14 Karakteristik Benua Asia Lengkap dengan Ciri-cirinya


Benua merupakan salah satu bagian dari permukaan Bumi (baca: bentuk permukaan bumi) yang berupa daratan (baca: ekosistem darat). Benua adalah salah satu bentuk wilayah daratan yang terdiri atas satu pulau besar (baca: pulau terbesar di dunia) maupun beberapa pulau yang letaknya berdamping- dampingan. Benua merupakan pengelompokan wilayah yang paling besar di planet Bumi. Di Bumi kita akan menjumpai beberapa nama benua, lebih tepatnya adalah tujuh benua yang ada di permukaan Bumi.

Beberapa benua yang kita jumpai antara lain adalah Benua Asia, Benua Eropa, Benua Australia, Benua Amerika, Benua Amerika Selatan, Benua Afrika, dan Benua Antartika. Dari sekian banyak benua, masing- masing benua mempunyai ciri- ciri dan identiknya masing- masing. Misalnya adalah benua yang paling besar adalah Asia (baca: benua terbesar di dunia), benua yang paling terkenal akan negara- negara majunya adalah Eropa, benua yang paling modern adalah Amerika, benua yang paling kecil adalah Australia dan lain sebagainya. Dari ketujuh benua yang telah disebutkan di atas, kita akan membahas mengenai satu benua yang merupakan benua terkenal. Benua ini adalah yang menjadi tempat atau keberadaan negara kita, Indonesia. Benua di dunia yang juga merupakan benua terbesar di dunia adalah Benua Asia.

Mengenal Benua Asia

Benua Asia merupakan salah satu benua yang ada di dunia yang mempunyai banyak sekali negara, baik negara maju maupun negara berkembang. benua Asia (baca: danau terluas di benua Asia) merupakan benua yang penting karena benua ini merupakan keberadaan banyak negara- negara yang berperan penting di dunia internasional. Benua Asia mempunyai banyak negara yang berlatar belakang berbeda seperti Melayu, Oriental, Timur Tengah dan lain sebagainya. Benua Asia juga merupakan benua yang sangat besar dan paling besar di antara semuanya. Benua Asia mempunyai banyak sekali negara dan juga memiliki wilayah laut (baca: macam- macam laut) yang luas. Benua Asia ini mempunyai banyak keistimewaan yang menjadi ciri khas dari benua ini. adapun menegani ciri benua Asia ini akan kita bahas dalam artikel ini.

Karakteristik Benua Asia

Benua Asia selain dikenal sebagai benua yang paling besar atau paling luas diantara lainnya, juga merupakan benua yang mempunyai bermacam- macam karakter. Adapun beberapa ciri dari benua Asia yang merupakan keunikan dari benua Asia ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan benua yang terluas di dunia

Fakta yang paling terkenal mengenai benua Asia adalah benua yang paling luas di dunia. Benua Asia mempunyai luas hingga berkali- kali lipat benua lainnya. Luas benua Asia ini kira-kira sekitar 43.149.671 km persegi. luas yang demikian ini merupakan luas yang meliputi seperempat dari luas daratan di muka bumi, dan hingga empat setengah kali lipat luas benua Eropa. Dengan luas sekian, benua Asia ini dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah atau rayon, seperti wilayah Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Barat, dan lain sebagainya. Dengan luas yang demikian, banyak sekali negara yang ada di benua Asia. Kebanyakan negara yang ada di benua Asia adalah negara- negara berkembang, namun ada pula beberapa yang merupakan negara maju, seperti Jepang, Tiongkok, Singapura, dan lainnya.

  1. Benua yang mempunyai penduduk paling banyak

Benua Asia selain merupakan benua yang mempunyai luas paling besar, juga merupakan benua yang mempunyai penduduk paling banyak dibandingkan dengan negara (baca: negara penghasil kopi terbesar di dunia) lain. Penduduk benua Asia sekitar 4, 436 milyar jumlah penduduk benua Asia yang sedemikian banyak ini sebanding dengan ukuran benua Asia yang besar. Hal ini menjadi sebuah hal yang masuk akal. Dengan penduduk yang banyak ini sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara- negara benua Asia ini merupakan aset yang harus mempunyai kualitas sedemikian rupa sehinga bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan cara yang bijak.


  1. Mempunyai pertumbuhan penduduk yang paling tinggi di era modern

Seperti yang telah dikatakan di atas bahwasannya benua Asia merupakan benua yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Mungkin hal seperti ini adalah hal yang wajar mengingat benua Asia ini mempunyai lebih banyak negara sehingga penduduknya juga sangat banyak bila dibandingkan dengan benua lain. Namun yang membuat unik adalah benua Asia mempunyai negara- negara yang mempunyai pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Beberapa negara yang dimaksud adalah China atau Tiongkok, dan juga India. Selain ketiga negara tersebut masih banyak lagi negara yang mempunyai tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi, mengingat benua Asia banyak mempunyai negara berkembang. pertumbuhan penduduk benua Asia yang tinggi pastinya akan menjadi masalah apabila terlalu banyak sampai tidak terkendali. Maka dari itulah negara- negara di benua Asia ini banyak yang melakukan program- program untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, termasuk Indonesia yang menggalakkan program Keluarga Berencana.

  1. Merupakan benua yang mempunyai banyak sejarah

Benua Asia merupakan benua yang memiliki banyak sekali nilai- nilai sejarah, yang juga ditunjang dengan peninggalan- peninggalannya. Beberapa peninggalan sejarah yang ada di benua Asia ini merupakan peninggalan dari peradaban yang agung dan sangat kental dengan kehidupan manusia. Peninggalan sejarah ini tersebar di seluruh penjuru benua, bahkan di setiap negara pasti mempunyai cerita sejarah dan juga peninggalannya masing- masing. Beberapa peninggalan sejarah yang terletak di benua Asia ini antara lain Candi Borobudur, Tembok besar China dan juga Ka’bah. Candi Borobudur merupakan peninggalan dari zaman Budha yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Candi Borobudur dibangun sejak zaman dahulu dan menjadi sebuah bukti bahwa peradaban Budha pernah ada di Indonesia. Candi Borobudur merupakan candi yang megah yang berdiri di atas tanah lapang dan ukurannya sangat besar. Candi Borobudur selain menjadi peninggalan sejarah yang harus dirawat, sampai saat ini candi Borobudur difungsingkan sebagai tempat ibadah dan sering digunakan sebagai tempat ibadah ketika perayaan Waisak berlangsung. Selain candi Borobudur, di daerah yang berada di sekitarnya banyak pula terdapat candi, namun lebih banyak ditemukan adalah candi bagi agama Hindhu, seperti candi Prambanan. Sama dengan Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia, hingga saat inipun candi Prambanan juga masih sering difungsikan sebagai tempat ibadah.

Tembok Besar China juga merupakan salah satu peninggalan sejarah yang berada di Benua Asia, tepatnya di Negara China atau Tiongkok. Tembok Besar China juga merupakan salah satu dari keajaiban dunia karena bentuknya yang besar, sangat menakjubkan sehingga masuk dalam keajaiban dunia. Dan Ka’bah merupakan bangunan peninggalan sejarah yang menjadi bangunan penting bagi semua umat muslim di dunia. Ka’bah merupakan saksi sejarah zaman Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail. Ka’bah sampai saat ini menjadi tempat yang sangat penting dan banyak dikunjungi umat Islam setiap tahunnya, yakni untuk menunaikan ibadah Haji dan juga Umroh. Selain tiga peninggalan tersebut, masih banyak lagi peninggalan sejarah yang ada di benua Asia.


  1. Merupakan benua yang sering terjadi gempa bumi

Benua Asia juga mempunyai ciri khas lainnya, yakni merupakan Benua yang sering banyak mengalami gempa Bumi. Gempa Bumi yang terjadi di Benua Asia ini terjadi merata di berbagai titik di Benua Asia. Bahkan ada negara yang ada di benua Asia termasuk negara yang paling sering terjadi gempa di dunia. Negara tersebut adalah Jepang. Jepang merupakan negara yang sering sekali dilanda gempa, bahkan tsunami. Karena bencana tersebut sering datang, maka orag- orang Jepang yang terkenal cerdas ini membangun bangunan yang anti gempa, sehingga mereka tidak akan mengalami takut yang berlebih terhadap gempa yang melanda gempa di negaranya. Di Indonesia sendiri juga terdapat banyak jenis- jenis gempa Bumi, baik gempa bumi vulkanik maupun gempa bumi tektonik. Gempa bumi vulkanik seringkali terjadi karena banyak gunung api yang ada di benua Asia sehingga sering menimbulkan gempa. Sementara gempa bumi tektonik sering terjadi karena lempeng yang ada di dalam bumi. Wilayah benua Asia berada di wilayah yang mempunyai lempeng tektonik.

  1. Benua yang penduduknya memiliki sopan santun yang tinggi

Benua Asia adalah benua yang sangat terkenal mempunyai penduduk yang super ramah. Selain ramah, penduduk benua Asia ini memiliki sopan santun dan mempunyai penghargaan yang tinggi terhadap tamu. Budaya ketimuran yang dianut oleh masyarakat Asia adalah budaya yang mengajarkan kelembutan dan juga kepedulian terhadap sesama. Maka dari itulah banyak penghargaan yang diberikan kepada orang lain dari penduduk Asia. Termasuk juga terhadap para turis yang sedang berlibur di wilayah Benua Asia. Mungkin karena hal ini pula banyak wisatawan dari benua lain yang sangat senang apabila mengunjungi benua Asia. Contohnya adalah Indonesia, banyak tempat- tempat di Indonesia (baca: pegunungan di Indonesia) yang menjadi tujuan turis dari manca negara. Bahkan apabila kita cermati maka banyak dari wisatawan asing itu yang menetap di indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini ditunjang oleh sifat warga Indonesia yang sangat menerima penduduk asing yang datang ke Indonesia. Penduduk Indonesia tidak hanya ramah kepada wisatawan, namun juga berlaku sopan kepada penduduk asing yang berkunjung ke Indonesia selama wisatawan tersebut juga berlaku baik di Indonesia. Namun apabila penduduk asing melakukan perbuatan yang tidak baik, maka akan diberlakukan hukuman sesuai yang berlaku di daerah, bahkan apabila harus ditahan maka penduduk asing juga akan ditahan. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak penduduk negara asing yang diberi hukuman mati karena telah melanggar hukum di wilayah Indonesia.

  1. Benua yang sepertiganya berupa pegunungan

Menurut kondisi geografis Asia, benua Asia merupakan benua yang memiliki wilayah berupa pegunungan. Pengunungan yang berada di wilayah benua Asia ini meliputi sepertiga dari total wilayah benua Asia. Pegunungan terhampar di benua Asia dan berarti itu jumlahnya banyak. Selain pegunungan, wilayah benua Asia juga banyak dihampari gunung- gunung api yang sering mengalami erupsi (baca: pengertian erupsi gunung berapi). Oleh karena banyaknya gunung- gunung api yang sering mengalami erupsi inilah benua Asia menjadi sering mengalami gempa vulkanik. Selain itu benua Asia juga merupakan wilayah yang berada di sekitar lempeng- lempeng tektonik yang ketika kbertumbukan maka bisa menghasilkan lipatan, patahan atau pegunungan. Dengan demikian gempe tektonik pun juga sering terjadi di wilayah benua Asia.

  1. Merupakan benua paling tinggi di dunia

Ada satu fakta yang sangat unik dari benua Asia ini, yakni benua Asia merupakan benua yang paling tinggi di dunia, mengapa demikian? Apakah karena benua Asia berada di wilayah lebih tinggi? padahal benua Asia sendiri secara geografis (baca: letak astronomis Indonesia dan letak geografis) mempunyai kontur wilayah yang tidak rata, dimana banyak pegunungan dan juga banyak jurang di wilayah Asia ini.

Benua Asia menjadi benua paling tinggi di dunia karena di benua Asia ini terdapat gunung atau puncak yang paling tinggi di dunia. Gunung atau puncak tertinggi di dunia ini adalah Pegunungan Himalaya dengan puncaknya Everest. Puncak di gunung ini tingginya sekitar 8.848 m dengan puncak yang sedemikian tinggi, gunung Everest ini diliputi salju yang sangat tebal dan juga dalam jumlah yang banyak.

Mengenai informasi pendakian puncak Everest ini belum banyak orang yang berhasil naik hingga puncaknya, bahkan pendaki terhandal di dunia sekalipun. Namun sejarah mencatat ada beberapa pendaki yang bisa naik hingga ke puncak dan nama-nama pendaki tersebut dikenal dan dikenang oleh dunia sebagai pendaki yang hebat. Selain gunung Everest, masih banyak pula gunung- gunung lainnya yang juga merupakan gunung tertinggi di wilayahnya dan tingginya pun tidak kalah banyak dengan pegunungan Himalaya.

  1. Benua yang mempunyai dataran tertinggi di dunia

Benua Asia selain terkenal akan pegunungannya, juga terkenal bahwa benua ini merupakan benua yang mempunyai banyak dataran tinggi. Bahkan dataran tinggi yang paling tinggi di dunia juga ada di benua Asia. Dataran yang tertinggi di dunia adalah dataran tinggi Tibet yang berada di Mongolia. Selain dataran tinggi Tibet yang terkenal, di benua Asia juga terdapat dataran tinggi lainnya seperti Dataran Tinggi Delau, Dataran tinggi Assam yang berada di India, dan masih banyak lagi. Di Indonesia pun juga terdapat beberapa dataran tinggi seperti Dataran Tinggi Dieng dan Dataran Tinggi Dago. Selain itu wilayah Bandung da juga Puncak, Bogor juga termasuk Dataran tinggi.

  1. Mempunyai Dataran Rendah yang luas

Selain terdapat banyak dataran tinggi, benua Asia ternyata juga mempunyai banyak dataran rendah yang menghiasi permukaannya, beberapa dataran rendah ini merupakan dataran rendah yang sangat luas. Beberapa dataran rendah yang ada di benua Asia antara lain adalah dataran rendah Siberia, Dataran Rendah Turan, dan Dataran Rendah Turkistan barat. Dataran- dataran rendah tersebut juga merupakan dataran rendah yang terkenal di dunia.

  1. Benua yang menjadi tempat bertemua tiga jalur pegunungan besar

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwasannya benua Asia merupakan salah satu benua di dunia yang kaya akan pegunungan. Jumlah pegunungan di benua Asia ini sangat banyak, sehingga terdapat pertemuan- pertemua diantara pegunungan- pengunungan itu adalah hal yang wajar. Dan benua Asia merupakan benua yang memiliki satu wilayah dimana wilayah tersebut merupakan tempat bertemunya bagi beberapa jalur besar pegunungan. Jalur pegunungan yang saling bertemu itu jumlahnya ada tiga, yakni Pegunungan Muda Sirkum Pasifik, Pegunungan Muda Sirkum Mediterania dan Pegunungan Australia. Jalur dari ketiga pegunungan yang besar itu tadi bermuara di satu tempat di benua Asia, yakni di laut serta di Kepulauan Banda yang terletak di negara kita, Indonesia. Daerah- daerah yang dilalui tiga jalur pegunungan muda di dunia tersebut apabila dilihat dari segi geologis maka daerah tersebut termasuk daerah yang labil serta sangat rawan terjadi gempa.

  1. Benua yang memiliki banyak gurun pasir

Apabila kita mendengar kata gurun pasir, pertama yang ada di benak kita adalah hamparan tanah lapang yang penuh dengan pasir, sangat panas dan tanpa pepohonan dan bangunan apapun. Biasanya apabila kita membicarakan mengenai gurun pasir (baca: gurun pasir terluas di dunia), maka yang pertama terlintas di benak kita adalah benua Afrika. Memang benua Afrika terkenal akan gurun pasirnya, dan mungkin karena gurun pasir terluas di dunia yakni gurun sahara ada di wilayah benua Afrika. Namun ternyata benua Asia pun juga memiliki banyak sekali gurun pasir, bahkan yang termasuk terkenal di dunia. Setelah gurun pasir Sahara, gurun pasir terbesar di dunia selanjutnya adalah Gurun Gobi yang berada di wilayah Mongolia serta Cina. Selain Gurun Pasir Gobi, ada beberapa gurun pasir di Asia lainnya yakni Gurun Pasir  Thai di India, Gurun pasir Arabia serta gurun pasir Turkistan. Semuanya ini termasuk gurun pasir yang luas.Gurun Gobi yang berada di wilayah Mongolia serta Cina. sela

  1. Mempunyai penduduk yang ber ras Mongoloid

Benua Asia merupakan benua yang mempunyai bermacam- macam suku bangka. Bahkan Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari Asia pun mempunyai banyak sekali suku bangsa dengan berbagai macam karakter dan adat istiadatnya. Selain suku, ada yang mengelompokkan suatu penduduk mengenai ciri- ciri fisiknya, yakni ras. Ras penduduk benua Asia adalah ras Mongoloid. Ras Mongoloid ini merupakan ras dimana orang- orangnya tidak berkulit hitam namun juga tidak berkulit putih. Penduduk Asia berkulit sedang, mempunyai rambut yang berwarna hitam. Memang ada perbedaan ciri fisik antara beberapa wilayah Asia, seperti di wilayah Timur Tengah, biasanya orang- orangnya tinggi besar, berkulit putih sedang, dan berambut hitam. Sementara untuk orang- orang di Asia Timur seperti Jepang dan Tiongkok maka kita akan menemukan orang- orang yang tingginya lebih pendek, berkulit putih orriental, berambut hitam serta kulit putih. Sementara untuk orang- orang di Asia tenggara biasanya mempunyai perawakan sedang, rambut hitam, dan kulit coklat sawo atau sawo matang. Selebinhya masih banyak lagi perbedaan di berbagai wilayah Asia lainnya. Namun apabila kita menyatukan orang dari berbagai benua dalam satu tempat, kita tidak akan sulit menemukan yang mana orang Asia karena memang orang Asia mempunyai ciri khas yang mudah untuk dikenali.

  1. Benua yang tergabung dengan benua Eropa melewati darat disebut benua Eurasia

Mengenai ciri yang satu ini, adalah ciri- ciri yang sangat unik yang dimiliki oleh benua Asia, namun juga dengan benua lain yakni benua Eropa. Jadi, benua Asia dengan benua Eropa itu tersambung atau tergabung di wilayh daratannya. Dan pertemuan dua benua ini dikenal dengan nama Eurasia. Wilayah Eurasia karena merupakan wilayang perbatasan di antara keduanya, maka mempunyai karakteristik campuran yang berasal dari kedua benua yang berada di dekatnya, baik kebudayaan, adat sitiadat, dan lain sebagainya. Wilayah Eurasia ini merupakan wilayah yang menarik dan juga merupakan wilayah yang unik. Dan mengapa harus ada wilayah ini? karena memang untuk sebuah daratan, tersambung antara satu dengan lainnya adalah hal yang wajar.

Nah, itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh benua Asia. Ciri- ciri yang telah kami sebutkan di atas juga merupakan keunikan yang dimiliki oleh benua Asia, sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang dimiliki benua Asia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 16th, July 2017 / 05:14 Oleh :
Kategori : Benua