16 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia

Advertisement

Bumi adalah salah satu planet di dalam tata surya (Baca: Planet di Tata Surya dan Penjelasannya). Sejauh ini, hanya bumi yang memiliki kehidupan di dalamnya. Bumi memiliki permukaan yang tidak rata. Hal ini terjadi karena adanya dua tenaga yang membentuk bumi. Tenaga tersebut adalah tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi (Baca: Macam-macam Tenaga Endogen dan Penjelasannya). Tenaga ini berasal dari tekanan yang ada di dalam bumi. Tekanan berasal dari panas bumi, dan menghasilkan tekanan yang mendorong lapisan bumi. Akibat dari tekanan ini, permukaan bumi mengalami berbagai bentuk- bentuk patahan dan lipatan, akibat dari tekanan pada lapisan bumi. Patahan adalah bentuk permukaan bumi, akibat tekanan yang terjadi pada lapisan bumi yang keras, dan terjadi dengan sangat cepat.

Sedangkan lipatan adalah bentuk permukaan bumi akibat adanya tekanan pada lapisan bumi yang lunak dan terjadi dengan waktu yang lambat. Salah satu lapisan bumi, terdiri dari batu- batuan (Baca: Jenis-jenis Batuan Penyusun Lapisan Bumi – Beku, Sedimen, Metamorf). Tenaga endogen terdiri dari 3 macam, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme. Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi (Baca: Jenis Tenaga Eksogen Pengubah Muka Bumi). Tenaga ini memanfaatkan angin, air, dan gletser sebagai tenaga pengangkutnya. Tenaga eksogen bertugas mengubah bentuk bumi yang telah dibentuk oleh tenaga endogen. Tenaga eksogen terdari dari 2 macam, yaitu macam- macam erosi serta sedimentasi.

Akibat dari kedua tenaga teesebut, permukaan bumi juga mengalami retakan. Retakan ini berguna bagi manusia karena pada retakan bumi, tersimpan kantong- kantong yang menyimpan cadangan gas alam dan minyak bumi. Kanting- kantong ini dipercaya memiliki cadangan gas alam dan minyak bumi yang memiliki kualitas baik. Minyak bumi telah dikenal manfaatnya bagi manusia. Walau begitu gas alam juga memiliki manfaat bagi manusia.

Gas Alam

Gas alam adalah gas yang dikeluarkan oleh bumi. Gas alam ini biasanya ada bersamaan dengan minyak bumi. Gas alam dan gas bumi adalah salah satu sumber data alam yang tidak dapat dipernaharui (Baca: Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya dan Contohnya). Hal ini karena sumber daya ini membutuhkan waktu ratusan tahun dalam proses pembentukannya. Minyak bumi memang telah terkanal manfaatnya pada manusia. Tapi gas alam juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini 16 manfaat gas alam bagi kehidupan manusia

1. Pembangkit Listrik

Gas alam adalah salah satu gas yang dapat di pakai sebagai alat pembangkit listrik. Selain itu gas alam juga dianggap sebagai energi alternatif pengganti air maupun angin sebagai pembangkit listrik.

2. Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Gas alam dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin dan solar. Selain itu, gas alam dianggap sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan gas buangan yang berbahaya. Bahan bakar gas sudah mulai di terapkan di indonesia. Kendaraan pertama yang memakai bahan bakar gas di indonesia adalah bemo yang banyak beroperasi di Jakarta.

3. Bahan Baku Industri Plastik

Selain sebagai sumber energi, gas alam juga menjadi salah satu bahan baku dalam industri pengolahan plastik. Selain plastik, masih banyak industri lain yang memakai gas alam sebagai bahan bakunya. Antara lain industri pengolahan besi baja, dan industri pengolahan mesin pemadam api.

4. LPG

LPG adalah salah satu alat rumah tangga yang selalu ada di hampir setiap rumah. LPG dipakai untuk memasak, dengan memanfaatkan gas alam sebagai bahan bakar untuk membuat api pada kompor.

5. Energi Alternatif

Gas alam bisa dipakai sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Dengan memakai energi yang ramah lingkungan, diharapkan mampu mengurangi efek dari rumah kaca (Baca: Cara Menanggulangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global). Hal ini karena gas alam tidak mengeluarkan bahan buangan yang mencemarkan lingkungan. Hanya saja karena dalam bentuk gas, pengolahan menjadi lebih sulit dari pada mengolah minyak bumi.

6. Sumber Energi Alternatif di Rumah

Gas alam dapat dipakai sebagai sumber energi alternatif untuk pemanas dan pendingin di rumah. Di beberapa negara yang memiliki 4 musim, pendingin dan pemanas sangat di butuhkan. Dengan mamakai gas alam sebagai energi, maka biaya listrik di rumah dapat di kurangi.

Sponsors Link

7. Pengolahan Kertas

Gas alam juga di pakai pada pengolahan kertas dan tissue. Akan tetapi pada pengolahannya, gas alam tidak di pakai sebagai bahan bakar. Akan tetapi sebagai sumber energi untuk menyalakan mesin. Hal ini karena gas alam adalah bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga dipakai sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi dan batu bara.

7. Bahan Baku Industri Pupuk

Pupuk buatan adalah pupuk yang di buat dengan mencampurkan berbagai bahan kimia. Dalam proses pembuatannya, pupuk buatan memakai gas alam sebagai salah satu bahan bakunya. Akan tetapi jika terlalu sering di pakai, pupuk buatan akan merusak tanah, dan mengurangi kesuburan dari tanah.

8. Industri Rekayasa Hujan

Gas alam dianggap mampu merekayasa hujan. Caranya dengan menaburkan karbon dioksiada ke awan, untuk memancing awan hujan. Hal ini berguna di saat suatu daerah terkena musim kemarau yang panjang. Merekayasa hujan juga berguna, pada daerah yang rawan dengan kebakaran hutan (baca: Hujan Buatan : Pengertian, Proses dan Dampaknya).

9. PLTU

Pembangkit listrik tenaga uap adalah salah satu pembangkit listrik ramah lingkungan selain pembangkit listrik tenaga air. Gas alam di pakai, karena gas alam dapat menjadi pembangkit listrik yang bersih, serta lebih baik dari pada minyak bumi dan batubara.

10. Komoditas Energi yang Diminati

Gas alam adalah salah satu komoditas minyak bumi yang sangat diminati selain minyak bumi dan batu bara. Selain itu, gas alam dan minyak bumi adalah dua sumber daya alam yang di dapat pada satu tempat yang sama. Sehingga penjualan gas alam dianggap sebagai komoditas yang menguntungkan.

11. Salah Satu Sumber Pendapatan Negara

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara adalah salah satu sumber pendapatan negara. Seperti di  Indonesia, pajak penjualan dari gas alam menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Hal ini karena gas alam menjadi bahan mentah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

12. Sebagai Energi Ramah Lingkungan

Gas alam adalah salah satu energi yang dianggap sebagai energi ramah lingkungan. Dengan memakai gas alam, maka energi yang dihasilkan akan sama besar dengan dengan pemakaian minyak bumi dan batu bara. Yang membedakan adalah gas alam tidak mengeluarkan sisa pembuangan yang berbahaya. Pemakain gas alam juga dinilai mampu meembersihkan udara yang kotor (Baca: Polusi Udara : Penyebab, Dampak, dan Upaya Menanggulanginya). Karena semakin berkurang gas buangan kotor yang disebabkan oleh batu bara dan minyak bumi.

Sponsors Link

13. Pemberi Lapangan Kerja

Industri gas alam mampu memberikan lapangan lerja bagi banyak orang. Hal ini karena dibutuhkan banyak orang dalam pengeboran minyak bumi dan gas alam. Selain itu, dalam proses pembersihan dan pengepakan, juga membutuhkan banyak sumber daya manusia.

14. Sebagai Dry Ice

Dry ice adalah es kering yang sering dopakai sebagai upa dalam sebuah pertunjukkan. Alan tetapi es kering juga serinh dipakai sebagai pengawet makanan. Untuk membuat es kering, membutuhkan gas alam sebagai bahan baku, agar es menjdi kering dan tidak mudah mencair.

15. Sebagai Bahan Baku Minuman

Minuman soft drink adalah minuman yang memakai CO2 yang berasal dari gas alam. Fungsi dari CO2 dalam minuman soft drink adalah agar minuman tersebut tampak berbusa, serta berkarborasi.

16. Sebagai Bahan Penelitian

Banyak sekali fungsi gas alam yang belum ditemukan. Oleh karena itu, gas alam masih terus di teliti demi kemajuan teknologi serta untuk mencari energi alternatif yang ramah lingkungan, dan tidak mengeluarkan zat yang berbahaya.

Berikut tadi 16 manfaat gas alam bagi kehidupan manusia. Akan tetapi gas alam adalah hasil dari pelapukan makhluk hidup jutaan tahun lalu. Oleh karena itu, gas alam termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Pemakaian gas alam yang berlebihan, akan menyebabkangas alam yang ada di bumi habis. Oleh karena itu, mamakai gas alam diharuskan dengan cara yang bijaksana serta tidak memboroskannya.

Baca Juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 13:03 Oleh :
Kategori : Biogeografi