4 Proses Terjadinya Gerhana Matahari – Jenis – Dampaknya


Gerhana matahari terjadi karena bentuk bulan menutupi bulatnya matahari , jika bulamn menutupi semua bulatnya matahari maka akan terjadi matahari total yaitu dimana posisi bumi, bulan dan matahari berada dalam keadaan yang sejajar . Saat itulah bulan menutupi sebagian matahari, lalu perlahan lahan bergerak bergeser lalu akhirnya seluruh terangnya matahari tertutupi.

Berikut adalah proses terjadinya gerhana matahari :

  1. Hanya bisa terjadi pada siang hari – Gerhana matahari hanya bisa terjadi disiang hari karena cahaya matahari menjadi redup karena  datangnya bulan yang menutupi atau menghalangi matahari.
  2. Posisi bumi, bulan dan matahari satu garis lurus sejajar – Ketika bumi, bulan dan matahari dalam keadaan sejajar maka akan terjadi gerhana matahari total dimana bumi akan mengalami gelap untuk beberapa saat dan akan kembali normal seriring berjalanya bulan yang perlahan lahan menjauhi matahari.
  3. Cahaya matahari dihalangi bulan – Walaupun jarak bulan kebumi dekat dan jarak bulan kematahari sangat jauh dan bentuk matahaari jauh lebih besar dari bulan ,namun uniknya bulatnya bulan mampu menghalangi bulatnya matahari hingga bumi mengalami kegelapan . Tahukah anda jika Bulan mempunyai jarak yang cukup dekat dengan planet tata surya bumi yaitu sekitar 384.400 km sedangkan dari matahari mempunyai jarak yang lebih panjang atau jauh yaitu sekitar 149.680.000 km.
  4. Ketika bumi, bulan dan matahari ketika berjarak sama – Ketika gerhana matahari terjadi dan ternyata jarak bumi , bulan dan matahari adalah sama maka bisa terjadi gerhana yang serupa yang terjadi pada hari, bulan dan pada wilayah yang sama, dimana hal ini sudaj menjadi ketentuan para ilmuwan dan ahli astronomi karena hasil dari pemeriksaan dan percobaan mereka selama puluhan tahun tentang gerhana matahari.

Jenis Gerhana Matahari

Gerhana matahari pada dasarnya mempunyai beberapa jenis yang berbeda dengan keunikan bentuknya masing masing. Berikut adalah beberapa jenis gerhana matahari :

1. Gerhana matahari Hibrid

Gerhana matahari hibrid adalah gerhana matahari total dimana setiap sisi bagian bagian matahari yang melingkar mempunyai pejaran cahaya yang indah dan berbentuk seperti cincin. keadaan ini akan berubah sesaat kemudian keposisi gerhana matahari total.  Gerhana matahari hibrid adalah penggabungan gerhana matahari total sekaligus mengalami gerhana matahari cincin dalam waktu yang bersamaan. Kondisi seperti ini sangat langka terjadi.

2. Gerhana matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi ketika ukuran bulan terliht lebih kecil dari matahari, sehingga ketika bulan berada tepat ditengah bulatan matahari maka akan terlihat sisi lingkaraannya dengan pejaran cahaya yang indah menyerupai cincin, hal ini terjadi karena tepi bulatan matahari tidak tertutupi bulan secara merata.

3. Gerhana matahari setengah

Gerhana matahari setengah terjadi ketika bulan hanya menutupi sebagian dari bulatan matahari atau bisa juga dikarenakan gerhana matahari total yang mulai memudar yaitu bergesernya bulan secara perlahan lahan meninggalkan bulatnya matahari. bentuk yang nampak akan seperti bulan sabit atau bentuk huruf C terbalik yang berukuran besar dan bercahaya.

4. Gerhana matahari total

Gerhana matahari total adalah ketika bulan menutupi keseluruhan bentuk bulatnya matahari , hal itu bisa dikarenakan radiasi cahaya yang dimiliki bulan lebih kuat  atau bulatnya bulan justru lebih besar ukurannya daripada ukuran bulatnya matahari karena posisi bulan yang terlalu dekat dengan bumi, sehingga tak ada lagi cahaya matahari yang bisa keluar. kondisi ini menyebabkan suasana menjadi gelap seperti malam hari yang diikuti dengan penurunan suhu sebanyak 3 persen.

Inilah alasan mengapa kemunculan gerhana matahari layak mendapatkan sebutan keajaiban alam yang nyata tetapi selalu berbau fenomenal.

Dampak Adanya Gerhana Matahari

 Banyak yang beranggapaan bahwa munculnya gerhana matahari hanya terjadi 350 tahun sekali, namun anggapan tersebut tidaak sepenuhnya akurat, karena yang sesungguhnya terjadi adalah gerhana matahari muncul setiap 18 bulan atau 1,5 tahun sekali namun selalu terjadi pada daerah atau wilayah atau negara yang berbeda. Adapula gerhana matahari total yang bisa disaksikan oleh seluruh makhluk dibumi dalam kondisi serentak yaitu muncul setiap 375 tahun sekali. peristiwa ini sangat langka namun pernah terjadi dan akan tetap bisa terjadi yaitu menunggu selama  375 tahun.

Pada tahun 1983 pernah terjadi gerhana matahari yang membuat banyak orang panik dan ketakutan karena menganggap gerhana matahari adalah sebagi awal munculnya bencana alam yang besar, kondisi itu terjadi karena minimnya pemahaman dan pengetahuan orang orang tentang gerhana matahari pada saat itu. kini anggapan itu masih saja terjadi pada wilayah tertentu yang jauh dari keramaiaan kota atau pelosok. sangat penting diberikan tentang pemahaman, pengertian dan pengajaran yang benar tentang gerhana matahari agar tidak terjadi ketimpangan dan kesalahpahaman dimasyarakat terutama untuk generasi muda.

Berikut adalah dampak adanya gerhana matahari :

1. Keajaiban alam yang dapat membuat mata menjadi rusak

Jangan langsung melihat gerhana matahari secara langsung atau tanpa menggunakan pelindung mata yang berfilter khusus karena retina mata akan mengalami kerusakan permanen karena tertembus radiasi kuat yang kasat mata yang sebenarnya terpancar dari fotosfer (infra merah) dari cahaya matahari itu sendiri. Bisa juga melihat dengan  cara tradisional yang aman yaitu melihat gerhana dengan mengunakan air pada ember/baskom lebar .

2. keajaiban alam yang bisa terlihat serentak hanya 375 tahun sekali

Gerhana matahari adalah peristiwa yang menakjubkan karena hanya bisa terjadi pada kurun waktu 18 bulan atau 1,5 tahun sekali namun hanya pada negara ataau wilayah tertentu saja. gerhana matahari total yang dapat dilihat oleh manusia dibumi secara serentak hanya bisa terjadi selama 375 tahun sekali.

3. Keajaiban alam yang dapat membuat hewan tertipu

Ketika gerhana matahari terjadi maka para hewan akan menyangka saat itu telah mengalami malam. tetapi beberapa saat kemudian hewan akan merasa khawatir, panik , terserang strs sesaat dan merasa  tidak nyaman dengan gelapnya suasana yang bagi mereka adalah malam hari yang terlalu cepat datang dan terlalu cepat berlalu. karena pada dasarnya hewan sangat peka dan sensitif pada perubahan yang dialami oleh alam yang sebenarnya kasat mata yang tidak mudah dapat dirasakan oleh manusia.

4. Keajaiban alam yang hanya berlangsung tidak lebih dari 7 menit 60 detik.

Gerhana matahari total adalah peristiwa langka yang terjadi selama 375 tahun sekali serentak dapat dilhat oleh seluruh makhluk di bumi . namun hanya bisa disaksikan hanya dalam waktu yang sangat singkat yaitu tidak lebih dari 7 menit 60 detik.

Setelah itu matahari akan berada pada kondisi yang normal dan bulan telah lenyap meninggalkannnya. mengapa tidak bisa lebih dari 7 menit? karena bumi terlalu cepat berjalan ketika mengitari matahari sehingga waktu gerhana matahari terjadi tidak mungkin waktu yang berlangsung melebihi 7 menit 60 detik.

5. Keajaiban alam yang mampu menurunkan suhu sebanyak 3 persen

Ketika gerhana matahari terjadi hampir semua manusia tidak menyadari bahwa telah terjadi penurunan suhu udara sebanyak 3 persen, dan uniknya hanya para hewan yang dapat merasakan dan mengetahuinya 5 menit sebelum suhu udara benar benar menurun. Suhu menurun dapat terasa jika kita benar benar teliti dan mencoba untuk bisa memahaminya yaitu udara sekitar menjadi lebih teduh, lebih sejuk, hembusan angin sedikit kencang, awan nampak bergumpal lebih tebal dan padat dan terjadi kegelapan langit namun dibeberapa wilayah yang tidak mengalami gerhana matahari total maka didalam kegelapan yang terjadi, kondisi  alam tetap saja terasa terang.


6. Keajaiban alam yang selalu menyita perhatian dunia

Peristiwa gerhana matahaari adalah peristiwa langka yang kebanggaan semua manusia dibumi . Mereka ingin bisa melewati moment bersejarah tersebut dengan mengabadikannya dengan kamera atau menggunakan pelindung mata khusus. Hal ini disebabkan karena kita tidak  menemukan gerhana matahari setiap minggu atau setiap bulan, namun 18 bulan sekali itupun pada wilayah dan negara yang selalu berbeda. jika ingin menyaksikan gerhana matahari total yang bisa disaksikan oleh seluruh manusia dibumi serentak maka harus menunggunya 375 tahun kedepan.

Gerhana matahari yang semakin langka muncul

  • Seiring berjalannya waktu posisi bulan semakin menjauh dari bumi setiap harinya yang ternyata kondisi ini mengakibatkan munculnya gerhana matahari semakin langka terjadi dan jika hal ini berlangsung selama puluhan tahun maka akan tidak ada lagi peristiwa gerhana matahari  pada masa 100 tahun kedepan.
  • Jika jarak bulan tetap dekat dengan sistem tata surya planet bumi dan tidak mengalami perubahan maka gerhana matahari kemungkinann besar akan sering terjadi , karena jarak dekatnya bulan pada bumi mermungkinkan bentuk bulan lebih besar daripada matahari, Tetapi jika bulan terus menjauhi bumi makan ukuran bulan akan semakin kecil dan bentuknya tidak akan mampu lagi menutupi bulatnya matahari secara keseluruhan.
  • Perubahan suhu bumi, Pemanasan global atau Perubahan lapisan Ozon yang terjadi pada lapisan atmosfer bumi juga dapat mempengaruhi kondisi alam termasuk adanya peristiwa gerhana matahari yang semakin lama semakin sulit untuk muncul. Perubahan suhu bumi dan perubahan alam diluar atmosfer dapat menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi.

Tahukah anda jika bulan semakin menjauh dari bumi bukan bukan hanya menyebabkan peristiwa gerhana matahari total akan hilang dari sejarah manusia (karena gerhana matahari sudah tidak pernah muncul lagi) tetapi juga bisa mengakibatkan Gerhana bulanpun tidak akan pernah muncul lagi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 07:55 Oleh :
Kategori : Fenomena Alam