Sponsors Link

Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani

Sponsors Link

Bumi adalah salah satu planet di dalam tatasurya (Baca: Planet di Tata Surya dan Penjelasannya). Di dalam bumi, terdapat ekosistem yang terbentuk akibat permukaan bumi yang tidak rata (Baca: Relief Permukaan Bumi Daratan dan Lautan). Permukaan bumi tidak rata, akibat adanya dua tenaga yang membentuk bumi. yaitu tenaga endogen dan eksogen. Akibat banyaknya ekosistem di bumi, bumi memiliki banyak sumber daya alam. Sumber daya alam dapat berupa suber daya alam nabati maupun sumber daya alam hewani. Sumber daya alam nabati dan hewani termasuk dalam sumber daya alam organik (Baca: Sumber Daya Alam Organik dan Anorganik)

Sponsors Link

Sumber Daya Alam Nabati

Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan (Baca: Sumber Daya Alam Tumbuhan : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya). Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di bumi. Salah satu manfaat dari tumbuhan adalah penghasil oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lain untuk bernafas. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan berasal dari proses pemasakan makanan tumbuhan. Proses ini disebut sebagai proses fotosintesis. Sumber daya alam nabati, dibagi menjadi dua. Yaitu sumber daya alam pertanian dan sumber daya alam perkebunan.

a.Sumber Daya Alam Pertanian

Sumber daya alam pertanian adalah sumber daya alam yang terbentuk karena proses pertanian (Baca: Sumber Daya Alam Pertanian dan Cara Pemanfaatannya). Pertanian adalah salah satu cara bercocok tanam. Pertanian terbagi menjadi 3 yaitu sawah, ladang dan tegalan. Sawah adalah jenis tempat menanam yang membutuhkan banyak air dalam proses menanamnya. Sawah terbagi menjadi 3, yaitu sawah irigasi, sawah tadah hujan dam sawah lebak.

  1. Sawah irigasi adalah jenis sawah memanfaatkan sistem irigasi sebagai sistem pengairannya. Sawah ini dapat ditanam di setiap musim, karena tidak memanfaatkan hujan.
  2. Sawah tadah hujan adalah sawah yang hanya dapat dipakai saat musim hujan. Hal ini karena sistem pengairan sawah ini memanfaatkan hujan. Saat berada di musim kemarau, sawah ini beralih fungsi menjadi jagung.
  3. Sawah lebak adalah sawah yang memanfaatkan luapan air sungai dalam sistem pengairannya. Sawah lebak juga hanya bisa dipakai saat sedang musim hujan. Karena air hujan, menyebabkan sungai meluap. Saat sedang memasuki musim kemarau, sawah ini juga meralih fungsi menjadi kebun

sawah membutuhkan banyak air. Sehingga hanya tanaman tertentu yang dapat di tanam di sawah. Tanaman yang dapat di tanam di sawah adalah padi. Sedangkan saat sawah beralih fungsi di musim kemarau, tanaman yang dapat di tanam adalah tanaman jagung, kedelaim kacang tanah, dan ketela.

b.Sumber Daya Alam Perkebunan

sumber daya alam perkebunan adalah sumber daya alam yang dihasilkan oleh perkebunan. Perkebunan dan pertanian memanfaatkan jenis tanah yang berbeda (Baca: Jenis Tanah Untuk Pertanian dan Perkebunan). Hal ini karena perkebunan tidak membutuhkan jumlah air yang banyak dalam proses penanaman tanaman. Hasil dari sumber daya alam perkebunan di indonesia, banyak di jadikan komoditas ekspor, hal ini karena beberapa jenis tanaman memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi (Baca: Pengertian Kekayaan Alam Indonesia beserta Manfaatnya). Jenis sumber daya alam nabati yang dihasilkan oleh perkebunan antara lain:

  1. Karet adalah salah satu produk indonesia yang diekspor ke luar negeri. Karet di ambil dari getah pohon karet yang di tadah. Propinsi di indonesia yang memiliki perkebunan karet terbesar adalah Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.
  2. Kopi adalah salah satu tanaman ekspor di dunia. Indonesia terkenal akan salah satu negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Selain itu, kopi di indonesia memiliki banyak macam, dilihat dari daerah kopi tersebut di tanam. Salah satu kopi mahal dari indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak adalah kopi yang berasal dari biji kopi yang telah dicerna oleh luwak.
  3. Tembakau bukanlah tanaman asli indonesia. Akan tetapi, tembakau sangat cocok di tanam di indonesia, karena iklim indonesia yang tropis. Selain itu, tanah yang subur, membuat indonesia dapat memproduksi tembakau dengan kualitas yang baik.
  4. Teh adalah salah satu jenis tanaman yang dapat menghasilkan minuman yang enak. Perkebunan teh di indonesia sangat banyak. Bahkan perkebunan teh di indonesia, biasa dijadikan sebagai tempat wisata alam yang menarik.
  5. Pohon jati adalah satu komoditas ekspor yang lumayan laku di indonesia. Pohon jati yang dijadikan sebagai mebel, dianggap memiliki kekuatan serta daya tahan yang baik. Sehingga selau dicari. Perkebunan pohon jati di indonesia diolah oleh pemerintah dengan bekerja sama dengan swasta.
  6. Tebu adalah salah satu bahan baku pembuatan gula. Pabrik gula di indonesia sudah ada sejak jaman belanda. Tebu adalah salah satu tanaman yang mudah dan tumbuh subur di indonesia.
Sponsors Link

Sumber Daya Alam Hewani

Sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari binatang (Baca: Sumber Daya Alam Hewani dan Manfaatnya). Binatang adalah salah satu jenis makhluk hidup di bumi selain manusia dan tumbuhan. Sumber daya hewani memiliki banyak jenis. Jenis tersebut dapat dilihat dari tempat hewan tersebut hidup. sumber daya hewani terbagi menjadi sumber daya hewani darat dan sumber daya hewani air.

a.Sumber Daya Hewani Darat

sumber daya hewani darat adalah sumber daya hewani yang tempat hidupnya berada di darat. Sumber daya hewani ini dapat ditemukan di alam liar atau dikembang biakkan di dalam sebuah peternakan. Hewan yang dikembangbiakan biasanya adalah hewan yang memiliki nilai ekonomis, karena menjadi bahan konsumsi oleh manusia. Akan tetapi, hewan ada juga yang dikembang biakkan karena hewan tersebut terancam punah. Pengembang biakan hewan adalah salah satu cara pelestarian keanekaragaman hayati. Beberapa contoh sumber daya alam hewani adalah:

  1. Hewan konsumsi yang di ternakkan. Hewan yang biasa di konsumsi oleh manusia, seperti sapi, kambing, bebek, dan ayam. Selain itu beberap hewan yang tidak biasa dikonsumsi manusia, tetapi tetap diternakkan yaitu kelinci, kodok, dan burung dara.
  2. Hewan sebagai transportasi. Beberapa hewan memiliki fungsi sebagai alay transportasi bagi manusia. Beberapa hewan tersebut adalah kuda, unta, keledai, dan burung unta
  3. Hewan yang terancam punah. Akibat penggundulan hutan dan perburuan yang terus menerus, beberapa spesies hewan terancam punah. Contohnya adalah orang utan, badak bercula satu, harimau sumatra, gajah sumatra, dan gajah afrika.
Sponsors Link

b.Sumber Daya Hewani Air

sumber daya hewani air adalah sumber daya yang hidupnya di perairan. Hewan yang hidup diperairan, di bagi menjadi hewan air tawar dan hewan air laut. Sama dengan sumber daya alam hewani daratan, sumber daya hewani air dapat dibudi daya. Hewan yang dibudi daya adalah hewan yang terancam punah atau hewan yang dikonsumsi oleh manusia. Membudidaya hewan adalah salah satu cara menjaga keseimbangan ekosistem. Contoh sumber daya alam hewani perairan adalah:

  1. Hewan air tawar. Hewan ini hidup dalam air tawar, seperti sungai, danau, waduk, atau rawa. Hewan ini dapat dikembang- biakkan dengan sistem keranda. Contoh hewan air tawar adalah ikan lele, ikan gurami, dan ikan nila.
  2. Hewan air laut adalah hewan yang habitatnya di air laut. Hewan air tawar dan air laut memiliki sifat yang berbeda. Hal ini karena perbedaan jenis air, yang membuat tidak semua ikan dapat hidup di kedua alam. Conntoh hewan air laut adalah ikan salmon, ikan paus, ikan hiu, dan gurita.

Setiap ekosistem memiliki kegunaan bagi manusia dan bagi alam itu sendiri. Pemanfaatan sumber daya alam nabati maupun hewani adalah salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan hidup ekosistem di bumi (baca: Pelestarian Ekosistem Flora dan Fauna).

Baca Juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, January 2017 / 19:10 Oleh :
Kategori : Biogeografi