Sponsors Link

7 Contoh Batu Granit beserta Gambarnya

Sponsors Link

Bumi adalah salah satu planet di dalam tata surya (Baca: Planet di Tata Surya dan Penjelasannya). Sebagai planet, bumi memiliki berbagai macam lapisan (Baca: Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya). Lapisan bumi yang paling dalam adalah inti bumi (baca: Inti Bumi : Pengertian, Material, Suhu, dan Peranannya). sedangkan lapisan bumi yang paling atas adalah kerak bumi (Baca: Kerak Bumi dan Penjelasannya). selain itu, lapisan bumi juga terdiri dari batuan yang melapisi bumi (Baca: Jenis-jenis Batuan Penyusun Lapisan Bumi – Beku, Sedimen, Metamorf). Batuan adalah salah satu material bumi yang dapat ditemukan di dalam permukaan bumi. batuan yang ada di bumi terbagi dalam 3 jenis besar.

Sponsors Link

Yaitu batuan metamorf, batuan sedimen, dan batuan beku. Batuan metamorf terbentuk melalui tekanan dan panas dari proses metamorfosis pada batuan (Baca: Batuan Metamorf : Pengertian, Jenis dan Dampaknya). sedangkan batuan sedimen adalah batuan dari hasil pengerasan materi sedimen akibat proses sedimentasi (Baca: Batuan Sedimen : Pengertian, Proses, dan Jenisnya).

Proses sedimentasi adalah proses pengendapan materi sedimen oleh angin, air, dan gletser (baca: Proses Sedimentasi – Jenis, Penyebab, dan Dampaknya). Sedangkan batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari hasil pendinginan magma (baca: Batuan Beku : Pengertian, Proses, Jenis dan Contohnya). Magma adalah cairan panas yang berasal dari dalam bumi (baca: Pengertian Magma – Proses dan Pergerakannya). batuan beku dapat dikatakan sebagai asal mula batuan. hal ini dikarenakan semua batu berasal dari batuan beku. Hanya karena proses alam, batuan beku mengalami perubahan, dan menjadi batuan yang lain.

Jenis- jenis Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk melalui pendinginan magma. Pendinginan magma dapat terjadi di dalam bumi dan di permukaan bumi. batuan beku yang berasal dari pendinginan magma di permukaan bumi disebut sebagai batuan beku vulkanis atau batuan beku luar (Baca: Batuan Beku Luar : Pengertian, Tekstur, dan Jenisnya). Magma yang keluar dari dalam bumi disebut sebagai lava. Lava yang bergerak kemudian akan mengalami pendinginan. Lava ini mengalami pendinginan yang cepat, sehingga tekstur batuan beku luar cenderung kasar. Jenis- jenis batuan beku luar antara lain andesit, apung, basalt, dan riolit.

Sedangkan batuan beku yang berasal dari pendinginan magma di dalam bumi disebut sebagai batuan beku dalam, atau plutonik (Baca: Batuan Beku Dalam : Pengertian, Struktur dan Contohnya). Magma yang bergerak naik akibat tekanan di dalam perut bumi, masuk ke dalam sela- sela batuan di dalam bumi, dan mendingin. Magma ini tidak bisa keluar ke permukaan bumi, akibat tenaga yang menekan magma tidak kuat. Magma yang mendingin di dalam bumi di sebut sebagai instrusi magma, sedangkan magma yang keluar dari bumi disebut ekstrusi magma (Baca: Pengertian Intrusi Magma beserta Ekstrusi Magma). Batuan beku dalam memiliki tekstur yang lebih halus, karena proses pendinginan magma yang tidak berlangsung dengan cepat. Selain itu, tekstur batuan beku dalam lebih kuat, sehingga sering dipakai sebagai bagian dari konstruksi. Salah satu jenis batuan beku dalam adalah granit.

Pengertian Batu Granit

Batu granit adalah salah satu dari jenis batuan beku dalam (baca: Pengertian Batu Granit dan Gambarnya). Batu granit bersifat asam dan cenderung kasar. batu granit adalah batu yang umum ditemukan dan paling sering dipakai dan dimanfaatkan oleh manusia. Batuan granit bertekstur keras dan pesar. Kepadatan batu granit dapat mencapai 2,75 gram.

Karakter batu granit yang keras, akibat magma yang mendingin dalam bumi. magma ini mengikat butiran- butiran material yang ada di dalam bumi. akibatnya butiran ini bersatu, dan membentuk suatu batuan. Biasanya batu granit hanya dapat ditemukan di dalam bumi melalui proses penambangan. Akan tetapi, beberapa batu granit juga ditemukan di permukaan bumi. hal ini terjadi saat letusan gunung api, yang memuntahkan magma beserta materi batu granit.

Tekstur batu granit terdiri dari kuarsa dan fieldspar. Selain itu granit adalah jenis batu yang keras, dan dipercaya memiliki kekuatan yang lebih kuat dari baja. Batu granit juga menjadi salah satu batuan yang berukuran besar. Batu granit memiliki banyak warna, dan warna dari granit memiliki nilai arsitektur yang bagus, sehingga sering dipakai sebagai dekorasi rumah.

Contoh Batu Granit

Batu granit adalah batu yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Salah satu manfaat batu granit adalah sebagai lantai rumah. Selain itu batu granit juga sering dipakai sebagai dinding rumah. Batu granit memiliki sifat yang kedap air, sehingga sering dipakai sebagai interior dari dapur, atau penghias sebuah kamar mandi. Dengan memanfaatkan sifat batu granit yang kedap air, kamar mandi dan dapur yang selalu berhubungan dengan air, dapat melindungi dinding dari kelembapan. Batu granit yang tahan air, juga sering dipakai sebagai batu nisan atau penghias sebuah kuburan. Hal ini karena batu granit memiliki keindahan serta warna yang elegan. Terdapat 7 contoh batu granit berdasarkan warnanya, yaitu:

1. Granit Hitam

Granit Hitam

Batu granit adalah batu yang paling sering dipakai. Karena warnanya yang hitam, dianggap melambangkan sifat elegan, sehingga sangat populer. granit hitam termasuk granit yang mudah ditemukan. oleh karena itu granit ini paling banyak dipakai sebagai dekorasi sebuah rumah.

Jenis batu granit ini sering dipakai pada lantai. Selain itu, dinding dan hiasan untuk dapur sering memakai granit dengan warna ini. Granit hitam juga sering dipakai sebagai nisan di pemakaman. Karena warna hitam yang dianggap cocok sebagai nisan. selain itu, warna hitam pada granit ini dianggap sebagai warna yang mudah di pasangkan dengan warna lainnya. sehingga granit ini sering digabung oleh batu granit lain, untuk menciptakan gradasi warna.

2. Granit Biru

Granit Biru

Batu granit ini aslinya tidak benar- benar berwarna biru. Hanya saja, batu granit ini mengeluarkan cahaya perak, yang membuat granit itu terlihat kebiruan. batu granit biru termasuk baru granit yang jarang ditemukan, sehingga memiliki harga yang cenderung mahl. akan tetapi karena warnanya dianggak indah, batu granit ini termasuk batu yang cukup popular.

Batu granit ini dianggap memiliki warna yang glamor. Selain itu granit ini dianggap sebagai salah satu granit yang elegan dan mewah. Batu granit biru sering dipakai sebagai lantai. Selain itu, karena warnanya yang mewah, granit biru ini sering di pahat untuk dijadikan meja atau hiasan sebuah rumah.

Sponsors Link

3. Granit Putih

Granit Putih

Batu granit putih ini adalah jenis batu granit yang paling murah. Karena warna asli dari batu granit umumnya adalah warna abu- abu. Sehingga paling mudah menjumpai batu granit dengan warna putih saat ditambang.

Batu granit putih lebih sering dipakai pada permukaan yang keras. Dan lebih cocok dipakai sebagai lantai, atau di pasang pada sebuah dinding. Granit putih juga bisa dipakai menjadi sebuah hitam. Karena granit ini adalah jenis yang paling murah, granit ini lebih sering dimanfaatkan. selain itu, granit ini juga sering dipahat menjadi meha atau kursi, bahkan pajangan untuk interior rumah seperti gelas atau pring.

4. Granit Coklat

Granit Coklat

Batu granit coklat adalah salah satu batu granit yang memiliki warna yang paling netral. Warna coklat pada batu granit ini mudah disambungkan atau dicampur dengan warna- warna lain. Batu granit coklat sering di sandingkan dengan interior yang berwarna coklat kayu, atau interior yang berupa besi

Batu granit ini juga cukup mudah didapat. Batu granit coklat lebih banyak dipakai sebagai lantai, karena sifat warnanya yang mudah disesuaikan dengan perabotan yang ingin di pasang. granit warna ini sering dipakai sebagai dekorasi di kamar mandi, karena warnanya yang seperti warna tanah. sehingga lebih sejuh untuk kamar mandi.

5. Granit Emas

Granit Emas

Batu granit emas ini memiliki jenis yang hampir sama dengan batu granit coklat. Batu granit emas juga memiliki sifat netral seperti batu granit coklat. Selain itu karena berwarna keemasan, batu granit ini menampilkan kesan mewah.

Batu granit ini biasanya dipakai untuk menghiasi ruangan yang besar. Hal ini karena batu granit emas mampu membuat ruangan yang besar terlihat mewah dan besar. Selain itu, batu granit emas ini sering dipakai pada lantai gedung- gedung yang tinggi. Batu granit warna emas sering di anggap sebagai granit coklat. jika dilihat dengan warnya, granit emas berwarna lebih terang daripada granit coklat. sehingga granit emas dapat membuat sebuah gedung terlihat lebih luas karena warna yang dimiliki.

Sponsors Link

6. Granit Hijau

Granit Hijau

Batu granit hijau adalah salah satu batu granit yang jarang ditemukan. Warna hijau pada granit ini, memberikan kesan alami dan natural. Hal ini menyebabkan batu granit hijau sering digabung dengan batu granit berwarna lain, untuk menimbulkan kesan gradasi warna.

Batu granit hijau bisa dipakai sebagai lantai atau dinding sebuah bangunan. Akan tetapi granit hijau juga terkadang dipakai sebagai nisan. Karena warnanya yang hijau, sehingga nisan yang berada di antara pepohonan, terlihat alami. selain sebagai nisan, granit hijau sering dipasangkan dengan granit coklat, karena dianggap mewakili unsur ala,. granit hijau sering dipakai sebagai dekorasi pada dapur, tetapi jarang dipakai pada dekorasi kamar mandi. karena warnanya yang cenderung gelap.

7. Ubin Granit

Ubin Granit

Ubin granit adalah salah satu contoh granit yang hanya dibuat khusus untuk lantai. Ubin yang terbuat dari granit memiliki sifat yang lebih kuat dari marmer. Selain itu, jenis ubin granit juga tidak menyerap air. Selain itu sifat dari ubin granit adalah tahan panas. Sehingga sering dipakai sebagai lantai rumah dan memberikan efek rumah yang lebih sejuk.

Ubin granit adalah salah satu bentuk dari hasil pengolahan batu granit. ubin granit cukup popular karena harganya yang tidak terlalu mahal. sehingga sering di pakai oleh masyarakat. ubin granit terkadang tidal hanya di pakai di lantai, tapi pada beberapa dinding untuk tujuan dekorasi. selain itu, ubin granit di pakai sebagai pelapis dari sebuah kolam renang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 02nd, December 2016 / 14:05 Oleh :
Kategori : Geologi