16 Fenomena Alam yang Menakjubkan di Dunia


Alam merupakan satu tepat dimana kita, manusia dan berbagai makhluk hidup lainnya tinggal dan hidup di dalamnya. Makhluk hidup yang tinggal di alam ini ada bermacam- macam, ada manusia, hewan, tumbuhan, hingga mikroba- mikroba dan juga virus berada. Alam ini bukan hanya perkumpulan dari itu saja namun di alam ini juga terdapat banyak senyawa- senyawa lain akan berinteraksi langsung dengan alam.

Kekayaan yang dimiliki alam ini sangat banyak. Bukan hanya tumbuh- tumbuhan dan juga satwa, namun juga kenampakan- kenampakan alam yang ada di muka bumi ini. Belum lagi kita akan menemui segala seseautu yang bisa mempengaruhi keadaan alam dan keberadaannya sudah pasti ada namun tidak dapat dilihat secara kasat mata, seperti cahaya matahari, suhu udara, angin, dan lain sebagainya. Karena banyaknya elemen yang ada di alam ini dan karena begitu kompleksnya keadaan di bumi ini maka diperlukan adaptasi untuk bisa hidup dengan aman dan nyaman di dunia ini.

Berbicara mengenai fenomena alam, ada banyak sekali fenomena alam yang terjadi di alam kita ini dan sangat sering kita temui. Selama ini kebanyakan fenomena alam yang terjadi adalah fenomena alam yang dapat dijelaskan dengan ilmiah dan kenapa fenomena tersebut bisa terjadi. Fenomena alam yang munculnya rutin, yakni dalam beberapa waktu tertentu bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi kita selama penjelasan ilmiahnya pun ada dengan jelas dan logika kita bisa menerimanya. Namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ternyata terjadi juga beberapa fenomena alam yang unik dan juga langka yang kita sendiri pun terkadang masih terbengong- bengong dibuatnya.

Meskipun fenomena yang terjadi adalah fenomena yang langka dan seperti hanya rekayasa manusi atau hanya terjadi dalam imajinasi manusia saja, namun ternyata fenomena alam tersebut keberadaannya dapat dijelaskan secara ilmiah. Fenomena alam ini merupakan fenomena alam yang menakjubkan yang terkadang logika kita sendiri masih sulit untuk menerimanya. Fenomena yang menakjubkan seperti ini ada yang sifatnya membuat kita terkagum- kagum, namun tidak jarang pula yang membuat kita merasa ngeri. Lalu, apa saja fenomena alam yang menakjubkan tersebut? Dalam bahasan kali ini kita akan mencoba menelusuri mengenai berbagai fenomena alam yang menakjubkan yang terjadi di alam ini. Berbagai peristiwa atau fenomena alam yang menakjubkan ini terjadi di belahan bumi ini. Berikut beberapa fenomena alam yang menakjubkan yang terjadi di dunia:

  1. Lubang Biru Raksasa atau Great Blue Hole

Lubang Biru Raksasa atau Great Blue HoleLubang biru raksasa atau geat blue hole merupakan suatu lubang yang berada di lautan yang berbentuk menyerupai sebuah lingkaran sempurna. Lubang biru raksasa ini mempunyai diameter 0,4 kilometer dengan kedalaman mencapai 145 meter. Di sisi- sisi lubang biru raksasa ini terdapat banyak karang yang membatasinya. Karang- karang ini masih termasuk ke dalam komplek karang lighthouse.

Lubang biru raksasa ini terdapat di dekat pusat kota Bleize, teptnya berada pada jarak 60 mil dari pusat kota Bleize. Jika kita perhatikan lubang biru raksasa yang ada di lautan ini kita akan merasa bahwa lubag tersebut tidak berdasar karena saking dalamnya. Lubang biru raksasa ini membuat siapa saja tidak ingin berlayar di atasnya. Jila dilihat dari kejauhan yakni dari udara, keberadaan lubang ini memang menjadi suatu pemandangan yang indah, namun tidak jarang juga banyak yang takut melihatnya.

  1. Pintu Neraka atau Hell Gate

Pintu Neraka atau Hell GateSama- sama sebuah objek tempat yang berupa lubang raksasa yang berbentuk bulat. Jika tadi lubang biru raksasa adalah lubang dengan isi air, maka pintu neraka adalah lubang yang berisi api. Berbeda dengan lubang air tadi yang kedalamannya mencapai ratusan meter dan kita tidak melihat dasarnya, namun lubang merah atau Hell Gate ini merypakan lubang yang tidak terlalu dalam dan kita pun dapat melihat dasarnya. Nama pintu neraka terdengar sangat menyeramkan bagi kita. Nama tersebut adalah naman yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Sebenarnya tempat ini tidak seseram namanya.

Nama pintu neraka ini diberikan karena adanya sumber api yang disebut api abadi berada di dalamnya. Mengapa api ini disebut sebagai api abadi? Hal ini karena api tersebut sudah menyala sejak 37 tahun yang lalu, maka dari itu tempat ini disebut dengan pintu neraka. Adanya api yang menyala dan tidak pernah padam tersebut karena di lubang itu terdapat sumber gas bumi yang sangat besar, sehingga tempat ini mudah sekali terbakar. Sebenarnya api yang menyala di lubang ini merupakan api yang dinyalakan oleh para ilmuwan pada tahun 1971 dan masih menyala hingga sekarang. Pintu neraka atau lubang berapi ini berada di negata Turkmenistan. Selain di Turkmenistan tersebut, sebenarnya masih ada lagi sebuah tempat yang mirip dengan tempat tersebut atau lubang api tersebut, yakni gunung Yanar Dag yang berada di Azerbaijan.

  1. Danau Biru didalam Gua atau Blue Lake Cave atau Gruta do Lago Azul

Danau Biru didalam Gua atau Blue Lake Cave atau Gruta do Lago AzulDanau yang berada di dalam gua ini merupakan salah satu tempat yang unik di dunia. Jika Anda sering berimajinasi membayangkan tempat- tempat yang berada di negeri dongeng, maka tempat inilah yang dapat menjadi salah satu tujuannya. Ada danau yang terdapat di dalam gua yang terlihat sangat eksotis.

Salah satu yang membuat tempat ini terlihat indah adalah terletak pada interiornya yang terbuat dari stalaktit, dan juga stalakmit, serta danau biru yang terlihat sangat indah. Interior tempat ini terbentuk secara alami tanpa ada rekayasa atau campur tangan dari manusia. Dari sekian banyak perpaduan elemen- elemen interior tempat ini, yang paling menarik dan juga mencolok adalah kebiruan dari danaunya ini. Jika Anda penasaran, jangan hanya membayangkan saja, namun buktikan sendiri keindahannya

  1. Petir Vulkanik

Petir VulkanikSalah satu fenomena alam yang unik dan cenderung menyeramkan adalah petir vulkanik. Petir vulkanik ini terjadi ketika petir diproduksi dalam segumpal vulkanik atau gunung api yang sedang erupsi. Ketika fenomena seperti ini terjadi, maka kita akan melihat sebuah pemandangan yang mengerikan, yakni yang terlihat bagaikan pintu neraka.

Jika hal ini terjadi maka pemandangan yang akan kita saksikan adalah kilat- kilat listrik yang berasal dari petir akan bercampur dengan gumpalan awan vulkanik ataupun bara- bara dari api vulkanik yang berasal dari perut bumi ataupun magma. Siapapun yang melihat fenomena seperti ini maka akan merasa ngeri dan ketakutan akan mudah sekali menjalar pada diri kita.

  1. Gelembung Es yang Mudah Terbakar

Gelembung Es yang Mudah TerbakarApa sebenarnya yang dimaksud dengan gelembung es yang mudah terbakar ini? Gelembung es yang mudah terbakar ini merupakan gelembung beku metana yang terperangkap di bawah Alberta Danau Abraham.

Gelembung es ini sulit untuk dilihat dengan mudah, diperlukan keberanian untuk menyelam sampai ke dasar laut agar kita dengan mudah untuk melihat gelembung es yang mudah terbakar ini, dan sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki adrenalin yang tinggi.

  1. Kilat Catatumbo

Kilat CatatumboKilatan Catatumbo merupakan kilatan- kilatan petir yang terjadi dalam jumlah banyak. Kilatan- kilatan petir berjamaah ini terlihat seperi hujan petir raksasa yang sangat mengerikan. Kilatan- kilatan petir ini jika dilihat dari kejauhan maka akan meluluh lantakkan hati siapapun dan akan membuat kita menjadi sadar bahwa manusia ini seseungguhnya kevil seklai dan belum ada apa- apanya dibandingkan dengan alam sebagai ciptaan Tuhan dan seisinya. Kilatan- kilatan petir berjamaah ini ukurannya besar- besar sehingga akan semakin terlihat mengerikan. Dalam satu tahun, kilatan- kilatan ini terjadi selama 140 hingga 160 malam.

Pada setiap malamnya kilatan- kilatan ini bisa berlangsung selama 10 jam, dan pada setiap jam tersebut kilatan ini dapat terjadi hingga 280 kali. Hal tersebut merupakan intensitas atau jumlah yang sangat mengerikan karena termasuk banyak sekali. Belum lagi ketika kilatan- kilatan in disertai dengan  gumpalan awan hitam atau awan gelap yang pastinya kan menambah pemandangan yang mengerikan ketika dipandang oleh mata manusia siapapun itu.


  1. Christmas Island Kepiting Merah

Christmas Island Kepiting MerahSekilas bila kita membaca namanya, maka nama fenomena alam yang satu ini seperti sebuah menu makanan. Hal ini karena ada nama kepiting menancap di dalamnya. Namun tahukah Anda, bahwa itu adalah nama sebuah fenomena dan bukan makanan. Fenomena alam yang satu ini terlihat sangat unik karena berhubungan dengan kepiting yang jumlahnya sangat banyak. Di sebuah pulau yang ada di dunia ini dihuni oleh jutaan kepiting merah , dan pada setiap tahunnya kepiting- kepiting merah tersebut akan bermigrasi untuk bertelur di laut. Ketika datang musimnya, maka kepiting- kepiting merah yang jumlahnya sangat banyak ini akan keluar dan bersama- sama bermigrasi untuk bertelur di laut. Sehingga permukaan pulau ini pastinya akan dipenuhi rata oleh kepiting.

Pada setiap tahunnya diperkirakan paling tidak ada 43 juta kepiting tanah atau kepiting merah yang bermigrasi dan bertelur di laut. Hal ini jika dilihat dari jarak yang agak jauh, maka akan terlihat merah di permukaan pulaunya. Dan jika kepiting yang keluar dari peaduannya ini jumlahnya sangat banyak, maka akan tampak pemandangan unik dan sekaligus menyeramkan bagi manusia yang belum terbiasa melihatnya. Bahkan pihak yang berwenang hingga menutup sebagian jalan yang berada di pulau tersebut selama epiting- kepiting tersebut bermigrasi yang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Jika Anda berkunjung ke tempat ini dan sedang menjumpai fenomena yang demikian maka sebaiknya berhati- hati karena kepiting mempunyai senjata yang bisa digunakan untuk menyerang manusia, yakni capitannya.

  1. Awan Lenticular Clouds

Awan Lenticular CloudsAwan- awan putih yang bertebaran di langit memang tampak indah seklai, terlebih ketika cuaca sedang sangat cerah, maka awan tersebut berkali- kali terlihat lebih indah. Awan- awan yang ada di angkasa ini mempunyai berbagai bentuk dan juga ketebalannya masing- masing. Berbicara mengenai awan, ada satu fenomena alam yang unik sekali. Fenomena alam ini dinamakan awan Lenticular Clouds. Yang dinamakan awan Lenticular ini merupakan awan yang berlapis- lapis dan juga terbentuk karena adanya udara lembab dan dipaksa mengalir ke atas yang berada di sekitar puncak gunung. Bagi para pilot pesawat maka akan sebisa mungkin menghindari terbang di dekat awan- awan ini.

Hal tersebut karena akan dapat memicu timbulnya turbulensi yang kuat. Untuk mendeteksi keredaan awan jenis ini maka akan dapat dengan mudah kita mengetahuinya karena dapat dilihat dari bentuknya. Awan seperti ini cukup berbeda dari awan- awan yang lainnya. Awan seperti ini terlihat seperti sebuah UFO atau piring terbang raksasa atau bahkan sesuatau yang menyerupai tumpukkan pancake. Awan- awan seperti ini biasanya terjadi di atas gunung. Banyajk sekali gunung- gunung yang terkenal di dunia di foto dengan bersama dengan keindahan awan lenticularnya di langitnya, diantaranya adalah gunung Shasta dan juga gunung Fuji. Ada satu hal yang menarik dari awan Lenticular Clouds ini yakni awan ini terlihat seperti membeku dan juga kelihatan seperti tidak pecah- pecah.

Namun sebenarnya tidaklah demikian. Awan ini telihat statik dikarenakan aliran udara yang lembap terus menerus memberikan uap udara yang meluap dari sisi atas angin dan bahkan sebagai air yang mengeluap dan akan lenyap dari sisi bahwah angin. Awan lenticular clouds ini dapat kita lihat seperti sedang melayang- layang selama berjam- jam atau hari, sehingga perubahan angin ataupun cuaca dan awan akan menyebar dan kemudian akan terpecah

  1. Finnish Lapland

Finnish LaplandApa sebenarya yng simaksud dengan Finnish Lapland? Ya, Finnish lapland merupakan satu fenomena alam yang sangat unik yang berhubugan dengan salju. Fenomena alam ini menyajikan banyak sekali patung- patung salju yang bentuknya mirip dengan manusia. Saking banyaknya patung- patung salju ini sehingga menyerupai sebagai perkampungan manusia yang kemudian berupah menjadi patung- patuh salju. Namun tahukah anda bahwasannya patung patung ini sebenarnya bukan patung yang sengaja dibuat manusia. Patung- patung ini sebenarnya adalah benda- benda yag ada di sekitar manusia, seperti pohon. Namun ketika musim dingin tiba, maka salju- salju yang turun akan mengubur pohon- pohon tesebut.

Dan karena ketebalan salju yang turun ini akan mengubur pohon- pohon tersebut sehingga menyerupai patung- patung manusia. Fenomena ini sangat unik karena terlihat sebagai manusia salju dan berdiam diri dalam jumlah yang sangat banyak. Fenomena Finnish Lapland ini terjadi di negara Finlandia. Jika Anda  erkunjung ke Finlandi adan di sana sedang trejadi musim dingin sehingga Anda bertemu dengan fenomena ini maka Anda bisa berfoto di patung- patung alami tersebut. Karena patung- patung ini akan sangat indah ketika kita ajak untuk berfoto dan juga terlihat sangat unik.

  1. Morning Glory Clouds

Morning Glory CloudsMorning Glory Clouds merupakan sebuah fenomena alam yang unik dan menakjubkan yang terjadi di langit. Bila dilihat dari namanya saja maka kita dapat membayangkan betapa eloknya pemandangan yang dapat kita saksikan. Morning Glory Clouds merupakan jenis awan yang sangat langka.

Bentuk awan ini adalah memanjang. Awan yang memanjang ini bahkan dapat meregang hingga sepanjang 1000 kilometer dan berada pada ketinggian hingga 2 kilometer. Ada salah satu tempat di dunia yang seringkali kedatangan oleh awan ini. Tempat tersebut yakni Burketown, Queensland, Australia. Di wilayah tersebut, awan ini seringkali muncul pada saat musim semi. Awan yang demikian ini menyebabkan turbulensi hebat yang terjadi pada pesawat terbang. Namun di Indonesia awan ini jarang terlihat oleh kita.

  1. Waterspouts atau Tornado di atas Air

Waterspouts atau Tornado di atas AirSeringkali kita mendengar instilah tornado. Ya, tornado merupakan sebuah badai besar yang mahadasyat. Tornado ini adalah angin kencang yang terjadi dan seringkali berputar- putar dengan bentuknya memanjang dari atas hingga bawah. Kekuatan besar dari tornado ini mampu menyapu segala yang ada di permukaan bumi dan meluluhlantakkan semua bangunan yang ada di sana. Bila kita ketahui bahwasannya tornado yang sering terjadi adalah di daratan, maka ada satu fenomena alam yang menarik yakni tornado yang terjadi di atas air. Waterspouts merupakan satu fenomena alam yang berupa tornado di atas perairan.

Waterspouts ini merupakan pusaran air yang membumbung tinggi hingga ke langit. Badai mengerikan ini terjadi di atas air dan mempunyai sifat sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan hingga 305 kilometer per jam. Badai yang terjadi di atas permukaan air ini seringkali menimbulkan pusaran yang bisa menyedot apa saja yang ada di sekitarnya. Kita harus selalu waspada dan juga berhati- hati apabila kedatangan badai ini.

  1. The Everlasting Storm

The Everlasting StormDari namanya saja fenomena ini sudah terasa menyeramkan. The everlasting storm merupakan rangkaian peting yang jumllahnya sangat banyak dan terjadi secara bersama- sama, sehingga seperti sebuah pagar yang mengerikan. Meskipun kita membanyangkannya sangat mengerikan, namun hal ini memang benar- benar terjadi. Peristiwa mengerikan ini terjadi di Venezuela, tepatnya di sungai Catatumbo.

Saat terjadinya peristiwa ini di wilayah tersebut,  ada awan yang sangat unik berputar- putar dan di awan tersebut mengandung banyak sekali petir. Dari beberapa dokumentasi yang terlihat, petir- petir yang muncul ini tampak berwarna merah sehingga menampakkan keganasannya.


  1. Spherical Boulders

Spherical BouldersSpherical Boulders merupakan sebuah fenomena alam yang berbentuk menyerupai bola raksasa. Bola ini mempunyai bentuk bulat sempurna seperti buatan manusia. Namun pada kenyataannya, bola sempurna ini bukanlah buatan manusia namun murni bentukan alam selama 60 juta tahun lamanya.

Pada awalnya, bola ini dibentuk di dasar laut, namun karena adanya erosi maka bola ini lama- kelamaan dapat dilihat oleh manusia dan menjadi keunikan tersendiri pada laut ini sehingga banyak para wisatawan yang ingin melihatnya.

  1. Crop Circles di Dasar Laut

Crop Circles di Dasar LautCrop circle merupakan suatu bentukan di tanah yang membentuk pola lingkaran tertentu. Biasanya kita menemukan ukiran crop circle di ladang jagung. Namun di sebuah perairan yang ada di Jepang. Di perairan ini kita dapat menemukan beberapa crop circle dengan bentuk pola yang berbeda- beda.

Tahukah Anda darimana asalnya pola- pola yang cantik ini? Ternyata pola- pola yang cantik ini dibuat oleh ikan- ikan kecil yang hanya berukuran tidak lebih dari 5 inchi. Ikan- ikan ini membuat pola- pola cantik ini dengan tujuan untuk menarik pasangannya.

  1. Underwater Rivers

Underwater RiversSungai di bawah laut memang nyata ada di dunia ini. Fenomena inipun bukanlah fenomena yang berbau supranatural. Adanya sungai yang mengalir di bawah laut ini karena adanya beberapa zat seperti hidrogen dan juga sulfur yang menyatu dengan sebagian air yang berada pada dasar laut.

Air yang tercampur tersebut kemudian terjatuh dan terbentuklah aliran yang terpisah dan merupakan fenomena yang menakjubkan dengan keunikan yang ada pada underwater rivers ini. Sungai di bawah laut ini berada di Cenote, Angelita, Mexico.

  1. Badai Supercell

Badai SupercellSupercell merupakan nama yang digunakan untuk menyebut sebuah badai besar yang dasyat. Nama ini diberikan untuk angin yang terus berputar dalam balutan badai dasyat. Pemandangan ini terlihat benar- benar menakutkan. Supercells merupakan badai terisolasi yang dapat berlangsung selama beberapa jam, dan terkadang juga dapat terbelah menjadi dua bagian.

Akibat adanya badai ini, beberapa material bisa terhambur keluar dan mengakitkan hujan es, air, dan juga angin. Badai ini juga berpotensi menimbulkan tornado. Di dunia ini yang sering kedatangan badai ini adalh di Great Plains, USA.

Itulah beberapa fenomena alam yang menakjubkan yang pernah terjadi di dunia ini. Fenomena alam tersebut ada yang mengagumkan dan ada pula yang mengerikan. Semuai ini terjadi di alam yang merupakan kuasa Tuhan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, March 2016 / 07:56 Oleh :
Kategori : Fenomena Alam