Sponsors Link

12 Dampak El Nino dan La Nina

Sponsors Link

Alam dan makhluk hidup merupakan komponen yang saling berkaitan. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Makhluk hidup tanpa alam tidak akan bisa bertahan hidup karena kebutuhan makhluk hidup didapatkan dari alam. Sebaliknya, alam tanpa adanya makhluk hidup tidak akan ada yang merawat sehingga akan terlihat buruk. Alam dan makhluk hidup saling mempengaruhi, termasuk juga dengan peristiwa yang terjadi di dalamnya.

Sponsors Link

Alam mengalami berbagai macam peristiwa. Banyak sekali peristiwa alam yang terjadi dan memberikan dampak bagi kondisi alam lainnya. Salah satu peistiwa yang ada di alam adalah El Nino (baca: proses terjadinya El Nino) dan La Nina  . Ya, kedua peristiwa yang mempunyai nama unik ini merupakan peristiwa yang sudah dikenal. Keduanya berhubungan dengan laut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dampak yang ditimbulkan dari El Nino dan La Nina, baik untuk kondisi secara global maupun bagi Indonesia.

Pengertian El Nino dan La Nina

Sebelum membahas mengenai dampak yang ditimbulkan dari keduanya, alangkah lebih baik apabila kita mengulas kembali mengenai pengertian dari keduanya. El Nino dan La Nina merupakan kejadian alam yang menunjukkan adanya perubahan iklim (baca: iklim di Malaysia). El Nino merupakan peristiwa memanasnya suhu pada permukaan air laut (baca: ekosistem air laut) di Pantai (baca: manfaat pantai) Barat Peru – Ekuador di Amerika Selatan yang menyebabkan terjadinya gangguan iklim secara global. Suhu permukaan air laut yang terjadi di daerah tersebut adalah dingin karena adanya up- welling. Yakni arus dari dasar laut yang menuju ke permukaan. Sementara nama El Nino sendiri berarti bayi laki- laki karena munculnya di sekitar hari Natal atau di akhir bulan Desember. Sementara La Nina merupakan kebalikan dari El Nino. La Nina merupakan kondisi cuaca yang normal kembali setalh mengalami El Nino. Secara bahasa, La Nina sendiri mempunyai arti bayi perempuan.

Dampak El Nino dan La Nina

El Nino dan La Nina merupakan peristiwa alam yang mempunyai dampak luas atau global. Secara umum dampak yang ditimbulkan dari peristiwa- peristiwa ini adalah sebagai berikut:

Dampak El Nino:

  1. Angin pasat timur menjadi melemah
  2. Melemahnya sirkulasi monsoon
  3. Akumulasi curah hujan di wilayah Indonesia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara menjadi berkurang, dan cuacanya cenderung lebih dingin serta kering.
  4. Potensi terjadinya hujan terdapat di sepanjang Pasifik Ekuatorial Tengah (baca: samudera pasifik) dan juga Barat serta di wilayah Argentina. Di daerah ini cuaca yang dirasa cenderung hangat dan juga lembab.
  5. Indonesia mengalami musim kemarau (baca: pembagian musim di Indonesia)
  6. Indonesia dilanda kekeringan panjang karena turunnya curah hujan
  7. Hasil tangkapan ikan menjadi menurun
  8. Banyak kerang yang mengalami keputihan atau coral bleaching

Itulah beberapa dampak terjadinya El Nino yang dapat timbul baik secara global maupun bagi Indonesia. El Nino memberikan dampak kondisi atau cuaca yang kering sehingga kondisi Indonesia sedang tidak subur (baca: ciri tanah subur dan tidak subur).

Dampak La Nina

Karena La Nina merupakan kebalikan dari El Nino, maka dampak yang ditimbulkan pun merupakan kebalikan dari dampak El Nino juga. Beberapa dampak dari La Nina adalah sebagai berikut:

  1. Angin pasat timur menguat
  2. Indonesia mengalami peningkatan pada curah hujan, karena Indonesia menjadi daerah bertekanan rendah
  3. Banyak terjadi banjir (baca: jenis banjir) di wilayah Indonesia karena tingginya curah hujan
  4. Daerah perairan barat berpotensi hujan

Itulah beberapa dampak dari El Nino dan La Nina. Diantara keduanya, El Nino memang lebih banyak dampak daripada La Nina. Namun keduanya tetap mempengaruhi cuaca di Indonesia.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 03rd, March 2017 / 01:52 Oleh :
Kategori : Fenomena Alam