Sponsors Link

8 Kenampakan Alam di Asia Timur

Sponsors Link

Bumi adalah salah satu planet di tata surya (baca: Planet di Tata Surya dan Penjelasannya). Saat ini hanya bumi yang dengan jelas memperlihatkan kehidupan didalamnya. Bumi memiliki permukaan yang tidak rata akibat adanya dua tenaga. Tenaga tersebut adalah tenaga eksogen dan tenaga endogen. Akibatnya, bumi memiliki cekungan dan tonjolan yang menciptakan banyak ekosistem. Ekosistem di bumi terbagi menjadi dua, yaitu darat dan air. Ekosistem darat antara lain hutan hujan, sabana, padang rumput, gurun, hutan gugur, taiga, tundra dan karst. Sedangkan ekosistem air antara lain sungai, danau, rawa- rawa, pantai, terumbu karang, dan laut dalam. Bumi terdiri dari berbagai macam daratan, yang terbagi ke dalam benua- benua (Baca: Benua di Dunia beserta Penjelasannya).

Sponsors Link

Salah satu benua yang ada di bumi adalah benua Asia. Benua Asia adalah benua terbesar setelah benua Eropa. Benua asia mencakup hamper 8,7 persen dari total luas daratan di bumi. Benua asia terbagi menjadi asia selatan, asia barat, asia tenggara, asia tengah, dan asia timur. Setiap daerah di asia memiliki penampakan alam yang berbeda- beda. Hal ini disebabkan lokasi setiap bagian dari asia berbeda- beda.

Kenampakan Alam Asia Timur

Asia timur adalah salah satu bagian dari benua asia. Asia timur terdiri dari 8 negara. Antara lain Negara Cina, Negara Jepang, Negara Korea Selatan, Negara Korea Utara, Taiwan, Macau, Mongolia, dan Hongkong. Oleh orang eropa, asia timur sering dibilang sebagai timur jauh, karena letaknya yang sangat jauh dari benua eropa. Asia timur terkenal akan beberapa daerah yang masih mempertahankan kenampakan alam yang masih asri.

Hal ini, karena beberapa budaya di asia timur mengenal dewa- dewa yang berhunungan dengan alam. Sehingga menjaga alam dianggap penting. Berikut ini kenampakan alam di asia timur berdasarkan Negara- negaranya.

1. Cina

Cina adalah salah satu Negara di asia yang memiliki luas wilayah yang sangat besar. Total luas wilayah cina adalah 9,596,961 km persegi. Selain itu, jumlah penduduk di cina mencapai 1,339,724,852. Ibu kota dari cina adalah Beijing. Dan Beijing dinobatkan sebagai kota dengan udara berpolusi terparah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa menghirup udara di Beijing berarti telah memitong usia hingga 25 tahun.

Hal ini membuat pemerintah cina, mengubah sumber energy di cina memakai energy matahari, guna menguragi polusi. Walau begitu, cina memiliki kenampakan alam yang masih asri. Cina memiliki banyak gunung dan sungai. Selain itu cina juga memiliki sebuah gurun. Gunung yang ada di cina antara lain gunung Himalaya. Sedangkan pegunungan di cina adalah pegunungan Himalaya dan pegunungan kwuan lun. Sungai yang ada cina antara lain sungai yang tse dan sungai si kiang. Dan gurun yang ada di cina adalah gurun gobi.

2. Jepang

Jepang adalah salah satu Negara yang bersih. hal ini karena jepang memiliki budaya untuk membuang sampah di tempatnya. Sungai di jepang juga dipelihara kebersihannya. Jepang adalah Negara kepulauan yang memiliki luas 377,930 dengan jumlah penduduk berjumlah 127,950,000. Jepang memiliki budaya dengan banyak dewa. Setiap dewa mendiami daerah- daerah tertentu, sehingga beberapa daerah masih di jaga kealamiannya.

Kenampakan alam yang terkenal di jepang adalah gunung fuji. Gunung fuji masih tetap asri, karena di dalam gunung fuji dianggap sebagai keramat. Selain itu jepang memiliki banyak pegunungan. Pegunungan di jepang antara lain pegunungan kitamani, pegunungan kitami, dan pegunungan kyuryo.

3. Korea Selatan

Korea selatan adalah salah satu Negara di asia timur yang juga memiliki pulau- pulau. Luas Negara korea selatan adalah 100.210 dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar 51.448.183. walau memiliki pulau- pulau, kenampakan alam korea selatan banyak diisi oleh pegunungan dan dataran tinggi. Dataran tinggi yang terkenal di korea selatan adalah Gaemagowon.

Dataran tinggi ini juga disebuat sebagai atap dari korea karena letaknya yang cukup tinggi. Selain itu, korea memiliki banyak pegunungan. Antara lain pegunungan taebaek dan pegunungan sobaek. Gunung- gunung yang termasuk dalam pegunungan taebaek adalah gunung nangnimsan dan gunung geunggamsan.

4. Korea Utara

Korea utara adalah salah satu Negara paling tertutup di dunia. Luas dari korea utara adalah 120,538 dengan jumlah penduduk sekitar 24,346,000. Mengunjungi korea utara tidaklah mudah. Selain itu banyaknya peraturan, sehingga tidak semua tempat dapat di foto saat berkunjung ke korea utara. Korea utara dan korea selatan adalah dua Negara dengan budaya serta letak geografis yang sama.

Akan tetapi, perbedaan dari idiologi, membuat korea terpecah menjadi utara dan selatan. Walau begitu, korea utara memiliki penampakan alam yang indah. Pegunungan yang ada di korea adalah pegunungan kangnam, pegunungan nangning, dan pegunungan hamgyong. Salah satu gunung di korea utara adalah gunung paektu. Gunung paektu adalah gunung api yang sudah punah.

Sponsors Link

5. Taiwan

Taiwan adalah salah satu Negara dengan luas yang kecil. Luas Negara Taiwan sekitar 36,188 dengan jumlah penduduk sekitar 23,174,528. Secara letak geografis, Taiwan adalah salah satu pulau besar milik cina. Akan tetapi saat terjadi perau saudara di cina antara pendukung partai komunis dan pendukunh partai nasionalis. Pendukung partai nasionalis akhirnya pindah ke pulau Taiwan, dan mendirikan Negara Taiwan di pulau tersebut. Taiwan adalah sebuah Negara yang memiliki banyak pegunungan. Pegunungan di Taiwan antara lain Pegunungan Zhongyang, Pegunungan Yushan, Pegunungan Xie Shan.

6. Macau

Macau adalah sebuah daerah administrasi khusus. Hal ini terjadi karena perjanjian antara cina dan Portugal. Luas macau sekitar 30.3 dengan jumlah penduduk 642.900. macau terkenal dengan julukan las vegas asia, karena tempat perjudian terbesar di asia terdapat di macau. Macau adalah Negara kepulauan. Pulau di macau antara lain pulau taipa, pulau cotai, dan pulau coloane.

Sponsors Link

7. Mongolia

Mongolia adalah sebuah Negara yang berada di tengah- tengah kawasan asia timur. Mongolia adalah sebuah Negara bekasa jajahan cina yang merdeka pada tahun 1921 tetapi baru di akui oleh cina pada tahun 1949. Luas wilayah Mongolia sekitar 1.566.000 dengan jumlah penduduk sekitar 3.033.017. Penampakan alam di Mongolia cenderung gersang. Hal ini karena Negara Mongolia terletak di gurun gobi. Titik tertinggi Mongolia adalah bukit khuiten. Selain itu, wiayah Mongolia banyak diisi oleh stepa dan pegunungan yang dingin.

8. Hongkong

Hongkong adalah Negara yang sama dengan macau, yaitu daerah khusus administrasi. Hongkong pada awalnya adalah Negara jajahan inggris. Lalu menjadi daerah khusus administrasi pada tahun 1984. Luas wilayah hongkong sekitar 1.104 dengan jumlah penduduk sekitar 7.234.800. hongkong disebut sebagai Negara terhijau di asia karena penampakan alamnya yang tetap terjaga. Hongkong adalah daerah kepulauan. Pulau di hongkong adalah Pulau Lantau, Kowloon dan New Territories. Gunung tertinggi di hongkong adalah gunung tai mo san.

Baca Juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, January 2017 / 03:50 Oleh :
Kategori : Geomorfologi