Sponsors Link

11 Manfaat Danau bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup

Sponsors Link

Danau (baca: macam-macam danau) sebagai salah satu bentuk mata air (baca: proses terjadinya mata air) yang ada di wilayah daratan mempunyai banyak sekali  keistimewaan. Tidak hanya mempunyai fungsi bagi semua yang ada di sekitarnya, namun juga menyimpan nilai keindahan. Air yang berada di tengah- tengah daratan (baca: ekosistem darat) tentu saja akan membawa banyak sekali fungsi atau manfaat. Beberapa manfaat danau ini antara lain sebagai berikut:

Sponsors Link
  1. Memenuhi kebutuhan air sehari hari

Manfaat dari danau yang pertama adalah memenuhi kebutuhan air sehari- hari. Manusia, biantang dan juga tumbuhan pastilah mempunyai kebutuhan terhadap air yang besar setiap harinya, maka danau ini membantu menyediakan kebutuhan air yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari ini. Air yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari ini bisa jadi untuk minum, membersihakn diri atau badan, serta membersihkan pakaian dan lain sebagainya.

Air yang digunakan pun adalah air yang tawar (baca: ekosistem air). Untuk membantu mengatasi problematika kebutuhan air tawar maka danau air tawar ini menyediakan air tawar yang bisa digunakan secara langsung oleh makhluk hidup. Namun, selain air tawar saja yang disuguhkan, jenis danau juga menyediakan macam air lainnya seperti danau air asin. Namun keberadaan danau yang paling umum kita ketahui dan kita temui adalah danau air tawar.

  1. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Fungsi danau yang selanjutnya adalah menjadi penyumbang pembangkit listrik. Danau bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kekuatan air yang dimiliki oleh danau ini energinya bisa dirubah menjadi salah satu jenis pembangkit listrik. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi manusia sebagai pengguna listrik. Sehingga danau akan menunjang terbentuknya aliran listrik yang nantinya manfaat dari listrik tersebut akan kembali dirasakan oleh manusia.

Dengan adanya listrik maka kehidupan manusia akan lebih modern dan juga lebih mudah dan terarah. Listrik juga bisa dengan mudah membantu kehidupan manusia sehari- hari dalam berbagai bidang. Dan listrik bisa dihasilkan oleh beberapa macam jenis pembangkit listrik, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), Pembangkit Listrik tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dan lain sebagainya.

  1. Sebagai sarana atau sumber irigasi

Fungsi danau yang selanjutnya adalah sebagai sumber irigasi (baca: jenis-jenis irigasi). Irigasi yang dimaksudkan adalah pengairan untuk mengairi area pertanian. Danau sebagai tempat yang menampung banyak air tawar akan sangat membantu untuk mengairi area pertanian. Dengan demikian pertanaian akan mendapatkan cukup air untuk memenuhi atau mengairi tanaman- tanaman yang ada di area tersebut.

Oleh karena itu pula tanaman- tanaman pertanian kita bisa menjadi lebih subur (baca: ciri-ciri tanah yang subur dan tidak subur). Irigasi biasanya mengambil dari manfaat sungai . Namun jika ada danau di sekitar area pertanian tersebut maka air juga bisa didapatkan dari danau tersebut tanpa harus melalui sungai yang berada di sekitarnya.

  1. Membantu proses produksi barang

Danau juga bisa dimanfaatkan untuk membantu proses produksi barang. Hal ini biasa terjadi di pabrik- pabrik besar yang dalam kegiatan produksinya membutuhkan supply air yang banyak. Biasanya pabrik- pabrik besar demikian ini akan memanfaatkan air danau untuk memenuhi kebutuhannya. Air danau (baca: ekosistem danau) yang banyak tersebut akan bisa melancarkan proses produksi sebuah pabrik.

Contoh pabrik- pabrik yang biasanya membutuhkan air yang banyak adalah pabrk pengolah makanan, fiber, dan juga biochemical. Selain pabrik, usaha- usaha kecil masyarakat pun juga membutuhkan peranan air. Oleh karena itulah danau juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan proses produksi barang yang akan mereka buat. Hal ini tentu saja akan melancarkan proses produksi dan secara tidak langsung, danau menjadi pendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

  1. Sebagai salah satu sarana rekreasi atau wisata

Fungsi yang selanjutnya dari danau adalah danau sebagai salah satu tempat rekreasi. Hal ini sudah bukan menjadi hal baru lagi. Banyak danau- danau yang dibuka sebagai tempat wisata yang umumnya dikunjungi wisatawan. Hal ini karena pemandangan indah yang ditawarkan di sekitar danau. Danau memang biasanya dikelilingi oleh lingkungan (baca:fungsi lingkungan) yang masih rindang atau memiliki banyak pohon. Hal ini tentu saja akan memberikan pemandangan yang sangat indah sehingga sangat sayang jika dilewatkan. Selain menikmati pemandangan, kita juga dapat menikmati berbagai wahana air yang telah disiapkan.

Beberapa danau yag telah dibuka untuk tempat rekreasi telah mempersiapkan atau menyediakan berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, seperti perahu dayung, motor boat,  dan lain sebagainya. Selain wahana permainan air, ada juga danau yang menyediakan fasilitas bagi para pemancing. Hal ini tentu saja akan menarik perhatian dari kalangan pemancing khususnya untuk selalu rajin mengunjungi danau untuk menyalurkan hobinya. Danau ini juga merupakan wisata alam yang asri dan murah untuk semua kalangan. Danau cocok dijadikan tempat wisata baik sendiri, bersama keluarga, teman atau lainnya.

  1. Sebagai tempat memelihara ikan air tawar

Fungsi danau yang selanjutnya adalah sebagai tempat untuk budidaya ikan air tawar. Sebenarnya danau juga ada yang berisikan air asin, namun itu sangat jarang. Danau pada umumnya berisi air tawar dan berada di tengah- tengah daratan. Dengan adanya cekungan besar di tengah daratan ini maka kita akan mudah untuk memelihara atau membudidayakan ikan air tawar di danau tersebut. Namun dalam membudidayakan ikan air tawar nantinya harus disediakan makanan yang cukup bagi ikan- ikan tersebut. Biasanya makanan yang akan disediakan adalah makanan dari alam yang bisa berupa tumbuh- tumbuhan yang hidup di air tawar, seperti halnya enceng gondok dan lain sebagainya.

  1. Untuk pengembangan nilai budaya

Danau juga dapat digunakan untuk pengembangan nilai budaya lokal. Biasanya hal yang seperti ini masih bersifat tradisional. Sebagai contoh, danau bisa dijadikan tempat untuk upacara adat seperti larung sesajen ataupun sebagai tempat acara- acara adat lainnya. Kegiatan seperti  ini selain melestarikan nilai budaya, juga dapat merekatkan persaudaraan dan juga kerukunan antar masyarakat, sehingga masyarakat lokal pun akan semakin kuat hubungan persaudaraannya antara satu dengan yang lainnya.

  1. Sebagai sarana edukasi dan juga penelitian ilmiah

Danau juga bisa dijadikan tempat untuk belajar/ edukasi  dan juga penelitian ilmiah. Ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan objek penelitian di danau. Tidak hanya air danau saja namun juga makhluk hidup yang ada di dalamnya pun juga  bisa digunakan sebagai objek penelitian. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai manusia. Karena kita akan dapat mengetahui apa saja yang terkandung di dalam danau beserta manfaatnya.

  1. Membantu proses penyuburan tanah

Keberadaan danau di tengah- tengah daratan akan mempu membentuk kesuburan pada tanah (baca: jenis-jenis tanah). Hal ini karena danau mengandung air yang dapat meresap ke dalam tanah- tanah yang ada di sekitarnya. Tanah yang ada di sekitar danau ini otomatis akan basah dan akan menjadi lebih subur (baca: cara menyuburkan tanah) daripada ketika kondisi sedang kering.

Oleh karena itulah kita mendapati bahwa tanaman- tanaman yang ada di sekitar danau ini tampak subur dan juga hijau. Hal ini tentu saja akan membawa keuntungan bagi manusia. Manusia bisa memanfaatkan tanah yang ada di sekitar danau untuk ditanami tanaman tertentu. Selain itu pohon- pohon yang ada di sekitar danau juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat bersantai pada siang hari. Kerimbunan daunnya akan bisa dimanfaatkan untuk berteduh sehingga menjadi tempat yang sangat nyaman.

  1. Sebagai wadah resapan air tanah sehingga dapat mengendalikan banjir dan juga erosi

Danau di daratan airnya selain di dapatkan dari mata air dari dalam tanah, juga didapatkan dari air hujan (baca: proses terjadinya hujan) yang turun di kawasan tersebut. Sebagian danau justru mengandalkan air hanya dari air hujan yang turun saja. Hal ini akan menjadikan danau sebagai tempat peresapan air tanah (baca: jenis jenis air)dan juga penampungan air hujan.

Sponsors Link

Dengan demikian danau ini akan membantu mencegah terjadinya banjir (baca: jenis-jenis banjir) apabila hujan yang turun cukup deras. Sehingga hal ini akan melindungi Bumi dari resiko terkena banjir. Selain banjir, danau juga akan menjauhkan tanah terkena erosi tanah karena sebagian besar hujan yang turun lebat akan menimbulkan terjadinya erosi tanah.

  1. Sebagai sarana olahraga

Danau juga mempunyau manfaat lain, yakni dipergunakan sebagai sarana olahraga. Banyak sekali olahraga air yang kita ketahui dan sering dilakukan oleh orang- orang, seperti jet ski, dayung, paralayang, dan lain sebagainya. Jika olahraga membutuhkan tempat atau sarana air yang cukup besar, maka danau bisa menjadi tempat untuk melakukan olahraga tersebut. Danau dengan ukuran yang cukup luas bisa digunakan sebagai tempat berolahraga secara umum karena bisa menampung orang yang olahraga dalam jumlah banyak. Selain itu danau juga bisa digunakan sebagai arena pertandingan olahraga air karena bisa menampung banyak peserta lomba.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari adanya danau ini. danau yang ada di sekitar kita atau berada di wilayah daratan tertentu pastilah mempunyai banyak manfaat, bahkan lebih dari yang telah disebutkan. Manfaat dari danau terkadang kita sadari ataupun tidak. Meskipun terkadang kita tidak menyadari kebermanfaatan dari danau ini, namun kita sebagai manusia wajib menjaga dan memelihara danau agar tetap lestari (baca: cara menjaga kelestarian danau) sehingga tetap bisa memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 15th, August 2016 / 11:50 Oleh :
Kategori : Danau