7 Benua Terbesar di Dunia beserta Luas dan Contoh Negara


Bumi merupakan salah satu dari kedelapan planet di tata surya yang hanya satu- satunya bisa dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Bumi mmepunyai ciri- ciri planet yang lengkap dengan fasilitas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Ada beragam kenampakan alam yang ada di Bumi. Kenampakan alan yang pokok yang dimiliki oleh Bumi adalah berupa daratan dan juga perairan. Daratan dan perairan ini bentuknya beraneka ragam, ada yang sedang namun ada pula yang luas. Perairan yang sangat luas dikenal dengan nama samudera (baca: daftar samudera di dunia), sementara daratan yang sangat luas dikenal dengan benua. Artikel ini akan membahas mengenai daratan yang paling besar, yakni mengenai benua di dunia, dan lebih tepatnya adalah benua terbesar yang ada di dunia.

Pengertian benua

Sebelum kita menganjak mengetahui urutan benua yang terkecil hingga yang terbesar, ada baiknya untuk kita terlebih dahulu mengenal apa itu benua. Benua merupakan daratan yang sangat luas yang mana bagian tengah dari benua tersebut bersifat kering dan tidak dipengaruhi oleh angin darat maupun angin laut dan bentuk atau keberadaannya sekarang ini sudah dipengaruhi oleh berbagai perubahan yang ada di Bumi.

Benua Terbesar di Dunia

Nah, itulah pengertian benua. Di Bumi ini setidaknya ada tujuh macam benua di dunia yakni Benua Australia, Benua Eropa, Benua Antratika,  Benua Amerika Selatan, Benua Amerika Utara,  Benua Afrika, dan Benua Asia. Berikut akan diurutkan dan dijelaskan mengenai macam- macam benua terbesar di dunia dari yang terkecil hingga yang terbesar.

  1. Benua Australia

map.australiaBenua yang paling kecil yang ada di Bumi adalah Benua Australia dan biasa digabung dengan Benua Oseania. Benua Australia ini terletak di sebelah selatan Indonesia. Benua Australia ini mempunyai luas daratan kurang lebih sebesar 9.008.500 km² dan memenuhi 5,9% dari total luas daratan yang ada di Bumi. Benua Australia dan Oseania ini dihuni oleh sekitar 29.127.000 jiwa, sehingga dapat dihitung bahwa kepadatan penduduk di benua ini sekitar 3,2/ km².

Benua Australia dan Oseania ini terdiri dari 14 negara. Wilayah dari Benua Australia dan Oseania ini dibagi menjadi beberapa sub region, yakni  Australia/ Selandia Baru, Melanesia, Micronesia, dan juga Polynesia. Beberapa negara yang ada di masing- masing sub region antara lain Australia dan Selandia Baru, Papua Nugini di sub region Melanesia, Kepualauan Marshall di sub region Mikronesia, Samoa di sub region Polinesia.

  1. Benua Eropa

eropaBenua terkecil nomor dua adalah benua Eropa. Meskipun dari segi luasnya tidak seberapa dibandingkan dengan benua yang lain, namun Benua Eropa ini dikenal sebagai benua yang sangat maju, baik dari peradaban, budaya, maupun ilmu pengetahuannya. Benua yang memiliki luas daratan sekitar 10.180.000 km² seringkali menjadi tujuan wisata bagi orang- orang dari seluruh dunia.

Benua Eropa dihuni oleh sekitar 738.199.000 jiwa dan mempunyai kepadatan penduduk sebanyak 72,5/ km². Benua yang melahirkan banyak sejarawan, budayawan, dan juga ilmuwan ini setidaknya mempunyai 42 negara yang ada di dalamnya. Negara- negara di Benua Eropa ini rata- rata adalah negara yang terkenal dan menjadi tujuan banyak orang untuk menimba ilmu pengetahuan, seperti United Kingdom, Italia, Perancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Jerman.


  1. Benua Antartika

AntarticaBenua yang terkecil nomor tiga yakni Benua Antartika. Benua Antartika ini merupakan benua yang paling sedikit dihuni oleh manusia karena keberadaannya di kutub utara Bumi dan sebagain besar wilayahnya ditutupi oleh salju atau es. Benua ini dihuni oleh sebuah suku yang dinamakan suku Eskimo.

Namun seiring berjalannya waktu, benua tersebut kian hari kian ramai dan banyak orang mulai berdatangan ke sana sehingga peradaban modern sudah mulai ditemukan di benua tersebut, inilah salah satu manfaat transmigrasi ke benua ini. Benua Antartika ini mempunyai luas sekitar 13.720.000 km², dan dihuni oleh kurang lebih 4.490 jiwa. Kendati penduduk yang tinggal disini masih sangat sedikit, maka kepadatan penduduknya pun hanya sekitar 0,0003/ km².  Tidak ada negara di benua ini karena memang benua ini sejatinya tidak digunakan untuk hidup bermasyarakat seperti halnya benua lainnya.

  1. Benua Amerika Selatan

amerika_selatanSelanjutnya ada Benua Amerika Selatan yang merupakan benua terluas nomor empat di dunia. Benua Amerika selatan ini memiliki luas daratan sekitar 17.840.000 km² atau memenuhi 12% dari total luas daratan yang ada di Bumi. Benua Amerika selatan dihuni oleh sekitar 392.555.000 jiwa sehingga mempunyai kepadatan penduduk sekitar 22/ km².

Amerika Selatan ini mempunyai negara- negara yang cukup terkenal di dunia yang dilihat dari berbagai bidang. Setidaknya ada 12 negara yang akan kita temui di Benua Amerika Selatan ini. negara- negara di benua ini antara lain adalah Argentina, Brazil, Chili, Columbia, Ekuador, dan Peru.

Benua Amerika Selatan ini mempunyai bentuk pulau yang menyerupai sebuah ekor, karena bentuk daratan benua tersebut yang menjorok ke laitan. Benua Amerika Selatan berbatasan langsung dengan Samudera pasifik dan juga Samudera Atlantik. Benua ini merupakan benua yang luar biasa karena mempunyai negara- negara anggota yang ternama di dunia.

  1. Benua Amerika Utara

amerika utaraBenua terluas nomor tiga di dunia adalah Amerika Utara. Benua ini masih bersebelahan dengan Amerika Selatan. Benua Amerika Utara ini mempunyai luas daratan sekita 24.490.000 km² atau memenuhi sekitar 16,5% dari total luas daratan di Bumi. Benua Amerika Utara dihuni oleh penduduk sebanyak 542.056.000 jiwa sehingga mempunyai kepadatan penduduk sebesar 22,1/ km². Dibandingkan dengan Benua Amerika Selatan, Amerika Utara ini mempunyai lebih banyak negara, yakni sekitar 23 negara.

Diatara negara-negara yang berada di Amerika Utara ini terdapat negara adikuasa yakni Amerika Serikat yang merupakan poros kemajuan peradaban modern. Amerika utara dibagi menjadi 3 sub region, yakni sub region Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia. Beberapa negara yang ada di masing- masing sub region adalah Amerika Serikat dan Kanada di sub region Amerika Utara, El Savador di sub region Amerika Tengah, dan Dominika di sub region Amerika Tengah.


  1. Benua Afrika

afrikaAfrika merupakan benua terluas nomor dua di dunia. Benua Afrika bisa dikatakan merupakan benua yang paling kering di dunia. Benua Afrika didominasi oleh ras- ras berkulit hitam. Benua ini mempunyai luas sekitar 30.370.000 km² dan dihuni oleh 1.020.201  jiwa. Benua ini mempunyai kepadatan penduduk sekitar 33,7 km².

Benua Afrika mempunyai jumlah negara yang cukup banyak, yakni sekitar 54 negara. Secara geografisnya, benua Afrika dibagi ke dalam beberapa wilayah yakni Afrika Timur, Afrika Tengah, Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Utara. Beberapa negara yang berada di masing- masing wilayah antara lain Madagaskar di Afrika Timur, Kongo di Afrika Tengah, Mesir di Afrika Utara, Zimbabwe di Afrika Selatan, dan Nigeria di Afrika Barat.

  1. Benua Asia

asiaBenua Asia merupakan benua yang paling luas di dunia dan juga paling padat. Benua Asia mempunyai luas wilayah sekitar 44.579.000 km² dengan jumlah penduduk sekitar 4.164.252.000 jiwa. Kepadatan penduduk di benua ini sebesar 95/ km².

Benua Asia ini mempunyai negara sejumlah 45 negara yang terbagi dalam enam wilayah, yakni Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Utara, Asia Barat, dan Asia Tengah. Beberapa negara yang ada di Asia merupakan negara- negara yang berpengaruh di dunia, seperti China, Jepang, Korea, Singapura, Indonesia, Rusia, dan Saudi Arabia.

Itulah ketujuh benua terbesar di dunia yang mana disajikan dari yang terkecil hingga yang paling besar, semoga bemanfaat.

baca juga: gurun terluas di dunia, gurun pasir terbesar di dunia, hutan hujan tropis terbesar di dunia, sungai terpanjang di dunia

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 20th, May 2016 / 22:53 Oleh :
Kategori : Benua