5 Danau Terluas di Benua Amerika dan Letaknya


Hampir semua benua memiliki kenampakan alam berupa danau (baca: Macam Macam Danau), tak terkecuali dengan benua Amerika (baca : Benua Terbesar di Dunia). Beberapa danau di benua Amerika bahkan termasuk dalam daftar danau terluas di dunia. Berikut adalah penjelasan tentang lima danau terluas di benua Amerika dan letaknya. (Baca juga : Danau Terluas di Benua Asia, Danau Terluas di Benua Eropa, dan Danau Terluas di Indonesia)

  1. Danau Erie (25.667 km2)

Urutan ke-5 dari daftar danau terluas di benua Amerika adalah Danau Erie. Danau ini terletak di Amerika bagian utara, tepatnya diantara dua buah negara yakni Kanada dan Amerika Serikat. Luas permukaan danau ini sekitar 25,667 kilometer persegi. Danau Erie memiliki kedalaman rata- rata 19 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 64 meter. Panjang danau ini adalah 388 kilometer dan lebarnya hanya 92 kilometer saja. Volume air yang dapat tertampung di danau Erie sebanyak 480 kilometer kubik. Sungai utama yang mengalir menuju Danau Erie yakni Sungai Detroit, sedangkan sungai yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai Niagara dan Kanal Welland (baca: Ekosistem Sungai). Di tengah danau terdapat sekitar 24 pulau. Sedangkan di tepi danau terdapat beberapa kota seperti Ohio, Pensilvania, New York dan Michigan.

  1. Danau Michigan (57.750 km2)

Danau Michigan merupakan danau terluas ke-4 di benua Amerika. Danau yang terletak di Amerika utara ini meliputi 4 negara bagian yakni Michigan, Illinois, Indiana dan Wisconsin. Luas permukaan danau ini sekitar 57.750 kilometer persegi. Danau Michigan memiliki kedalaman rata- rata 85 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 281 meter. Panjang danau ini adalah 494 kilometer dan lebarnya mencapai 190 kilometer. Volume air yang dapat tertampung di danau Michigan sebanyak 4.900 kilometer kubik. Sungai utama yang mengalir menuju Danau Erie yakni Sungai Niagara, sedangkan sungai yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai St. Lawrence. Di tepi danau terdapat beberapa kota seperti Toronto, Ontario, dan New York.

Danau Michigan memiliki banyak daratan pantai (baca : Ekosistem Pantai). Pantai di tepi danau Michigan dijuluki sebagai pantai ketiga di Amerika serikat setelah pantai Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Pasir pantai danau tak kalah putih dan lembut. Pasir danau ini juga dikenal sebagai pasir bernyanyi karena mengeluarkan suara ketika ada yang berjalan di atasnya. Suhu udara di tepi danau cukup sejuk meski di musim panas. Suhunya berkisar antara 13 sampai 27 derajat celcius.

  1. Danau Ontario (58.016 km²)

Urutan ke-3 dari daftar danau terluas di benua Amerika adalah Danau Ontario. Danau ini terletak di Amerika bagian utara, tepatnya diantara dua buah negara yakni Kanada dan Amerika Serikat. Luas permukaan danau ini sekitar 58.016 kilometer persegi. Danau Ontario memiliki kedalaman rata- rata 86 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 244 meter. Panjang danau ini adalah 311 kilometer dan lebarnya hanya 85 kilometer saja. Volume air yang dapat tertampung di danau Ontario sebanyak 1.640 kilometer kubik. Seperti danau besar lainnya, banyaknya air di danau Ontario sering berubah- ubah sesuai dengan musim. Air danau Ontario sangat berperan dalam mempertahankan lahan basah di sekitarnya. Danau ini juga memiliki ekosistem air tawar yang penting meskipun sudah terpengaruh oleh polusi air.

Ada beberapa sungai yang mengalir menuju Danau Ontario, diantaranya yakni Sungai Fox, Sungai Grand, Sungai Menominee, Sungai Milwaukee, Sungai Muskegon, Sungai Kalamazoo dan Sungai St. Joseph. Sementara itu, sungai yang menjadi pintu keluar danau ini adalah Sungai Chicago, Sungai Mackinac dan Sungai Calumet (baca: Ciri ciri Sungai bagian Hulu dan Hilir ). Di tengah danau terdapat beberapa pulau seperti Pulau Beaver, Pulau Fox, Pulau Manitou, dan Pulau Epoufette. Sedangkan di tepi danau terdapat beberapa kota seperti Chicago, Douglas, Michigan dan Milwaukee.

  1. Danau Huron (59.595 km2)

Danau Huron merupakan danau terluas ke-2 di benua Amerika. Danau yang terletak di antara Amerika serikat dan Kanada ini memiliki luas 59.595 kilometer persegi. Panjangnya diperkirakan mencapai 325 kilometer dengan lebar 295 kilometer. Kedalaman maksimal danau Huron mencapai 230 meter dengan kedalaman rata- rata 59 meter. Volume air danau Huron sangat besar, yakni 3.543 kilometer kubik. Sungai utama yang mengairi danau ini terdiri dari Sungai Mackinac, dan Sungai Marys. Sedangkan sungai yang menjadi pintu keluar air danau adalah Sungai St. Clair. Danau Huron menjadi tempat berlalu lalang berbagai bentuk perahu dan kapal yang membawa barang muatan berupa bijih besi (baca : Manfaat Danau). Tidak ada kota besar di tepi danau ini, hanya beberapa kota kecil saja seperti Ontario, Michigan, Sarnia dan Bay City.

Danau Huron memiliki waktu resistensi 22 tahun. Seperti danau besar lainnya, ekologi danau Huron mengalami perubahan yang sangat drastis beberapa tahun belakangan ini. Predator endemic di ekosistem danau Huron hamper punah karena adanya ekploitasi dalam penangkapan ikan. Beberapa spesies juga tercatat sudah mengalami kepunahan. Upaya rehabilitasi spesies ikan di danau ini sebenarnya sudah pernah dilakukan, yakni dengan mengembangbiakan beberapa jenis ikan secara alami di dalam ekosistem air danau. Adanya kerusakan pada ekologi danau membuat hasil tangkapan ikan berkurang (baca juga: Cara Menjaga Kelestarian Danau).

1. Danau Superior (82.000 km²)

Urutan pertama dari daftar danau terluas di benua Amerika adalah Danau Superior. Bahkan menjadi danau air tawar terluas di dunia. Sesuai dengan namanya, danau ini memang danau super luas dengan permukaan seluas 82.000 kilometer persegi. Luasnya ini lebih besar dari Negara Republik Czech. Danau Superior memiliki panjang maksimal mencapai 563 kilometer dan lebar maksimalnya 257 kilometer. Kedalaman rata- rata dari danau ini adalah 149 meter dengan kedalaman maksimal mencapai 406 meter. Volume air di danau Superior diperkirakan sebanyak 12.232 kilometer kubik. Beberapa kota yang berada di tepi danau Superior adalah Ontario, Minnesota, Wiscosin, dan Michigan.

Danau Superior memiliki beberapa pulau di tengahnya. Pulau yang palung besar adalah Pulau Royale. Suku asli yang tinggal di sekitar Danau Superior disebut suku Anishinaabe. Danau Superior menjadi rute pelayaran penting bagi pengiriman bijih besi (baca: Fungsi Danau). Terdapat kasus tenggelamnya kapal SS Edmund Fitzgerald di danau ini. Legenda danau ini menyebutkan bahwa orang yang tenggelam di danau ini tidak akan bisa ditemukan karena tubuhnya tenggelam di dalam air. Tubuh orang yang tenggelam di danau ini tidak bisa mengambang karena danau ini memiliki air tawar. Tidak seperti air laut yang bisa membuat tubuh mengambang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 20th, February 2017 / 18:29 Oleh :
Kategori : Danau