11 Cara Menanggulangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global


Seperti yang kita ketahui semua bahwa efek rumah kaca (baca: proses terjadinya efek rumah kaca) adalah peristiwa yang sangat merugikan bagi Bumi (baca: planet di tata surya) dan juga makhluk di dalamnya. Bagaimanapun juga efek rumah kaca akan menyebabkan suhu di Bumi menjadi bertambah panas atau tinggi. Hal ini jika terjadi dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi kondisi Bumi dan seisinya. Maka dari itulah perlu dilakukan upaya-upaya untuk menanggulanginya.

Selain efek rumah kaca, pemanasan global juga merupakan salah satu peristiwa yang perlu di waspadai. Pemanasan global merupakan peristiwa memanasnya suhu Bumi. Sebenarnya pemanasan global (baca: penyebab pemanasan global) ini merupakan salah satu dampak dari efek rumah kaca. Pemanasan global apabila dibiarkan akan menghasilkan dampak yang luar biasa berbahaya. Maka dari itu sebagai manusia kita harus peduli dan ikut mengurangi terjadinya pemanasan global. Berikut adalah beberapa cara menanggulangi efek rumah kaca dan pemanasan global :

Efek Rumah Kaca

Berikut ini merupakan usaha- usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi atau mencegah terjadinya efek rumah kaca:

  1. Menciptakan dan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan

Karbondioksida adalah gas yang sangat mudah diproduksi dalam kegiatan sehari- hari. Salah satu pemicu timbulnya gas karbondioksida ini adalah asap kendaraan. Asap kendaraan merupakan penghasil karbondioksida yang sangat besar. Oleh karena itulah kita memerlukan solusi agar asap kendaraan tersebut tidak terlalu mengandung banyak bahan pencemar (baca: ciri-ciri udara dan air yang tercemar).

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengganti bahan bakar kendaraan dengan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Bahan bakar alternatif ramah lingkungan yang dapat digunakan adalah biodiesel. Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang terbuat dari lemak nabati maupun lemak hewani, sehingga ramah lingkungan (baca: fungsi lingkungan hidup). Tumbuhan yang dapat diolah menjadi biodiesel antara lain biji jarak, bunga matahari, zaitun, dan sebagainya. Sedangkan lemak hewan yang bisa digunakan adalah lemak ayam.

  1. Penghijauan lahan

Penghijauan lahan maksudnya menanam pepohonan dalam jumlah yang banyak. Adanya pepohonan yang banyak akan dapat menetralisir udara (baca: cara menjaga kelestarian udara) yang tercemar (baca: penyebab pencemaran udara). Pepohonan mampu menyerap keberadaan karbondioksida yang terbang bebas di udara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis.

Kemudian pohon akan menukarnya dengan oksigen yang merupakan hasil fotosintesis. Bayangkan apabila banyak pepohonan yang melakukan fotosintesis setiap harinya, pastilah udara yang kita miliki lebih bersih dan segar, serta gas- gas rumah kaca akan berkurang intensitasnya di udara.

  1. Menghemat penggunaan listrik

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggunakan bahan bakar fosil (baca: kekuarangan dan kelebihan bahan bakar fosil) yang akan menghasilkan gas- gas rumah kaca. Sehingga apabila kita menghemat penggunaan listrik maka PLN akan dapat mengurangi aktivitasnya menghasilkan listrik dalam jumlah banyak.

Hal ini akan sangat membantu mengatasi efek rumah kaca yang terjadi. Kita bisa melakukan upaya ini secara pribadi di rumah masing- masing. Biasakan untuk segera mematikan listrik apabila sudah tidak digunakan, dan juga mencabut alat- alat yang tidak digunakan dari stop kontak. Hal ini akan menghemat penggunaan listrik.

  1. Menghemat penggunaan kantong plastik

Cara selanjutnya yang membantu mengurangi efek rumah kaca adalah menghemat penggunaan kantong plastik. Sampah plastik adalah sampah yang sangat sulit untuk diuraikan, sehingga cara yang paling mudah untuk melenyapkan sampah plastik adalah dengan membakarnya (baca: pemanfaatan sampah dan limbah).

Pembakaran sampah plastik ini akan menimbulkan gas- gas rumah kaca yang berbahaya. Maka dari itulah kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik agar nantinya mengurangi jumlah sampah plastik. Belakangan ini telah dikembangkan kantong plastik yang bisa diuraikan dengan waktu singkat (kantong plastik ramah lingkungan) dan mulai digunakan di swalayan- swalayan umum.

Itulah beberapa cara yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari- hari. kita dapat memulainya dari kita sendiri. Apabila upaya- upaya tersebut dilakukan per individu setiap harinya, maka hal ini akan dapat membantu mengurangi peristiwa efek rumah kaca.

Pemanasan Global

Ada beberapa upaya menanggulangi pemanasan global, diantaranya:

  1. Menggunakan lampu neon

Jika Anda masih pengguna bola lampu pijar, maka segeralah beralih menggunakan lampu neon. Hal ini karena lampu neon membutuhkan energi yang lebih sedikit, sehingga jika menggunakan lampu neon kita akan menghemat listrik. Menghemat listrik adalah salah satu cara untuk mengurangi terjadinya pemanasan global.

  1. Membatasi penggunaan kertas

Menghemat penggunaan kertas akan membantu kita mengurangi pemanasan global. Bagaimana bisa? Hal ini karena kertas dibuat dengan menggunakan bahan baku pohon. Sehingga semakin banyak kertas yang digunakan maka jumlah pohon yang akan ditebang semakin banyak juga. Maka dari itulah kita harus bijak dalam menggunakan kertas. Karena pohon sangat membantu menyerap gas- gas penyebab pemanasan global.

  1. Menggunakan pupuk organik

Kebanyakan pupuk mengandung unsur nitrogen yang akan berubah menjadi N2O . N2O ini akan menimbulkan gas- gas rumah kaca  320 kali lebih besar daripada CO2. Oleh karena itulah kita  sebaiknya menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan (baca: pentingnya menjaga lingkungan).

  1. Menanam rumpun bambu

Pepohonan mampu menyerap gas- gas penyebab pemanasan global, terutama CO2. Dan tahukah Anda bahwa rumpun bambu mampu menyerap CO2 4 kali lebih banyak dari pepohonan yang lain? Maka dari itu jika jita banyak menanam rumpun bambu, maka hal itu sangat membantu mengurangi pemanasan gobal.


  1. Membuka jendela

Sebenarnya membuka jendela lebar- lebar akan dapat memberikan kesejukan di rumah kita dan otomatis kita akan mengurangi penggunaan AC. Pengguanaan AC akan memicu terjadinya produksi gas- gas penyebab pemanasan global, seperti CFC dan CO2.

  1. Biasakan naik kendaraan umum

Dengan menggunakan kendaraan umum berarti kita akan mengurangi penggunaan kendaraan  pribadi dan mengurangi jumlah kendaraan yang beredar di permukaan Bumi (baca: struktur bumi). Asap kendaraan akan memicu terjadinya pemanasan global, sehingga apabila kita menggunakan kendaraan umum maka kita akan mengurangi resiko terjadinya pemanasan global.

  1. Kurangi penggunaan kantong plastik

Pembakaran sampah plastik akan menimbulkan berbagai gas yang menyebabkan pemanasan global. Oleh karena itulah kita sebaiknya mengurangi penggunaan kantong-kantong plastik.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi atau mencegah terjadinya pemanasan global. Cara tersebut bisa dimulai dari kita sendiri lalu masyarakat, demi terciptanya Bumi yang sehat tanpa pemanasan global.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 07:52 Oleh :
Kategori : Fenomena Alam