Sponsors Link

10 Danau Terluas di Indonesia dan Letaknya

Advertisement

Danau merupakan sebuah cekungan di permukaan bumi yang  memiliki ukuran sangat besar dan digenangi oleh air. Air yang berada di danau dapat berupa air tawar maupun air asin. Danau juga memiliki berbagai jenis, seperti danau tektonik, danau vulkanik dan danau floodplain (baca: Macam Macam Danau). Selain itu, danau merupakan salah satu sumber air yang bisa kita lihat keindahan alamnya. Indonesia memiliki berbagai bentuk danau yang sering dijadikan tempat destinasi wisata (baca: Manfaat Danau). Berikut adalah penjelasan sepuluh danau terluas di Indonesia beserta letaknya.

10. Danau Tempe (130 km2)

Urutan kesepuluh dari daftar danau terbesar di Indonesia adalah Danau Tempe. Salah satu keunikan dari danau ini adalah memiliki nama yang sama dengan nama makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai. Danau ini memiliki luas 130 km2 dengan kedalaman 5 meter. Letaknya berada di Kabupaten Wajo- Propinsi Sulawesi Selatan dan termasuk dalam jenis danau tektonik (baca: Ciri ciri Danau Tektonik). Masyarakat di sekitar Danau Tempe mempunyai tradisi unik yang dijadikan festival laut setiap tahunnya. Festival tersebut diberi nama Maccera Tappareng dan diselenggarakan setiap tanggal 23 Agustus. Pada festival Maccera Tappareng, masyarakat memotong sapi sebagai simbol penyucian danau.

9. Danau Semayang (130 km2)

Danau Semayang menempati urutan kesembilan dari daftar danau terbesar di Indonesia. Luasnya tak berbeda dari Danau Tempe, yakni 130 km2. Akan tetapi danau ini memiliki kedalaman 6 meter. Danau Semayang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara- Propinsi Kalimantan Timur. Danau ini berdekatan dengan danau lain yang diberi nama Danau Melintang/ Jenis Danau Semayang adalah danau floodplain yang terbentuk akibat beberapa sungai banjir (baca: banjir air) yang menutupi daratan lumpur pasir. Keanekaragaman hayati di Lingkungan danau Semayang cukup tinggi, termasuk biota perairan maupun terestrial, juga sumber daya air yang melimpah untuk berbagai aktivitas masyarakat sekitar. Bisa dikatakan lingkungan Danau Semayang merupakan zona yang memiliki kekayaan plasma nutfah yang dan wilayah ekologis yang mempunyai nilai ekonomi potensial untuk berbagai kegiatan.

8. Danau Rombebai (137,49 km2)

Selanjutnya, di urutan kedelapan dari sepuluh danau terluas di Indonesia adalah Danau Rombebai. Dilihat dari namanya, Anda bisa menebak kalau danau ini berada di Propinsi Papua, lebih tepatnya di Kabupaten Sarmi.  Luas danau Rombebai sekitar 137,49 km2. Sama dengan Danau Semayang, Danau Rombebai juga termasuk dalam danau floodplain yang berada di aliran Sungai Mamberamo. Meskipun Danau ini berada 20 km dari lautan tetapi pernah ditemui adanya ikan hiu di perairan danau air tawar ini, hal ini menginggat danau ini terhubung dengan sungai mamberamo di mana sungai ini mengalir deras sampai Samudera Pasifik.

7. Danau Paniai (145 km2)

Urutan ketujuh dari sepuluh danau terluas di Indonesia adalah Danau Paniai. Danau ini memiliki luas sekitar 145 km2 dan terletak di propinsi yang sama dengan Danau Rombebai, tepatnya di Kabupaten Paniai. Letaknya berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut ( baca : Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah ). Danau Paniai jauh lebih dalam dari dua danau sebelumnya. Kedalamannya mencapai 50 meter dan tergolong dalam jenis danau tektonik. Keindahan Danau Paniai diakui oleh utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Se-Dunia yang dihelat di India pada tanggal 30 November 2007.

6. Danau Jempang (150 km2)

Danau Jempang menempati urutan keenam dari sepuluh danau terluas di Indonesia. Luas danau ini sekitar 150 km2 dan memiliki kedalaman 6 meter saja. Danau Jempang terletak di Kabupaten Kutai Barat- Propinsi Kalimantan Timur dan tergolong dalam jenis danau floodplain yang berada di aliran Sungai Mahakam. Danau Jempang merupakan salah satu danau yang terbesar dari sekitar 76 danau yang tersebar di daerah aliran sungai Mahakam. Terdapat banyak kawanan burung kuntul di sekitar Danau Jempang. Hal ini dikarenakan terdapat cukup ikan yang menjadi makanan utama burung tersebut.

5. Danau Matano (164, 1 km2)

Berikutnya di urutan kelima dari sepuluh danau terluas di Indonesia adalah Danau Matano. Danau ini berukuran 164, 1 km2 dengan kedalaman 590 meter. Bisa dikatakan bahwa Danau Matano termasuk dalam danau paling dalam di Indonesia. Letak Danau Mantano berada di Propinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu timur. Permukaan air danau berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut sehingga kedalaman air danau dari permukaan laut adalah 208 meter. Danau ini ditetapkan sebagai Taman wisata alam oleh pemerintah setempat (baca: Pengertian Taman Wisata Alam). Jenis dari Danau Matano adalah danau tektonik.

4. Danau Sentarum (275 km2)

Urutan keempat dari sepuluh danau terluas di Indonesia adalah Danau Sentranum yang terletak di Propinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu. Luas danau ini sekitar 275 km2 dengan kedalaman yang relatif dangkal yakni hanya 8 meter saja. Danau Sentarum termasuk dalam danau musiman yang mana airnya bisa surut jika tidak ada hujan. Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat menetapkan Danau Sentranum sebagai taman nasional pada tahun 1999 (baca : Pengertian Taman Nasional). Sama dengan danau- danau sebelumnya, danau ini juga termasuk dalam jenis danau floodplain.

3. Danau Poso (323,2 km2)

Di urutan tiga besar terdapat Danau Poso yang terletak di Propinsi Sulawesi Tengah. Danau Poso sangat luas dan sangat dalam. Luas danau ini mencapai 323,2 km2, sedangkan kedalamannya mencapai 450 meter. Dengan daya tarik pasir putihnya, danau tektonik ini dijadikan sebagai tempat wisata dan sudah memiliki fasilitas lengkap. Wisatawan bisa menginap di hotel dan menikmati hidangan di restauran yang letaknya berada di sekitar danau. Ekosistem air di danau ini menjadi tempat berkembangbiak berbagai jenis ikan air tawar (baca: Ekosistem danau). Misalnya ikan mujair, ikan mas, ikan nilam dan ikan lele. Keberadaan ikan- ikan yang biasa dikonsumsi tersebut juga sangat menguntungkan bagi warga yang tinggal di sekitar danau (baca: Fungsi Danau dan Cara Menjaga Kelestarian Danau).

2. Danau Towuti (561, 1 km2)

Di posisi kedua dari dari sepuluh danau terluas di Indonesia adalah Danau Towuti. Danau ini terletak di Propinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Towuti- Kabupaten Luwu Timur. Danau yang tak lebih dalam dari Danau Poso ini memiliki luas 561,1 km2. Jenis danau ini adalah danau tektonik. Seperti halnya danau sebelumnya, Danau Towuti dijadikan sebagai objek wisata alam dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang bekerja di bawah Kementrian Kehutanan (baca: Sumber Daya Alam Abiotik dan Konservasi Sumber Daya Air). Danau Towuti juga memiliki 5 pulau menawan di tengah danau yang luas yaitu Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar.

1. Danau Toba (1. 130 km2)

Danau paling luas di Indonesia adalah Danau Toba. Dengan luasnya yang mencapai lebih dari seribu kilometer persegi dan kedalaman 529 meter, danau ini sangat pantas berada di urutan pertama dari sepuluh danau terluas di Indonesia. Bahkan termasuk dalam danau terluas se-Asia Tenggara. Danau yang terletak di Propinsi Sumatera Utara ini memiliki legenda yang sangat terkenal dari generasi ke generasi. Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi (baca : Pengertian Vulkanisme), sehingga termasuk dalam jenis danau vulkanik (baca : Ciri ciri Danau Vulkanik). Di tengah danau juga terdapat pulau vulkanik yang disebut Pulau Samosir. Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosirnya menjadi daya tarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Demikian pembahasan tentang danau terluas di Indonesia. Semoga menjadi pengetahuan tambahan dan referensi tempat wisata bagi pembaca.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 17th, February 2017 / 00:00 Oleh :
Kategori : Danau