. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Gunung ini juga memiliki keindahan tak jauh berbeda dengan gunung yang lainnya, memiliki pemandangan yang indah, pepohonan yang hijau serta terdapat objek wisata yang banyak di sukai oleh para pengunjung.

sedangkan gunung yang paling tinggi adalah Gunung Ceremai. Ketinggian Gunung Pangrango mencapai 3.019 meter atau 9.905 kaki. Puncaknya sendiri bernama Puncak Mandalawangi.

7. Gunung Papandayan

gunung papandayanGunung Papandayan berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di gunung ini terdapat beberapa kawah terkenal antara lain Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Gunung Papandayan memiliki keanekaragaman flora dan fauna seperti edelweiss, puspa, pohon suagi, trenggiling, kijang, lutung, dan lain-lain. Gunung ini terdapat kawah yang lumayan memberikan efek panas bagi tubuh, namun kawah panas itu tidak mengurangi jumlah banyaknya pengunjung yang ingin berkunjung ke gunung papandayan ini.

Daerah yang paling banyak menarik wisatawan salah satunya adalah Kawah Papandayan. Di kawah tersebut terdapat lubang-lubang yang bisa menghasilkan suara-suara unik. Gunung yang sudah beberapa kali meletus ini memiliki ketinggian 2.665 meter atau 8.740 kaki.

8. Gunung Salak

gunung salakGunung Salak berada di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor dan dikelola sebagai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Gunung yang sudah cukup tua ini memiliki beberapa puncak dengan puncak tertinggi yaitu Puncak Salak I, ketinggiannya mencapai 2.211 meter dari permukaan laut. Nama Salak sendiri bukan berasal dari buah salak namun dari bahasa Sansekerta yaitu “salaka” yang artinya “perak”.

Meskipun tidak terlalu tinggi namun pendakian di gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena medan dan karakteristik vegetasinya. Jenis hutan yang ada di Gunung Salak yaitu hutan pegunungan bawah atau submontane forest dan hutan pegunungan atas atau montane forest.

9. Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahugunung tangkuban perahuGunung Tangkuban Perahu atau Tangkuban Parahu berada 20 km dari kota Bandung. Gunung ini cukup terkenal dengan legenda rakyat setempat. Asal-usul dari Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda seorang anak bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Selain legendanya, Gunung Tangkuban Perahu dikenal masih cukup aktif. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya gas belerang dan sumber-sumber air panas yang ada di kaki gunung.

Aktivitas Gunung Tangkuban Perahu sebagai gunung api aktif terus mendapatkan pengawasan. Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Lembang, Bandung Barat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan. Gunung dengan ketinggian 2.084 meter atau 6.837 kaki ini pernah mengalami letusan kecil pada tahun 2006.


10. Gunung Kamojang

gunung kamojangGunung Kamojang merupakan sumber panas bumi yang berada di Jawa Barat. Gunung Kamojang sendiri banyak dikenal dengan nama Kawah Kamojang karena banyak memiliki kawah sumber panas bumi, seperti Kawah Manuk, Kawah Kereta Api, Kawah Hujan, dan Kawah Beureum. Ada dua rute yang bisa dilalui untuk mencapai lokasi, yaitu dari arah Bandung atau dari arah Garut. Para wisatawan bisa datang ke tempat tersebut untuk melihat kawah-kawah yang dapat mengeluarkan asap dari permukaan air kawah. Sumber panas bumi tersebut dimanfaatkan oleh PLTU Kamojang, Indonesia Power, dan Pertamina. Gunung Kamojang sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.730 meter atau setara dengan 5.676 kaki.

11. Gunung Malabar

gunung malabargunung malabarGunung Malabar terletak di selatan Kabupaten Bandung. Malabar sendiri merupakan nama dari salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Puncak lainnya antara lain Puncak Mega, Puncak Puntang, serta Puncak Haruman.

Gunung dengan ketinggian 2.343 meter atau 7.687 kaki ini identik dengan perkebunan the Bosscha. Puncak Malabar cukup mudah dijangkau jika melalui daerah Pengalengan. Namun jika ingin mendapatkan pemandangan yang lebih indah maka bisa memilih mendaki ke Puncak Puntang dan Haruman. Puncak Puntang sendiri menjadi tujuan favorit dari para pendaki.

12. Gunung Guntur

gunung gunturGunung Guntur sempat menjadi gunung berapi yang paling aktif pada tahun 1800-an namun setelah itu aktivitasnya menjadi menurun. Gunung ini berada di sebelah barat dari Garut, Jawa Barat. Ketinggian dari Gunung Guntur yaitu 2.249 meter atau 7.378 kaki. Gunung Guntur manjadi salah satu tujuan pendakian karena pemandangannya yang indah dan asri. Gunung ini pertama kali didaki oleh seorang botanis dan geologis dari Prusia (Jerman) bernama Friedrich Franz Wilhelm Junghuhn pada tahun 1837. Pada pertengahan tahun 2015, gunung ini sempat mengalami kebakaran sehingga tidak bisa didaki. Kebakaran tersebut terjadi diduga karena musim kemarau sehingga banyak pepohonan atau ilalang yang kering.

Berikut adalah penjelasan mengenai Daftar Gunung di Jawa Barat. Dan masih banyak lagi gunung tertinggi di indonesia serta fenomena alam lainnya seperti ”

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 28th, September 2015 / 02:26 Oleh :
Kategori : Gunung