Sponsors Link

Pengertian Kekayaan Alam Indonesia beserta Manfaatnya

Sponsors Link

Bumi planet dengan banyak sumber daya alam (Baca: Pengertian Bumi dan Lapisannya). Sumber daya alam adalah sumber daya alam yang berasal dari alam. Setiap sumber daya alam mewakili setiap ekosistem di bumi. Ekosistem adalah tempat berinteraksinya biotik dengan biotik dan biotik dan abiotik.

Sponsors Link

Ekosistem di bumi terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem darat dan air (Baca: Jenis-jenis Ekosistem Darat dan Air). Indonesia adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati di Indonesia flora dan fauna. Sehingga termasuk negara dengan sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam di indonesia dianggap sebagai kekayaan alam indonesia yang memiliki banyak nilai manfaat.

Kekayaan Alam Indonesia

Pengertian Kekayaan alam indonesia adalah sumber daya alam yang berbentuk fisik. Kekayaan alam tersebut dapat berupa kekayaan organik maupun non arganik. Indonesia sendiri adalah negara dengan banyak sumber daya alam. Hal ini karena letak geografis indonesia, yang diapit oleh dua benua dan dua samudra (Baca: Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Berbagai Bidang) . Selai

n itu, tanah di negara indonesia terkenal akan kesuburannya. Hal ini karena negara indonesia memiliki banyak gunung api. Salah satu dampak yang ditimbukan oleh gunung api adalah tanah menjadi subur (Baca: Dampak Vulkanisme dalam Kehidupan). Kekayaan alam di indonesia dibagi menjadi 5 jenis berdasarkan pemulihannya, sifatnya, kegunaannya, nilai gunanya, serta lokasinya.

1.Berdasarkan Pemulihannya

Kekayaan alam berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Setiap sumber daya alam memiliki sifat masing.

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang dapat dikembang biakkan, dapat berkembang biak, serta memiliki jumlah yang tidak terbatas (Baca: Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui). Sumber daya alam di indonesia yang dapat diperbaharui antara lain jenis tanaman hasil pertanian seperti padi, jagung, dan kedelai, jenis tanaman hasil perkebunan seperti kopi, karet, jati, dan tembakau.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaiki adalah sumber daya alam yang membutuhkan waktu ratusan tahun dalam pembentukannya. Selain itu sumber daya alam ini memiliki jumlah yang sangat terbatas, sehingga jika diperbaiki terus menetus, jumlahnya akan habis. Sumber daya alam yang tidak dapat perbaiki di indonesia antara lain batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

2.Berdasarkan Sifatnya

Sumber daya alam memiliki banyak jenis. Jenis sumber daya dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam organik dan sumber daya alam anorganik. Sumber daya ini membedakan setiap jenis sumber daya berdasarkan karakter dari sumber daya tersebut. sumber daya berdasarkan sifatnya, dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya organik dan anorganik.

  1. Sumber daya alam organik adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup (Baca: Sumber Daya Alam Organik dan Anorganik). Negara indonesia memiliki banyak sumber daya alam organik. Sumber daya alam di indonesia antar lain hewan ternak dan tanaman hasil pertanian dan perkebunan.
  2. Sedangkan sumber daya alam anorganik juga dapat disebut sebagai sumber daya alam abiotik. Sumber daya alam ini berasal dari jasad makhluk hidup yang telah mati atau dari benda mati. Salah satu sumber daya alam anorganik adalah air yang biasa dipakai sebagai sumber tenaga listrik di indonesia.

3.Berdasarkan Kegunaannya

Sumber daya alam baik yang tidak dapat diperbaharui, maupun yang dapat diperbaharui memiliki kegunaan yang berbeda- beda. Kegunaan itu dibagi menjadi dua, yaitu sebagai bahan baku atau sebagai energi. Sumber daya alam di indonesia, telah lama dimanfaatkan sebagai tujuan bahan baku maupun sebagai energi.

Sumber daya alam yang dipakai sebagai bahan baku adalah:

  1. Padi, sebagai bahan baku lonting dan nasi
  2. Kopi sebagai bahan baku minuman kopi, dan priduk kecantikan seperti sabun
  3. Kayu jati sebagai bahan baku mebel
  4. Gas alam sebagai bahan baku pembuatan plastik dan pupuk buatan.

Sumber daya alam dipakai sebagai sumber energi:

  1. Air, sebagai pembengkit listrik tenaga listrik
  2. Pasang surut sebagai pembangki listrik mercusuar
  3. Minyak bumi sebagai sumber energi untuk kendaraan bermotor
  4. Gas alam sebagai energi alternatif sumber energi kendaraan bermotor (Baca: Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia)
Sponsors Link

4.Berdasarkan Nilainya

Setiap sumber daya alam memiliki nilai ekonomis yang berbeda. Hal ini dilihat dari kegunaan sumber daya alam tersebut. Selain itu, juga dilihat melalui jumlah sumber daya tersebut di bumi. Jika sumber daya tersebut tidak memiliki penggantinya, maka sumber daya alam tersebut memiliki nilai yang cukup tinggi. Sumber daya alam yang berdasarkan nilai ekonomisnya dibagi menjadi tiga bagian.

Yaitu non ekonomis, ekonomis rendah, dan ekonomis tinggi. akibat dari letak geografis di indonesia, banyak sumber daya alam yang memberikan keuntungan dalam segi ekonomi (Baca: Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Ekonomi).

  1. Non ekonomis adalah jenis sumber daya alam yang tidak membutuhkan uang untuk mendapatkannya. Karena sumber daya alam ini berada di mana- mana. Serta memiliki jumlah yang terbatas. Jenis sumber daya non ekonomis yang di pakai di indonesia adalah air sebagai pembangkit tanaga listrik.
  2. Ekonomis rendah adalah sumber daya alam yang membutuhkan sedikit uang untuk mendapatkannya. Di indonesia, sumber daya alam dengan ekonomis rendah adalah hasil bumi seperti sayur-sayuran, serta hewan ternak.
  3. Ekonomis tinggi adalah sumber daya alam yang memiliki nilai uang yang sangat tinggi. Sumber daya alam ini, memiliki nilai guna yang tinggi, serta rata- rata memiliki jumlah terbatas di bumi. Sumber daya alam ekonomis tinggi di indonesia adalah batu bara, minyak bumi, gas alam, kayu jati, minyak kelapa sawit, dan kopi.
Sponsors Link

5.Berdasarkan Lokasi

Bumi adalah planet yang terdiri dari dua bagian besar. Yaitu berupa daratan dan lautan. Sehingga sumber daya alam juga terbagi menjadi terestrial dan aquatik (Baca: Sumber Daya Alam Terestrial dan Akuatik). Serta sumber daya alam yang dapat ditemukan di kedua lokasi.

  1. Terestrial adalah sumber daya alam yang ada di daratan. Sumber daya alam di indonesia yang berada di daratan adalah hasil pertanian, perkebuna, batu bara serta hewan ternak.
  2. Aquatik adalah sumber daya alam yang berasal dari perairan atau laut. Sumber daya alam yanada di indonesia adalah hewan air tawar maupu hewan laut, terumbu karang, garam, pasang surut air laut, air.
  3. Kedua lokasi adalah sumber daya alam yang dapat ditemukan di laut maupun di darat. Salah satu sember daya yang ada di indonesia adalah minyak bumi.

Manfaat Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kekayaan sumber daya alam di indonesia memiliki jumlah yang melimpah. Selain itu kekayaan alam di indonesia, memiliki nilai manfaat, kepada negara dan rakyatnya. Manfaat kekayaan alam di Indonesia antara lain:

  1. Sebagai salah satu pemasukan negara dari sistem ekspor
  2. Mensejahterahkan penduduk melalui lapangan kerja.
  3. Membantu kebutuhan penduduk sebagai bahan baku dan sumber energi

Selain itu, kekayaan sumber daya alam di indonsia, mampu menjaga keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu, pemakaian sumber daya alam secara bijak, harus dilakukan. Agar sumber daya alam di bumi tetap ada, dan keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Baca Juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, January 2017 / 18:54 Oleh :
Kategori : Biogeografi